Hal yang Dialami Mahasiswa Menjelang Liburan Semester Tiba

Hal yang Dialami Mahasiswa Menjelang Liburan Semester Tiba
Hal yang Dialami Mahasiswa Menjelang Liburan Semester Tiba


Liburan merupakan waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian besar mahasiswa baik mahasiswa baru maupun mahasiswa lama (TUA), khususnya bagi mahasiswa yang berada di perantauan. Setelah disibukan dengan kegiatan kampus dan rutinitas yang padat setiap harinya, liburan dijadikan oleh mahasiswa untuk berlibur, pulang kampung dan beberapa kegiatan menyenagkan lainnya.

Namun sebelum liburan semester umumnya mahasiswa seringkali disibukan oleh beberapa hal maupun kegiatan yang cukup menyita waktu. Nah, berikut ini merupakan hal-hal yang hampir dialami oleh sebagian besar mahasiswa menjelang liburan semester tiba.

1. Tugas yang Menumpuk di Akhir Semester


Sebelum menjelang Ujian akhir semester (UAS) seringkali beberapa dosen memberikan tugas mata kuliah yang cukup banyak dan bermunculan satu persatu. Jika pada hari biasa mungkin tidak terlalu direpotkan dengan tugas namun pada akhir semester tugas dari beberapa mata kuliah yang diberikan secara bersamaan dan harus mengejar deadline waktu pengumpulan. Belum lagi ditambah dengan laporan praktikum yang dibuat pada akhir semester tentunya perlu manajemen waktu yang baik antara mempersiapkan ujian akhir, tugas bahkan kegiatan kampus lainnya.


2. Kurang Tidur


Karena terus mengejar deadline tugas yang diberikan dosen, maka jam tidur akan terpangkas. Bagi beberapa mahasiswa lebih baik kehilangan jam tidur daripada tidak mengumpulkan tugas tepat waktu. karena jam tidur yang berkurang atau kurang tidur sehingga tidak jarang beberapa mahasiswa malah jatuh sakit menjelang akhir semester, oleh karena itu sebagai mahasiswa perlunya menjaga kesehatan dan mengatur waktu sebaik mungkin.


3. Pengeluaran Membengkak


Ketika akhir semester atau menjelang liburan umumnya pengeluaran mahasiswa melonjak drastis. Selain memenuhi kebutuhan sehari-hari, adanya pengeluaran tambahan karena membeli keperluan yang menyangkut tugas kuliah seperti kertas, print, alat tulis, tinta dan pengeluaran tidak terduga lainnya. Selain itu bagi mahasiswa perantauan tentunya perlu mempersiapkan uang lebih untuk transportasi ketika pulang kampung, belum lagi untuk membeli buah tangan atau oleh-oleh untuk keluarga dan orang tua di kampung.


4. Merencanakan Kegiatan Selama Liburan


Nah, waktu liuran memang sangat ditunggu-tunggu oleh mahasiswa, selain dapat berjumpa keluarga nan jauh dikampung halaman tapi dapat juga melakukan kegiatan yang tidak bisa dilakukan pada hari biasa karena waktu senggang yang banyak seperti berlibur, jalan-jalan, naik gunung, bekerja paruh waktu dan lainnya. Oleh karena seringkali mahasiswa sudah mempersiapkan kegiatan yang akan dilakukan selama mengisi waktu liburan, tentunya kegiatan yang positif dan menyenagkan.



5. Berburu Tiket Pulang Kampung (bagi mahasiswa perantau)


Bagi mahasiswa perantau pulang kampung saat libur semester sudah menjadi hal yang dilakukan setiap liburan. Karena khawatir tidak memperoleh tiket pulang kampung, mahasiswa biasanya sudah memesan tiket perjalanan jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan. Namun tidak jarang tiket yag sudah dibeli tidak bisa digunakan dan jadwal pulang kampung diundur karena jadwal ujian yang mundur ataupun adanya tugas mata kuliah yang belum tuntas. Tentunya hal tersebut sangat merugikan baik secara finansial maupun waktu.


Nah itulah beberapa hal yang seringkali dialami oleh mahasiswa menjelang liburan semester tiba, atau mungkin kalian sendiri punya pengalaman unik yang lain.

0 Response to "Hal yang Dialami Mahasiswa Menjelang Liburan Semester Tiba"

Post a comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel