Definisi dan Jenis-Jenis Takel (katrol)

Takel
Takel
Takel adalah pesawat angkat yang digunakan untuk mengangkat suatu barang atau benda dalam arah tegak/vertikal, dengan kapasitas pengangkatan umumnya mencapai 5 Ton. Untuk keperluan pemasangan dan pembongkaran suatu peralatan bangunan ataupun dibengkel-bengkel pada umumnya menggunakan takel. Bila diperlukan gerakan mendatar, takel digabunkan dengan komponen pendukung yang lainnya. Kostruksi takel harus cukup ringan karena takel biasanya harus mudah digantungkan pada suatu tempat. Konstruksi takel harus cukup kekar dan ringkas serta dilengkapi dengan alat-alat untuk menggantungkan takel tersebut. Takel menurut jenisnya dibagi sebagai berikut :

1. Takel yang digerakan dengan tangan

A. Takel Pulley

Takel pulley tunggal
Takel pulley tunggal
          Takel pulleyterdiri dari gabungan antara pulley dengan kabel ataupun tali baja. Takel yang dirancang untuk mengangkat beban lebih dari 300 kg memakai kabel baja dan untuk penarikan menggunakan lir. Takel pulley dibagi menjadi dua macam, yaitu takel pulley tunggal dan takel pulley majemuk.

1. Takel pulley tunggal

          Takel ini terdiri dari satu buah pulley yang digantung dan digunakan kabel baja atau tali sebagai penarik. ada dua macam takel pulley tunggal yaitu :

a. Takel pulley tunggal tetap
          Pulley pada takel ini kedudukannya tetap dengan kait diujungnya sebagai penggantung. Kait terletak pada suatu poros yang ada kedudukanya jadi dapat berputar bebas.Takel pulley tunggal ini sebenarnya bentuknya seperti mantel block dengan satu pulley.

b. Takel pulley tunggal bebas
         Takel pulley tunggal bebas ini memiliki kesamaan konstruksi sambungan pengikat pulleynya dengan takel pulley tunggal tetap, hanya saja dibalik kedudukanya tergantung pada kabel bergerak naik turun sesuai dengan pengangkatan.


2. Takel pulley majemuk

Takel majemuk
Takel majemuk
          Takel pulley majemuk terdiri dari dua buah takel pulley, yang tetap dan bebas masing-masing terdiri dari satu pulley atau lebih. Biasanya dudukan pulley sudah tertentu untuk jumlah pulley dua, tiga dan seterusnya, disamping itu arah kabel diusahakan agar berbelok dalam satu arah agar tidak mudah putus. Pulley yang dipakai pada takel pulley majemuk mempunyai dameter yang sama dan beberapa jenis takel pulley majemuk digambarkan secara perspektif.


B. Takel Differensial


Takel differensial
Takel differensial

1. Bentuk dan susunannya

         Takel differensial terdiri dari dua bagian, pada bagiaan atas terdapat dua pulley dengan diameter yang berbeda yang berada pada suatu poros. Bagian bawah mempunyai satu pulley dengan diameter sama dengan diameter rata-rata pulley bagian atas. sebagai media yang menghubungkan dua bagian ini dipakai rantai mata bersambungan tanpa ujung pangkal.




2. Konstruksi

          Dua pulley dibagian alurnya berlekuk-lekuk untuk sarang bagi mata rantaisehingga bila rantai ditarik maka pulley akan ikut berputar. Pada umumnya pulley yang besar mempunyai satu bah sarang lebih banyak daripada pulley yang lebih kecil. Sedangkan pada pada pulley bagian bawah mempunyai alur cocok dengan diameter kawat rantai matanyasehinnga hanya mata yang tegak letaknya dapat melalui alur ini. Semua pulley dibuat dari besi tuang karena pelaksanaan lebih mudah dan besi tuang mempunyai sifat melumas.

3. Fungsi

          Suatu keuntungan bagi takel differensial ialah dapat bekerja dengan mengerem sendiri untuk mengangkat benda. kapasitas angkat dari takel differensial tergantung pada kekuatan orang yang meggerakan, tetapi sangat disayangkan rendemen ataau efisiensinya sangat rendah.
          



C. Takel Roda gigi

          Takel roda gigi terdiri dari dua jenis atau macam yaitu, takel roda gigi biasa dan takel roda gigi planit.

1. Takel roda gigi biasa

         Takel roda gigi biasa terdiri atas dua buah pulley dengan alur yang berlekuk-lekuk untuk sarang mata rantai. Kedua pulley rantai dihubungkan dengan dua buah roda gigi sebagai alat transmisinya. 

2. Takel Roda gigi planit

          Takel roda gigi planit mempunyai suatu alat transmisi khusus yang tersusun dari beberapa roda gigi yang saling berputar, alat transmisi itu disebut transmisi roda planit.

2. Takel yang digerakan dengan motor

A. Takel Listrik


Takel listrik
Takel listrik
       
        Takel listrik digerakan oleh sebuah motor listrik, motor litrik yang dipakai ialah motor arus bolak-balik. Takel listrik biasanya mempunyai dua macam kecepatan yaitu kecepatan untuk pengangkatan dan kecepatan untuk penyetelan suatu benda ataupun alat. Penyetelan suatu peralatan diperlukan kecepatan yang lambat sekali seolah-olah merayap (creeping speed). Pelayanan takel ini dengan cara menekan tombol-tombol yang terletak pada suatu dudukan yang digantungkan sehingga dapat dilayani orang dari bawah.




B. Takel Pneumatik

          Takel pneumatik digerakan oleh motor yang bersumber tenaga pada udara bertekanan. Keuntungan dari takel Pneumatik, ialah putaranya dapat lambat sekali kemudian dapat dipercepat dengan perubahan kecepatan yang sangat halus. Disamping itu bila ada gangguan pada pengangkatan misalnya beban tersangkut, maka motor akan berhenti. Karena sumber teganganya adalah udara bertekanan  maka takel ini hanya dipakai dalam pabrik yang mempunyai stasiun kompresor sebagai pembangkitnya.


1 Response to "Definisi dan Jenis-Jenis Takel (katrol)"

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel