Penemuan Menakjubkan Orang Indonesia yang Mendunia

Teknologi dan ilmu pengetahuan kian berkembang dari waktu ke waktu, seringkali kita melihat banyak sekali ilmuwan dan scientis dari negara-negara maju terus berinovasi dan menemukan teknologi terbaru. Tanpa disadari ternyata banyak sekali putra dan putri Indonesia yang sukses mengharumkan nama bangsa khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendunia karena karya brilliant mereka. Berikut ini penemuwan hasil karya ilmuwan Indonesia yang mendunia.

1. Sistem Telekomunikasi 4G Berbasis OFDM



Penemunya ialah Dr.Khoirul Anwar, Merupakan alumni STEI Institut Teknologi Bandung (ITB). Khoirul kemudian melanjutkan studi S2 dan S3 di Nara Institute of Science and Technology (NAIST) di Jepang. Dr.Khoirul Anwar dimulai sekitar 2010-2011, saat 4G belum terkenal. Beliau menemukan konsep dua fast Fourirer transform (FFT). Dan ternyata sistem jaringan 4G di masa depan menggunakan konsep dua FFT juga. Konsep tersebut selanjutnya menjadi standar International Telecommunication Union (ITU) kemudian dipatenkan pada tahun 2005. Konsep dua FFT ini mengalami perbaikan yang luar biasa dibandingkan dengan konsep satu FFT. Secara sederhana, teknologi LTE terdiri dari banyak sekali sistem yang saling terintegrasi. Di antara sekian banyak sistem pembentuknya, Khoirul pencipta salah satu sistem yang digunakan dalam teknologi LTE dan juga telah menjadi standard ITU-R.


2. Teori Crack Progression



Siapa yang tidak kenal dengan Dr.Ing.Bacharuddin Jusuf Habibie, beliau merupakan salah seorang teknokrat dan presiden ke-3 Indonesia. Salah satu hasil karyanya yang mendunia yaitu teori crack progression pada ilmu penerbangan dan kedirgantaraan, beliau disebut dengan Mr.Crack karena hasil penemuannya. Teori crack progression habibie tersebut mampu menghitung crack propagation on random hingga ke atom-atom pada material penyusun pesawat terbang. Teori ini tentunya dapat membuat pesawat lebih aman karena safety factor yang lebih tinggi. Teori ini tidak hanya meminimalisir risiko kecelakaan pesawat, tetapi juga membuat perawatan dan pemeliharaan pesawat yang lebih mudah dan juga murah.


3. Teori 23 Kromosom



seorang ilmuwan yang berasal dari Indonesia berperan penting dalam perkembangan ilmu bioteknologi khususnya dalam bidang genetika. ilmuwan tersebut adalah Dr. Joe Hin Tjio. Bersama dengan rekannya beliau meneliti kemudian memastikan bahwa kromosom manusia bmemiliki jumlah 23 pasang, sebelumnya para ilmuwan dan peneliti yang lain meyakini bahwa jumlah kromosom yang terdapat pada manusia berjumlah 24 pasang.
Pada tahun 1955, Dr. Joe Hin Tjio menggunakan teknik yang baru untuk memisahkan kromosom dari inti sel. Beliau merupakan salah satu ilmuwan peletak pondasi cytogenetik modern, yaitu bidang ilmu yang mendalami hubungan antara aktifitas kromosom dan struktur serta mekanisme hereditas, sebagai sebuah cabang utama dalam ilmu genetika.


4. Pondasi Cakar Ayam



Prof. Ir. R.M. Sedyatmo merupakan seorang insinyur yang dikenal sebagai penemu Pondasi Cakar Ayam pada tahun 1962, Hasil penemuan sedyatmo tersebut sudah dipatenkan dan digunakan di luar negeri.
Sistem pondàsi cakar ayam penemuan sedyatmo cukup sederhana, dan cocok sekali diaplikasikan pada suatu wilayah yang minim tenaga ahli dan peralatan modern. Hingga batas-batas tertentu, sistem pondasi cakar ayam ini dapat menggantikan sistem pondasi tiang pancang.
Beberapa karya-karya yang dihasilkan oleh Sedyatmo lainnya yaitu bendungan jati luhur, pompa hidrolis hinggakonsep pembangunan jembatan Suramadu yang dibangun berdasarkan konsep awal dari Sedyatmo. Atas berbagai macam kontribusi dan karyanya yang luar biasa dalam bidang teknik, beliau meraih beberapa penghargaan internasional.


5. Metode Tercepat Pemecahan Persamaan Matematika Helmholtz



Persamaan matematika helmholtz dipecahkan oleh seorang dosen dari ITB Dr.Yogi Ahmad Erlangga. Beliau diketahui menjadi ilmuwan yang mampu memecahkan persamaan Helmholtz yang sudah hampir selama 30 tahun tidak mampu dipecahkan oleh para ilmuwan. Tentunya prestasi yang dicapai olehnya tersebut merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa. Yogi sendiri sebenarnya sudah berhasil memecahkann persamaan helmholtz tersebut pada saat itu beliau sedang menempuh program S3 di Delft University of Technology, Belanda. 

Bagi kalian yang tidak familiar dengan persamaan Helmholtz, persamaan ini merupakan persamaan matematika yang digunakan dalam upaya pencarian dan eksplorasi sumber minyak bumi. Yogi mampu memecahkan persamaan helmholtz tersebut dengan riset dan penelitian yang cukup panjang. Dengan terpecahkannya persamaan helmholtz oleh Yogi ini, setidaknya dapat membantu industri minyak dan gas dalam mengeksplorasi serta menemukan minyak bumi  dengan lebih efisien dan efektif. Perlu diketahui, sebenarnya persamaan Helmholtz ini sendiri sudah ditemukan dan digunakan sejak 1 abad silam khususnya dalam mengeksplorasi sumber minyak bumi.










0 Response to "Penemuan Menakjubkan Orang Indonesia yang Mendunia"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel