Perbedaan Antara Massa Jenis dan Berat Jenis

Baik massa jenis (Density) maupun berat jenis (Specific Gravity) menggambarkan keadaan suatu massa zat dan dapat digunakan sebagai pembanding berbagai jenis zat. Namun, baik massa jenis maupun berat jenis bukanlah suatu yang sama. Berat jenis adalah tingkat kerapatan terhadap kerapatan suatu standar atau referensi (biasanya air). Sedangkan massa jenis merupakan perbandingan massa dengan volume (kerapatan) dan dinyatakan dalam satuan (berat relatif terhadap ukuran) sementara berat jenis adalah bilangan murni atau tanpa dimensi.

Density and specific gravity

Apa Itu Massa Jenis ?

Massa Jenis (Density) adalah sifat materi dan dapat didefinisikan sebagai perbandingan antara massa terhadap satuan volume suatu materi atau zat. Ini biasanya dinyatakan dalam satuan gram per sentimeter kubik, kilogram per meter kubik, atau pound per inci kubik.


Suatu zat yang dengan massa jenis yang tinggi akan memiliki volume yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan suatu yang yang bermassa jenis rendah yang akan memiliki vlume yang relatif lebih besar.

Massa jenis suatu zat di peroleh dengan persamaan berikut :

ρ = m / V 

dimana

ρ adalah densitas (Kg/M^3)
m adalah massa (Kg)
V adalah volumenya (M^3)



Apa Itu Berat Jenis?

Berat Jenis (Specific Gravity) adalah ukuran kerapatan relatif (massa jenis) terhadap kerapatan suatu bahan referensi. Bahan rujukan atau referensi bisa berupa apa saja, tetapi rujukan yang paling umum adalah air murni. Jika suatu material memiliki berat jenis kurang dari 1, maka akan mengapung di atas air.

Berat jenis juga disebut dengan kerapatan relatif dan dinyatakan dengan persamaan berikut :

Berat Jenis = ρ zat / ρ referensi (air)


Konversi Antara Massa Jenis dan Berat Jenis

Nilai berat jenis tidak terlalu berguna kecuali untuk memperkirakan apakah sesuatu akan mengapung di atas air dan untuk membandingkan apakah satu material lebih atau kurang padat daripada yang lain. Namun, karena kerapatan air murni sangat dekat dengan 1 (0,9976 gram per sentimeter kubik), berat jenis dan kerapatan hampir nilainya sama selama kerapatan diberikan dalam (gram/cc).






Helmenstine, Anne Marie, Ph.D. "What Is the Difference Between Density and Specific Gravity?" ThoughtCo, Dec. 5, 2018,
thoughtco.com/density-and-specific-gravity-differences-606114.

0 Response to "Perbedaan Antara Massa Jenis dan Berat Jenis"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel