Jenis dan Bentuk Baja Profil (structural steel)

Baja profil (structural steel) merupakan kategori baja yang digunakan dalam suatu kosntruksi dengan berbagai jenis dan bentuk yang sesuai dengan standar. Setiap bentuk profil memiliki sifat mekanik dan karakteristik yang berbeda dengan bentuk yang lain sehingga pengunaanya harus disesuaikan dengan kegunaan dan fungsi pada suatu konstruksi. Berikut ini merupakan jenis-jenis dan bentuk baja profil yang sering digunakan dalam konstruksi maupun fabrikasi.

1. Wide Flange


Wide Flange
Wide Flange
Baja profil (Wide Flange) merupakan salah satu jenis profil baja struktural yang sering digunakan dalam suatu konstruksi baja. Baja wide flang termasuk salah satu baja yang memiliki kekuatan kekuatan tarik dan tekan yang sangat tinggi sehingga mampu menahan jenis beban aksial dengan cukup baik. Bahkan, baja profil jenis ini memiliki kepadatan yang cukup tinggi sehingga tidak akan terlalu berat dalam kapasitas muat beban tetapi memberikan bentuk struktur bahan atau konstruksi yang digunakan menjad
i lebih efisien.

Sistem konstruksi dari baja wide flange terdiri dari kombinasi struktur dan elemen yang cukup rumit. Dengan kombinasi rumit tersebut, sangat membantu dalam mendistribusikan beban sehingga menjadi lebih efektif dan aman dari gaya yang diterima yang kemudian akan disalurkan menuju pondasi. Baja Wide Flange biasa digunakan sebagai : tiang pancang, kolom, balok, bottom and top chord member pada truss, kantilever dll. Baja profil wide flange memiliki beberapa nama atau istilah yang biasa digunakan dalam penyebutan baja wide flange seperti H-Beam, Profil H, IWF, Profil I dan HWF.


2. Baja Profil U (UNP)

UNP
UNP

Baja Profil U (UNP) merupakan salah satu jenis profil baja yang digunakan dalam konstruksi. Baja profil U biasanya digunakan dalam anak balok, struktur tangga, sebagai balok penutup dudukan atap serta bisa juga digunakan untuk bracing dalam konstruksi jembatan baja atau bangunan baja berat. Penggunaan baja profil U hampir serupa dengan Baja Wide Flange, akan tetapi jarang sekali digunakan untuk kolom karena relatif akan lebih mudah mengalami tekukan. Tetapi bisa pula dipakai untuk kolom dengan dua buah profil baja yang dijadikan satu dengan menggunakan pelat kopel.

3. Baja Profil C (CNP)

CNP
CNP

Baja Profil C (CNP) merupakan salah satu jenis profil baja yang biasa digunakan dalam suatu konstruksi. Baja profil C biasanya digunakan dalam konstruksi baja ringan seperti rangka atap rumah, garasi, teras, bangunan semi permanen dan lain sebagainya. Dilihat dari sisi kegunaannya baja profil C memiliki sifat mekanik dan bentuk yang paling tepat dalam penggunaan struktur rangka baja ringan, karena terdapat banyak koneksi antara batang satu dengan batang yang lain.


4. Baja Profil T (T-Beam) 

T Beam
T Beam

Baja profil T merupakan balok struktural dengan bentuk penampang seperti huruf "T". Baja profil T sering digunakan untuk fabrikasi umum. Profil baja T ini tidak banyak digunakan dalam sebuah sistem struktural baja, biasanya digunakan sebagai batang pekerjaan rangka batang, kuda-kuda dalam struktur sambungan las, balok kantilever (kanopi) dan balok lantai.


5. Baja Profil Siku (Angle)

Angle Bar
Angle Bar

Profil ini dinyatakan dengan tanda L dengan tiga buah bilangan yang menunjukkan tinggi, lebar dan tebal profil dalam satuan mm. Baja profil siku ini dibuat dengan panjang normal 6 meter setiap batang. Terdapat dua jenis baja profil siku yaitu baja siku sama kaki dan baja siku tidak sama kaki. Baja profil siku (angle) biasa dipakai untuk bracing, member pada truss, balok, batang rangka kuda-kuda dan struktur-struk ringan yang lain.











referensi 1
referensi 2
referensi 3
referensi 4



0 Response to "Jenis dan Bentuk Baja Profil (structural steel)"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel