Mengapa Kuota Kamu Cepat Habis ?

          Diera yang serba canggih seperti sekarang ini, internet sudah menjadi bagian yang penting dalam kehidupan sehari-hari mulai dari chatting, browsing, menonton video,sosial media, game online dan lain sebagainya. Agar dapat terhubung dengan internet sebuah gadget(Smartphone, PC, Tablet dll)  memerlukan jaringan internet, jaringan internet bermacam-macam mulai dari jaringan kabel, Nirkabel (Wireless/Wifi) dan jaringan seluler.

Pada jaringan selular agar dapat terhubung ke internet memerlukan kuota data seluler, Meski dibatasi dengan kuota (diberi batas pemakaian) ternyata pilihan jaringan selular cukup banyak digunakan para pengguna internet khususnya pengguna smartphone dan mobile broadband/modem karena lebih mudah dan praktis agar dapat terhubung ke internet.

Selain kemudahan yang ditawarkan ternyata banyak pengguna internet khususnya pengguna jaringan seluler yang mengeluhkan kuota data yang cepat habis. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan kuota data cepat habis :

1. Streaming Video

streaming video
streaming video

Berbagai macam situs dengan layanan streaming video seperti youtube, vimeo, itunes dll. memudahkan para pengguna internet menemukan berbagai macam video dalam situs tersebut. Tapi dibalik segala kelebihanya streaming
video dari internet merupakan salah satu `pembunuh` kuota internet yang kejam. Bayangkan hanya dalam waktu satu menit streaming video HD dapat menghabiskan kuota hingga 50Mb.

2. Streaming Musik

streaming musik
Streaming musik

Siapa yang tidak suka mendengarkan musik, hampir semua orang dari berbagai kalangan suka mendengarkan musik. Streaming musik merupakan salah satu cara bagi pengguna internet untuk mendengarkan musik secara praktis dan tidak perlu mendownloadnya.
Namun bila kamu memutar musik dengan resolusi 320 Kbps maka konsumsi data kamu akan membengkak, jadi jika anda ingin mendengarkan musik secara berulang kali lebih baik mendownloadnya.

3. Download dan Upload File

Download upload file
Download upload file

Download adalah proses pengambilan file tertentu yang terdapat di internet sedangkan Upload adalah kebalikan dari download yaitu proses pengiriman file kedalam jaringan internet.
Kegiatan Download dan Upload merupakan salah satu kegiatan yang menghabiskan banyak kuota misalnya mendownload atau mengupload film, musik, game dan file lainnya hingga ratusan Mb bahkan hingga mencapai satuan GigaByte.

4. Video Chat/Obrolan Video

video call
video call

Melakukan percakapan video lewat skype ataupun penyedia video chat lainnya merupakan hal yang menyenangkan bagi seseorang yang terpisahkan oleh jarak yang jauh dan jarang bertemu. Namun kegiatan tersebut memakai banyak kuota data, biasanya video chat menghabiskan data sebesar 3 Mb per menit namun besarnya konsumsi data tergantung dari resolusi video dan aplikasi yang digunakan.

5. Online Game

online game
online game

Bermain game merupakan kegiatan yang mengasikan, ada beberapa game yang berbasis online game atau menggunakan jaringan internet sebagai penunjangnya.
Beberapa game online yang menggunakan jaringan internet misalnya clash of clans, two dots atau words with friends tidak terlalu bnyak memakai kuota data tapi jika game online yang kita mainkan bergenre real-time action, misalnya modern combat 5 dan asphalt 8 cukup menghabiskan banyak kuota data.

6. Update Software/Pembaruan perangkat lunak

software
software

Mengupdate software memang dianjurkan untuk menjaga dan meningkatkan performa gadget atau perangkat yang kita miliki. Namun mengupdate software atau perangkat lunak pada sebuah perangkat cukup memakan banyak kuota data puluhan hingga ratusan Mega byte.
Sebuah perangkat/gadget seringkali melakukan update software secara otomatis tanpa sepengetahuan kita dan ada juga yang secara manual. jika kuota data kita terbatas lebih baik jika kita mengubah pengaturanya agar melakukan update software secara manual.



0 Response to "Mengapa Kuota Kamu Cepat Habis ?"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel