Perlengkapan Kerja Bangku Ragum (Vise)

Pengertian Ragum (Vise)

Ragum
Ragum
Dalam sebuah Workshop kerja bangku biasanya terdapat beberapa alat perkakas tangan yang digunakan dalam suatu proses pengerjaan ataupun sebagai alat bantu pendukung. Dalam hal ini Ragum atau catok merupakan salah satu jenis alat bantu yang biasa digunakan untuk menjepit benda kerja yang sedang dilakukan pengerjaan seperti mengikir, memahat, menyenai, memotong dan lain sebagainya, agar benda kerja tersebut dapat dijepit sehingga tidak merubah posisi benda pada saat dilakukan pengerjaan sehingga diperoleh hasil akhir yang memuaskan.



Bagian-Bagian ragum

Bagian ragum
Bagian ragum
Ragum memiliki komponen atau bagian yang melengkapinya, antara lain rahang tetap, tangkai ragum dan rahang gerak. Bagian yang terdapat dalam sebuah ragum memiliki fungsi yang tersendiri.
1. Rahang Tetap
Rahang tetap merupakan salah satu bagian utama pada ragum yang berfungsi untuk menahan benda kerja dan merupakan bagian pada ragum yang tidak bergerak dan berfungsi sebagai penopang pada sebuah ragum.

2. Rahang Gerak
Rahang gerak merupakan salah satu bagian utama pada ragum yang berfungsi sebagai penjepit benda kerja sama seperti rahang tetap, akan tetapi pada rahang gerak dapat diatur kedudukannya menyesuaikan panjang atau dimensi dari benda kerja yang dijepit.

3. Tangkai Ragum
Tangkai ragum merupakan salah satu komponen utama pada ragum yang berfungsi untuk mengatur posisi dari rahang gerak untuk menyesuaikan dimensi benda kerja dengan cara memutar tangkai ragum searah maupun berlawanan arah jarum jam.


Jenis-Jenis Ragum

Untuk suatu proses pengerjaan tertentu terkadang diperlukan jenis ragum khusus agar sesuai dengan jenis pengerjaan yang dilakukan ataupun karena faktor lainnya. Berdasarkan gerakannya jenis ragum dapat dibagi menjadi 3 jenis yaitu :

1. Ragum Biasa
Ragum Biasa
Ragum Biasa
Ragum biasa digunakan untuk menjepit benda kerja dengan bentuk yang sederhana dan umumnya hanya digunakan pada pengerjaan bidang datar saja.

2. Ragum Putar
Ragum Putar
Ragum Putar
Ragum putar digunakan untuk menjepit benda kerja dengan suatu proses pengerjaan tertentu yang membutuhkan kemiringan ataupun menyudut. Bentuk ragum putar ini hampir serupa dengan ragum biasa akan tetapi dibagian bawah terdapat suatu alas yang mampu berputar 360 derajat sesuai dengan kebutuhan pengerjaan benda kerja.

3. Ragum universal
Ragum Universal
Ragum Universal
Ragum Universal merupakan jenis ragum yang memiliki dua sumbu yatiu vertikal dan horizontal yang dapat diatur kedudukannya, sehingga memungkinkan pengerjaan dengan kemiringan secara tegak lurus ataupun mendatar.


Menentukan Tinggi Ragum Yang Sesuai

Berikut ini Langkah-langkah yang dapat digunakan untuk menentukan tinggi ragum sesuai dengan tinggi badan :
1. Posisikan tubuh berdiri tegak didepan ragum
2. Kemudian kepalkan tangan dan tempelkan pada dagu
3. Selanjutnya letakan siku tangan pada mulut ragum dan pastikan harus berada tepat diatas mulut ragum (beri sedikit jarak).


Cara Menjepit Benda Kerja Pada Ragum Dengan Baik dan Benar

1. Benda kerja harus terpasang dengan baik pada mulut ragum yaitu, posisi benda kerja sebisa mungkin jangan terlalu tinggi dari mulut ragum dan pastikan bagian benda kerja yang dijepit sudah cukup dalam.

2. Pastikan benda kerja tidak bergerak dan sudah dipasang dengan posisi yang tepat.

3. Jangan memutar tuas terlalu keras atau mengencangkan dengan sangat kuat, dikhawatirkan akan merusak permukaan dari benda kerja sehingga menimbulkan cacat pengerjaan.

4. Sebisa mungkin gunakan pelapis pada bagian benda kerja yang dijepit langsung pada mulut ragum, terutama pada beberapa jenis material lunak yang mudah tergores atau terdeformasi. Hal tersebut perlu dilakukan untuk meminimalisir cacat pada permukaan benda kerja

0 Response to "Perlengkapan Kerja Bangku Ragum (Vise)"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel