Pengertian lbs dan pounds

Pounds and lbs
Pounds and lbs

Dalam suatu pengukuran berat terkadang terdapat satuan lbs atau pounds, sedangkan umumnya satuan berat atau masa yang digunakan adalah kilogram, dan seringkali cukup banyak orang yang belum mengetahui mengapa lbs disebut "pounds" dalam satuan berat inggris, sehingga hal tersebut cukup membngungkan bagi sebagian orang.

lbs dan pounds adalah sama satu dengan yang lain. Singkatan "lbs" merupakan sebuah notasi baku yang dipakai untuk menunjukkan satuan pound sabagai satuan unit pengukuran. Kata pound diambil dari bahasa latin yaitu "pendere"
yang berarti menimbang sedangkan kepanjangan "lbs" merupakan singkatan dari kata "libra", yaitu sebuah kata dalam bahasa Latin yang berarti keseimbangan atau berat yang menunjukkan satuan ukur yang dipakai pada zaman Romawi kuno yang setara dengan kurang lebih 12 ons. Dalam proses pengukuran kontemporer yang dilakukan saat ini, satu libra zaman romawi kuno tidak bisa disamakan dengan satu pounds, karena satu pounds saat ini setara dengan 16 ons. Namun, singkatan standar yang digunakan untuk satuan pounds adalah lbs. Penggunaan umum lbs tersebut tidak mencerminkan besarnya satuan libra zaman romawi kuno dan hanya sebatas singkatan yang digunakan untuk menginterpretasikan satun berat pounds.

Pounds merupakan satuan yang digunakan untuk mengukur berat, yaitu pengukuran massa suatu benda yang dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi. Di Amerika Serikat, pounds adalah satuan pengukuran yang digunakan untuk mengukur massa, dan dapat dikonversi 1 pounds yaitu sebesar 0,45 kilogram.

Satuan kilogram termasuk kedalam International System of Unit (SI). Namun, perbedaan antara kedua sistem satuan antara pounds dan kilogram terdapat pada objek yang diukur. Satuan kilogram digunakan untuk mengukur massa (tanpa pengaruh gravitasi bumi) sedangkan satuan pounds adalah satuan yang digunakan untuk mengukur berat(dipengaruhi oleh gravitasi bumi).

Satuan pounds mempunyai lebih dari satu jenis yaitu termasuk satuan pounds avoirdupois, yaitu satuan pengukuran pounds yang diterima oleh internasional. Jenis satuan pounds yang lain sudah punah, seperti satuan pounds Troy, yaitu satuan yang digunakan oleh para pengrajin di London, pounds pedagang digunakan untuk sebagian besar barang-barang perdagangan, pounds wol digunakan untuk mengukur berat domba wol, pounds tower dan London pound.






referensi 1
referensi 2
referensi 3

0 Response to "Pengertian lbs dan pounds"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel