Alat yang Digunakan Untuk Menggambar Teknik Manual

Gambar merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan dalam ilmu teknik (Engineering) yang digunakan untuk memberikan informasi secara utuh dan kompleks yang digambar dengan standar maupun aturan baku agar dapat dipahami oleh pembaca gambar dan pihak terkait.

Berdasarkan proses pengerjaannya, gambar teknik dibedakan menjadi dua jenis yaitu gambar teknik manual dan gambar teknik dengan bantuan perangkat komputer (Computer Aided Design) atau yang lebih dikenal CAD.

Dalam proses menggambar teknik khususnya pada gambar manual seorang drafter atau operator gambar teknik harus memahami aturan serta standar yang digunakan dalam menggambar teknik. Selain standar tersebut, dalam proses menggambar teknik manual perlunya mempersiapkan alat-alat gambar yang tepat dan sesuai untuk menunjang proses menggambar agar diperoleh hasil yang maksimal.

Berikut ini merupakan alat-alat gambar yang digunakan dalam proses menggambar teknik manual.


1. Kertas Gambar

Kertas Gambar
Kertas Gambar
Kertas merupakan media yang digunakan untuk menggambar dalam gambar teknik manual. Umumnya kertas yang digunakan untuk menggambar menggunakan kertas
gambar berwarna putih dengan permukaan yang tidak kasar. Jika permukaan kertas gambar kasar, maka akan mempersulit proses menggambar salah satu contohnya menarik garis lurus tidak dapat dilakukan dengan sempurna jika perukaan kertas gambar kasar.

Kertas gambar yang digunakan dalam menggambar teknik manual terdiri atas tiga jenis, yaitu kertas putih tebal, kertas kalkir dan kertas bagan.


2. Pensil Gambar

Pensil gambar
Pensil gambar
Pensil adalah alat gambar dasar yang paling sering digunakan untuk membuat sketch ataupun dalam pelatihan gambar teknik dasar. Terdapat beberapa jenis pensil yang dijual di pasaran dengan jenis yang bervariasi, namun untuk menggambar teknik secara manual umumnya menggunakan jenis pensil mekanik karena proses menggambar dapat dilakukan dengan bersih dan tidak mengotori kertas akibat serpihan isi pensil. Selain itu isi pensil pada pensil mekanik dapat diisi ulang dengan jenis isian pensil tertentu sesuai dengan kebutuhan sehingga lebih praktis dan efisien.


3. Penggaris Segitiga

Penggaris segitiga
Penggaris segitiga
Penggaris egitiga adalah penggaris dengan bentuk segitiga siku-siku. Dalam menggambar teknik diperlukan setidaknya dua buah penggaris siku dengan sudut 45°, 90°, 45° dan penggaris siku lainnya dengan sudut 60°, 90° dan 30°. Sepasang penggaris segitiga tersebut digunakan untuk membuat garis yang saling tegak lurus, garis sejajar dan sudut istimewa (30°, 45°, 60° dan 90°).


4. Penggaris T

Penggaris T
Penggaris T
Penggaris T memiliki dua bagian utama yaitu bagian mistar dan agian kepala, pada bagian mistar memanjang dengan ukuran tertentu sedangkan pada bagian kepala berupa mistar pendek yang saling tegak lurus membentuk
sudut 90° dan tidak memiliki ukuran.


5. Busur Derajat

Busur derajat
Busur derajat
Busur derajat digunakan untuk menentukan sudut tertentu untuk memudahkan proses meggambar. Busur derajat pada umumnya terbuat dari mika atau plastik bening yang dilengkapi dengan garis-garis pembagi sudut 0° sampai dengan 180° namun pada beberapa jenis busur derajat dapat mencapai 360°.


6. Jangka Gambar

Jangka gambar
Jangka gambar
Jangka gambar digunakan untuk membuat bentuk lingkaran pada gambar. Jangka memiliki dua buah batang atau kaki dengan jarum pada ujung kaki dan penggores (pensil/tinta) pada ujung kaki lainnya. Cara menggunakan jangka gambar yaitu dengan menancapkan ujung kaki jangka berjarum pada kertas sebagai pusat lingkaran dan kaki jangka yang lain berfungsi sebagai penggores atau pensil untuk menggambar bentuk lingkaran. Namun perlu diperhatikan dalam penggunaan jangka yaitu pastikan jarum yang tertancap tidak merusak permukaan kertas gambar.


7. Rapido

Rapido Pen
Rapido Pen
Rapido merupakan pulpen khusus gambar yang umumnya digunakan untuk menggambar pada kertas kalkir. Rapido sendiri memiliki ukuran yang bervarisi antara 0,1 mm sampai dengan 2,0 mm sesuai dengan ketebalan garis yang dihasilkan dan kebutuhan tertentu, mulai dari. Untuk memudahkan dalam memilih ukuran rapido, maka setiap ukuran rapido memiliki warna tertentu warna tertentu. 


8. Mal Gambar

Mal gambar
Mal gambar
Mal Gambar digunakan untuk membuat bentuk khusus seperti lingkaran kecil, segi enam, elips, garis lengkung dan membuat huruf dan angka atau simbol tertentu. Mal gambar umumnya terbuat dari bahan mika atau plastik bening dengan ukuran dan bentuk sesuai standar.


9. Meja Gambar

Meja gambar
Meja gambar
Meja gambar digunakan sebagai tempat menggambar dan harus memiliki permukaan yang rata dan datar agar dapat dengan mudah menggeser penggaris dan tidak merusak kertas gambar. Ukuran meja gambar yang ideal untuk menggambar teknik yaitu panjang 1265 mm, lebar 915 mm dan tebal 30 mm. Ukuran meja gambar tersebut dapat pula dirancang sedemikian rupa hingga sesuai dengan ukuran kertas tertentu, seperti kertas A1 dan A0 dengan ukuran yang besar.


10. Mesin Gambar

Mesin gambar
Mesin gambar
Mesin gambar adalah alat yang dapat memudahkan proses menggambar dan menggantikan beberapa fungsi alat gambar lainnya seperti penggaris T, busur derajat, penggaris segitiga dan lainnya. Mesin gambar umumnya sudah dilengkapi dengan dua buah penggaris yang tegak lurus dan dapat digerakan secara bebas saat menggambar. Kondisi penggaris gambar tersebut dijaga tetap pada posisi tegak lurus. 

0 Response to "Alat yang Digunakan Untuk Menggambar Teknik Manual"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel