Pengertian dan Jenis-Jenis Mesin Frais (Milling)

Pengertian dan Prinsip Kerja Mesin Frais

mesin frais
mesin frais

Mesin Frais (milling) adalah salah satu mesin perkakas konvensional yang paling fleksibel dengan berbagai kemampuan proses permesinan. Banyak operasi rumit yang dapat dikerjakan oleh mesin frais seperti penyayatan, pemotongan, finishing, pengindeksan dan beberapa proses permesinan lainnya.

Mesin frais (milling) adalah salah satu mesin dalam proses manufaktur yang sangat umum digunakan di workshop mesin dan industri untuk memproduksi part dan suku cadang dengan tingkat presisi tinggi dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Prinsip kerja mesin frais adalah proses yang dilakukan dengan mesin di mana pahat pemotong akan berputar kemudian menyayat dan menghilangkan bahan dari benda kerja yang terdapat pada arah sudut dengan sumbu pahat. Dengan bantuan mesin frais, dapat dilakukan berbagai macam operasi dan fungsi mulai dari benda berukuran kecil hingga besar.


Jenis-Jenis Mesin Frais


Pada beberapa pengerjaan permesinan dengan menggunakan mesin frais seringkali terdapat penegerjaan yang dapat dilakukan oleh jenis mesin frais tertentu. Terdapat beberapa jenis mesin frais dengan fungsi dan kegunaannya masing masing. Berikut ini merupakan jenis-jenis mesin frais pad aproses permesinan.

1. Mesin frais kolom dan lutut (Column and Knee Milling)



Mesin frais jenis ini adalah jenis mesin frais yang sangat umum digunakan. Pada mesin ini, sebuah kolom vertikal terpasang pada alas yang terdiri dari semua penggerak roda gigi yang memutar lutut dan saddle. Lutut terletak di alas yang memberikan gerakan vertikal pada benda kerja atau bergerak naik dan turun. Saddle melekat pada bagian atas lutut yang dapat bergerak secara melintang.


2. Mesin Frais vertikal (Vertical Milling)


Spindel pada mesin frais vertikal berada dalam posisi vertikal. Tidak diperlukan arbor pada mesin frais jenis ini. Alat pemotong pada mesin frais verikal memiliki bentuk silinder dan ujungnya terletak mengelilingi permukaan silinder.


3. Mesin frais horisontal (Horizontal Milling)


Spindle pada mesin frais jenis ini terletak secara horizontal. Spindel akan berputar secara horizontal. Sebuah arbor melekat pada mesin yang berfungsi memegang pemotong berbentuk silinder yang akan memotong benda kerja.


4. Mesin Frais universal (Universal Milling)


Mesin frais universal hampir serupa dengan mesin frais jenis horizontal, namun pada mesin frais universal terdapat meja yang dapat diatur hingga 45 derajat pada kedua arah.


5. Mesin Frais Dudukan Tetap (Fix Bed Milling)


Pada mesin frais jenis ini, alas (bed) mesin tetap pada mesin. Tidak ada pengaturan lutut dan sadel yang dapat digerakan secara vertikal dan transversal. Meja kerja terletak langsung pada alas tetap. Spindel pada mesin frais ini dipasang pada kepala spindel yang dapat bergerak, dan dapat bergerak ke arah vertikal dan horizontal selain itu dapat digunakan untuk melakukan operasi pemotongan.


6. Mesin frais simplex (Simplex Milling)


Pada mesin frais jenis simpleks, kepala spindel hanya bergerak dalam satu arah. Umumnya pada mesin frais jenis ini spindel bergerak ke arah vertikal.


7. Mesin Frais duplex (Duplex Milling)


Pada mesin frais jenis dupleks, spindel bergerak pada arah vertikal dan horizontal.


8. Mesin frais Triplex (Triplex Milling)


Pada mesin frais jenis triplex, spindel dapat bergerak pada ketiga arah sumbu yaitu sepanjang sumbu X, Y, dan Z.


9. Mesin Frais Khusus ( Special Milling Machine)


Mesin Frais Khusus adalah mesin jenis mesin frais modern yang dibuat dan dikembangkan untuk memudahkan suatu operasi sesuai dengan pekerjaan tertentu.


10. Mesin Frais CNC (CNC Milling)


Mesin frais CNC (Computer Numerical Control( adalah mesin frais paling serbaguna yang dikendalikan oleh sistem pemrograman komputer. Jenis mesin frais ini adalah pengembangan dari mesin frais konvensional, di mana spindel dapat bergerak pada ketiga arah sumbu dan meja yang dapat berputar 360 derajat.






0 Response to "Pengertian dan Jenis-Jenis Mesin Frais (Milling)"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel