Jenis Pensil yang digunakan Dalam Menggambar Teknik

Pensil merupakan salah satu alat gambar yang sering digunakan menggambar teknik secara manual. Beberapa jenis pensil gambar seringkali digunakan berdasarkan keperluan tertentu, oleh karena itu perlunya mengetahui jenis-jenis pensil yang digunakan dalam gambar teknik. Berikut ini merupakan jenis pensil yang digunakan dalam menggambar teknik.

1. Pensil Gambar Berdasarkan Bentuknya

a) Pensil Batang (Pensil Kayu)

Pensil Batang
Pensil Batang

Pensil batang adalah pensil yang menyatu antara isi dan batangnya. Untuk menggunakan pensil batang harus meraut batang pensil terlebih dahulu dan memastikan ujung pensil yang diraut tepat dan nyaman digunakan.

b) Pensil Mekanik

Pensil Mekanik
Pensil Mekanik

Pensil mekanik adalah pensil yang terpisah antara batang dengan isi pensil. Pada pensil mekanik ini, Jika isi pensil habis dapat diisi ulang. Batang pada pensil mekanik terbuat dari plastik atau besi dan tidak akan habis dan cukup mengisi ulang dengan mengganti isi pensil jika sudah habis. Pensil mekanik memiliki ukuran diameter yang berbeda untuk menunjang kebutuhan menggambar yaitu diameter 0,3 mm, 0,5 mm dan 1,0 mm.


2) Pensil Gambar berdasarkan Kekerasan

Pensil memiliki tingkat kekerasan yang berbeda-beda yang digunakan sesuai dengan keperluan khusus seperti menulis atau menggambar. Tingkat kekerasan pada pensil dilambangkan dengan huruf yang menggambarkan sifat dan kegunaan dari pensil tersebut yaitu F (Firm), H (Hard) dan B (Black). Tingkat kekerasan pada pensil akan mempengaruhi tebal dan tipis garis yang dihasilkan. Simbol dan tingkat kekerasan pensil dapat dilihat pada tabel berikut :

kekerasan pensil
kekerasan pensil




0 Response to "Jenis Pensil yang digunakan Dalam Menggambar Teknik"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel