Standar Ukuran Kertas

Saat ini kertas merupakan hal tidak dapat dilepaskan dalam berbagai macam aspek seperti media cetak, gambar, informasi dan lain sebagainya. Terdapat berbagai macam jenis dan ukuran kertas gambar yang digunakan sesuai dengan fungsi dan kegunaannya, namun kita mungkin hanya familiar dengan ukuran kertas A4 atau legal yang memang banyak digunakan untuk keperluan penulisan dokumen, surat menyurat atau lain sebagainya.

Standar ukuran kertas
Standar ukuran kertas
Secara umum terdapat dua jenis standar ukura kertas yaitu standar iso (Seri A,B, C, F dan R) dan standar ukuran kertas Amerika. Jenis kertas tersebut tentunya digunakan untuk keperluan tertentu misalnya penggunaan kertas A4 dan legal yang digunakan untuk dokumen dan surat atau kertas A3 yang digunakan untuk poster. Berikut ini merupakan jenis-jenis ukuran standar kertas.

Ukuran Kertas Standar ISO

1. Ukuran Kertas ISO seri A

Ukuran kertas standar ISO seri A terdiri dari beberapa jenis ukuran kertas yang ditentukan berdasarkan standar ISO 216. Ukuran terbesar pada kertas seri A memiliki ukuran terbesar (A0) dengan ukuran luas kertas satu meter persegi. Rasio panjang dan lebar kertas tetap konstan yaitu (1 : 1.41) untuk semua ukuran. Dengan perbandingan skala tersebut, maka ukuran kertas A1 ddapat terbentuk dengan melipat kertas A0 menjadi dua di sepanjang sisi terpendeknya. Kemudian dengan melipat kertas ukuran A1 menjadi dua untuk mendapatkan kertas ukuran A2, hingga seterusnya sampai ukuran terkecil A8. Standar ukuran kertas A umumnya banyak digunakan untuk ukuran pada pencetakan komersial, misalnya kertas A4 untuk dokumen kantor, kertas A5 untuk catatan dan kertas A6 untuk kartu pos.
Standar ukuran kertas seri A
Standar ukuran kertas seri A

2. Ukuran Kertas ISO seri B

Dengan menggunakan aturan yang sama dari ukuran kertas seri A dimana kertas seri B1 dapat dibentuk dengan melipat kertas B0 dan seterusnya. Pada kertas seri B di sini titik awalnya merupakan dimensi salah satu sisi, yang dimulai pada 1 meter pada ukuran kertas B0. Ukuran kertas seri B umumnya sering digunakan untuk menccetak poster.
Standar ukuran kertas seri B
Standar ukuran kertas seri B

3. Ukuran Kertas ISO seri C

Ukuran kertas seri C digunakan khusus untuk amplop, map dan kartu pos.
Standar ukuran kertas seri C
Standar ukuran kertas seri C


4. Ukuran Kertas ISO seri D

Ukuran kertas seri D merupakan ukuran kertas yang tidak secara spesifik digunakan untuk keperluan tertentu, namun terdapat di dalam standar ISO ukuran kertas.
Standar ukuran kertas seri D
Standar ukuran kertas seri D



Ukuran Kertas Standar Amerika

Amerika serikat dan Kanada tidak menggunakan ukuran kertas standar internasional (ISO) tetapi menggunakan ukuran kertas tertentu seperti letter, legal dan lainnya. Namun tidak memiliki aspek rasio yang konsisten seperti ukuran kertas seri A pada standar ISO.
Ukuran Kertas Standar Amerika
Ukuran Kertas Standar Amerika


Ukuran Kertas Standar Inggris (kertas tulis)

Ukuran Kertas Standar Inggris (kertas tulis)
Ukuran Kertas Standar Inggris (kertas tulis)

Ukuran Kertas Standar UK Metric (Printing)

Ukuran kertas standar UK Metric
Ukuran kertas standar UK Metric


0 Response to "Standar Ukuran Kertas"

Post a comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel