Perbedaan Defleksi, Deformasi dan Displacement

Perbedaan Defleksi, Deformasi dan Displacement
Perbedaan Defleksi, Deformasi dan Displacement

Dalam bidang rekayasa struktur seringkali terdapat beberapa istilah yang sering digunakan yaitu perpindahan, defleksi, dan deformasi. Dalam bidang rekayasa struktural, ketiga istilah tersebut cukup berkaitan erat satu sama lain, dan seringkali digunakan secara bergantian, meskipun jika ingin mendapatkan kondisi spesifik pada kasus di mana satu istilah lebih tepat menjelaskan sutu kondisi daripada istilah yang lain.

Defleksi


Defleksi adalah besarnya jarak simpangan akibat perubahan bentuk pada suatu objek yang mengalami lendutan akibat pembebanan yang diberikan pada objek tersebut.


Displacement


Displacement adalah jarak dari mana satu node atau elemen (balok, kolom, bingkai, dll) bergerak dari lokasi asalnya. Pergeseran tersebut dapat terjadi pada batang/beam yang mengalami lendutan (defleksi), tetapi bisa juga hasil dari seluruh objek yang bergerak, tidak terdistorsi, misalnya seperti kotak yang meluncur pada permukaan dengan gesekan. Perpindahan dapat diukur dalam hal jarak dan rotasi.


Deformasi


Deformasi adalah distorsi aktual atau perubahan bentuk, ukuran dan volume yang terjadi pada bagian struktural atau suatu objek akibat pembebanan yang terjadi. Terdapat dua jenis deformasi yaitu deformasi plastis dan elastis.
Deformasi elastis adalah deformasi yang terjadi ketika muatan dihilangkan, maka struktur atau objek akan kembali ke bentuk semula. Sedangkan Deformasi plastis adalah yang terjadi ketika muatan dihilangkan maka struktur atau objek akan tetap.




0 Response to "Perbedaan Defleksi, Deformasi dan Displacement"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel