Jenis-Jenis Kipas Angin Untuk Rumah atau Kantor dan Fungsinya

Pendingin udara atau Ac adalah pilihan utama untuk mendinginkan ruangan, tetapi karena harganya yang relatif mahal dan membutuhkan daya listrik yang besar maka Kipas angin selalu menjadi pilihan alternatif terbaik untuk menyejukan ruangan. Terdapat berbagai macam jenis kipas yang tersedia di pasaran dan setiap jenis kipas tersebut memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda.

Oleh karena itu bagi kalian yang berniat untuk membeli kipas untuk kebutuhan rumah atau kantor maka perlunya mengetahui jenis-jenis kipas yang terdapat di pasaran beserta karakteristik dan kegunannya. Berikut ini merupakan jenis-jenis kipas tersebut.


1. Kipas Langit-Langit (Ceiling Fan)

Kipas Langit-Langit (Ceiling Fan)
Kipas Langit-Langit (Ceiling Fan)
Kipas langit-langit adalah jenis kipas angin mekanis yang biasanya menggantung pada langit-langit ruangan yang di tempelkan atau dikunci dengan kokoh dan jauh dari jangkauan. Saat Anda saklar kipas ini dihidupkan, kipas mulai berputar ke arah searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam sesuai jenis pabrikannya. Hub atau poros pada kipas langit-langit terdiri dari 3, 4, 5 dan kadang-kadang bahkan lebih banyak bilah. Konsumsi daya pada Kipas langit-langit biasanya mengkonsumsi daya antara 60-70 watt.

Kelebihan Kipas Langit-langit

1. Tahan lama dan tahan lama
2. Mudah dipasang.
3. Mudah dibersihkan.
4. Tidak perlu ruang tambahan di lantai.

Kekurangan kipas Langit-langit

1. Perlu mengganti kapasitor setelah beberapa bulan pemakaian.
2. Tampilan dan desainnya kurang cocok untuk rumah modern
3. Dapat menimbulkan kebisingan.

Aplikasi dan kegunaan kipas langit-langit

Umumnya kipas langit-langit digunakan di ruang keluarga atau ruang tamu, tetapi Karena konstruksinya yang cukup kuat, kipas ini dapat digunakan di teras, garasi, atau ruang luar.



2. Kipas Tower (Tower Fan)

Kipas Tower (Tower Fan)
Kipas Tower (Tower Fan)
Tower fan atau kipas tower adalah jenis kipas yang paling banyak digunakan saat ini karena memiliki beberapa fitur yang cukup canggih yang tidak dapat dilakukan oleh jenis kipas lain. Konstruksi tower fan sangat ringan dan ramping. Jadi, dapat dengan mudah memindahkan kipas ini dari satu tempat ke tempat lainnya. 

Pada Tower fan terdapat wadah silinder yang berfungsi sebagai pemegang motor dan bilah kipas. Motor listrik yang terpasang selain untuk memutar kipas selain itu berfungsi untuk menggerakan wadah silinder tersebut 90 derajat baik di kiri maupun kanan.

Bilah atau impller pada tower fan secara khusus dibuat sedemikian rupa sehingga dapat memindahkan udara dari wadah silinder dengan lebih cepat. Jenis bilah ini juga membantu mendorong udara ke arah atas dan ke bawah. Konsumsi daya pada Tower fan mengkonsumsi daya 50-60 watt tergantung pada model dan merek produk.

Kelebihan Tower Fan

1. Bentuk yang ramping dan ringkas.
2. Tingkat kebisingan sangat rendah.
3. Bilah berada di bawah kisi-kisi sehingga lebih aman.

Kekurangan Tower Fan

1. Sulit dibersihkan, harus membongkar gril depan kipas jika ingin membersihkan.
2. Material body kipas yang terbuat dari plastik sehingga rawan mengalami kerusakan.
3. Kurang kuat daripada kipas alas (pedestal fan).

Aplikasi dan kegunaan tower fan

Tower fan ideal untuk kamar tidur dan ruang tamu karena hembusan yang dihasilkan kipas dapat bergerak pada sekeliling ruang. Selain itu, kipas jenis ini dapat digunakan untuk dapur dan tempat gym pribadi.



3. Kipas Pedestal (Pedestal Fan)

Kipas Pedestal (Pedestal Fan)
Kipas Pedestal (Pedestal Fan)
Kipas pedestal memiliki fungsi yang serupa dengan kipas menara. Bila ditinjau dari segi estetika Kipas Pedestal tidak terlihat menarik seperti kipas menara. Namun kipas jenis ini cukup kuat jika dibandingkan dengan kipas menara.

Badan kipas alas memiliki dudukan yang dapat disesuaikan ketinggiannya dan didukung oleh alas yang kuat dan ketinggian kipas alas yang dapat disesuaikan. Kipas alas dapat bergerak atau berosilasi seperti kipas menara sehingga dapat menjangkau area yang lebih luas. Daya rata-rata yang dibutuhkan kipas Pedestal adalah 50-55 watt.

Kelebihan Kipas Pedestal

1. Kipas Pedestal sangat mudah dibersihkan.
2. Dapat bergerak atau berosilasi hingga 180 derajat, sehingga jangkauan sirkulasi udara luas.
3. Kipas Pedestal mudah dipindahkan (portabel) dan tahan lama.

Kekurangan Kipas Pedestal (Pedestal Fan)

1. Butuh ruang besar untuk menempatkannya.
2. Kurang aman untuk anak-anak, karena terdapat celah yang besar pada penutup kipas.
3. Menghasilkan kebsingan yang cukup menggangu pada kecepatan tinggi

Aplikasi dan Kegunaan Pedestal Fan

Kipas Pedestal cocok digunakan untuk untuk kamar tidur atau ruang tamu, tetapi kebisingan yang dihasilkan cukup mengganggu ketika tidur atau bekerja. Selain itu Kipas Pedestal dapat digunakan di luar rumah seperti.



4. Kipas Jendela (Window Fan)

Kipas Jendela (Window Fan)
Kipas Jendela (Window Fan)
Kipas Kipas Jendela (Window Fan) adalah kipas yang digunakan untuk mendinginkan atau mensirkulasikan udara pada ruangan dengan mengalirkan udara luar ke dalam ruangan atau membuang udara dari ruangan ke udara luar. Sebagian besar kipas jendela memiliki satu kipas besar atau dua kipas berdampingan. Kipas jendela biasanya mengkonsumsi daya rata-rata 40-45 watt pada kecepatan tinggi.

Kelebihan Kipas Jendela (Window Fan)

1. Kipas jendela dapat mensirkulasikan udara pada ruangan sehingga udara lebih segar.
2. Tidak membutuhkan ruang tambahan untuk penempatannya.
3. Kipas jendela aman digunakan.
4. Kipas jendela cukup mudah dibersihkan
5. Dapat menyejukan ruangan dengan efisien.

Kekurangan Kipas Jendela (Window Fan)

1. Pemasangan kipas jendela yang cukup sulit.
2. Seringkali menghisap debu dan kotoran dari luar pada beberapa kipas jendela yang tidak dilengkapi filter.

Aplikasi dan Kegunaan Kipas Jendela (Window Fan)

Kipas Jendela sangat cocok digunakan di kamar tidur, ruang makan, atau pada ruang tamu sebagai kipas sekunder. Selain itu, kipas jendela dapat digunakan sebagai exhaust fan untuk kamar mandi, dapur atau ruang penyimpanan.



5. Bladeless Fan

Bladeless Fan
Bladeless Fan
Bladeless Fan merupakan inovasi dari perusahaan Jepang Toshiba yang pertama kali memperkenalkan konsep kipas bladeless atau kipas tanpa baling-baling, tetapi Sir James Dyson Berhasil mengembangkan kipas bladeless yang lebih mutakhir yaitu Dyson Air Multiplier. Kipas ini memiliki prinsip kerja seperti penyedot debu dan menggunakan motor dc brushless. Tidak ada mata pisau yang tidak terlihat tersedia dalam kipas tanpa cacat.

Bladeless fan menghisap udara di sekitarnya melalui rangka kipas dan dengan mekanisme yang bekerja pada rangka silinder kipas menghasilkan udara dengan kekuatan 15 hingga 18 kali dari sebelumnya. Kipas jenis ini tidak bersuara dan 100 persen aman digunakan untuk anak-anak. Konsumsi daya bladeless fan hampir mirip dengan kipas menara yaitu berkisar antara 50-60 watt .

Kelebihan Kipas Bladeless (Bladeless Fan)

1. Sangat cocok digunakan untuk rumah modern, karena tampilannya yang menarik.
2. Kebisingan yang rendah.
3. Cukup mudah untuk dibersihkan dan tidak perlu dibongkar.
4. Sangat aman digunakan karena tidak ada blade atau baling-baling yang terlihat.

Kekurangan Kipas Bladeless (Bladeless Fan)

1. Harganya cukup mahal.
2. Hembusan angin yang dihasilkan lebih rendah daripada kipas pedestal atau kipas tower.


Aplikasi dan kegunaan Kipas Bladeless (Bladeless Fan)

Kipas Bladeless cocok digunakan untuk kamar tidur dan ruang depan. Selain itu mungkin menjadi pilihan yang baik digunakan pada kantor karena menghasilkan suara yang sangat rendah.




6. Kipas Meja (Desk Fan)

Kipas Meja (Desk Fan)
Kipas Meja (Desk Fan)
Kipas meja memiliki bentuk yag ramping dan kipas yang lebih kecil sehingga jangkauan hembusan udara yang dihasilkan rendah. Oleh karena itu jenis kipas ini hanya cocok digunakan untuk perorangan, terutama digunakan di meja kerja atau meja kamar tidur. Konsumsi daya berkisar antara 80-85 watt pada kecepatan tinggi.

Kelebihan Kipas Meja (Desk Fan)

1. Sangat ringan dan mudah dibawa.
2. Harga relatif lebih rendah.
3. Mudah untuk dibersihkan.

Kekurangan Kipas Meja (Desk Fan)

1. Tingkat kebisingan yang tinggi
2. Tidak aman digunakan anak-anak.

Aplikasi dan Kegunaan Kipas Meja (Desk Fan)

Kipas Meja dapat digunakan pada kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, teras, meja kantor, atau meja baca. Tidak hanya itu, Kipas Meja juga sangat cocok digunakan pada meja rias dan dapur.







Referensi :
https://www.topcoolingfan.com/

0 Response to "Jenis-Jenis Kipas Angin Untuk Rumah atau Kantor dan Fungsinya"

Post a comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel