Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Mengenal Perbedaan Format File Doc dan Docx Pada Microsoft Word

Perbedaan format doc dan docx
Perbedaan format doc dan docx

Microsoft word merupakan salah satu aplikasi yang umumnya teristal pada sebagian besar pengguna PC atau Laptop. Microsoft word adalah apikasi yang digunakan secara luas untuk berbagai macam keperluan seperti menulis, membuat laporan, membuat dokumen dan berbagai macam keperluan pengolahan kata lainnya.

Jika kalian menggunakan aplikasi Microsoft Word, pasti sebagian besar dari kalian pasti tahu format file yang digunakan dalam microsoft word yaitu DOC dan DOCX. Namun pasti cukup banyak orang yang dibingungkan, mengapa terdapat format berbeda dalam file microsoft word. Untuk menjawab keingin tahuan tersebut simak penjelasan berikut ini.

Format file DOC adalah satu-satunya format file untuk aplikasi Microsoft Office sampai perusahaan meluncurkan versi Microsoft office Word 2003. Sedangkan untuk Format DOCX baru diperkenalkan dengan peluncuran Microsoft office Word 2007 dan masih digunakan dalam format file hingga saat ini. Huruf X dalam DOCX adalah singkatan dari istiah standar XML.


Sejarah dan Perkembangan Microsoft Word Document format DOC dan DOCX

Microsoft Office Word Document (DOC)

Microsoft offce Word sudah menggunakan format file DOC lebih dari 30 tahun yang lalu, dimana format DOC tersebut sudah digunakan ketika microsoft merilis versi Word pertamanya untuk MS-DOS. Pada versi awa tersebut Format file DOC adalah format file dokumen milik Microsoft dan hanya didukung oleh aplikasi Microsoft Word.

Pada tahun 1990-an hingga awal tahun 2000-an, terdapat beberapa aplikasi pengolahan kata lainnya yang dapat bekerja dengan file DOC meskipun sebagian besar format tidak dapat didukung di jenis pengolah kata lainnya.

Pada tahun 2008, Microsoft merilis versi terbaru dari format DOC yang dapat digunakan di program lain dengan beberapa batasan fungsional.


Microsoft Office Word Document Open XML (DOCX)

Pada awal tahun 2000-an, Microsoft menghadapi kompetisi dan persaingan dengan Open Office, yang merupakan rangkaian aplikasi gratis dan sumber terbuka dengan versi format pengolah kata sendiri yang dikenal sebagai Open Document Format (ODF).

Kompetisi tersebut membuat Microsoft berinovasi dan mengembangkan standar format dokumen terbuka yang lebih luas, sehingga melahirkan format file DOCX untuk format file Microsoft Word bersamaan dengan dikeuarkannya format apliasi microsoft offica lainnya seperti PPTX untuk PowerPoint dan XLSX untuk Excel.

Dalam format DOCX, Standar baru hadir dengan nama Office Open XML dan didasarkan pada Extensible Markup Language, bukan format berbasis biner yang lebih lama dan terbatas. Bahasa baru pada DOCX hadir dengan lebih banyak kelebihan seperti ukuran file yang jauh lebih kecil, lebih sedikit kemungkinan file rusak, dan gambar terkompresi yang terlihat lebih baik.


Apa Perbedaan Antara Format File DOC dan DOCX ?

Perbedaan utama antara kedua format file tersebut adalah pada format DOC dokumen tersimpan dalam file biner yang menyertakan semua pemformatan terkait dan data-data yang berkaitan lainnya, sedangkan pada file DOCX sebenarnya adalah file zip dengan semua file XML yang terkait dengan dokumen tersebut. Sehingga kaian dapat mengganti ekstensi DOCX dari file tersebut dengan .ZIP dan tetap membuka dokumen dengan perangkat lunak kompresi zip apa pun.

Selain itu, terdapat beberapa informasi dan perbedaan antara file DOC dan DOCX, yaitu :

1. DOC adalah ekstensi default format dari Microsoft Word versi 2003 sedangkan DOCX adalah ekstensi default format dari Microsoft Word versi 2007 ke atas.

2. File DOCX tidak dapat dibuka pada Microsoft Word 2003 dan yang lebih lama tanpa paket kompatibilitas.

3. DOC adalah format biner sedangkan DOCX didasarkan pada XML

4. DOCX adalah standar terbuka sedangkan DOC adalah hak milik. Sehingga dalam format DOCX dapat dengan mudah dilakukan perbaikan dan edit dokumen dalam prangkat yang berbeda.

5. DOCX memungkinkan untuk dapat bekerja dengan fitur-fitur baru Microsoft word, sedangkan DOC tidak bisa


Jadi, Manakah format yang Lebih Baik apakah DOC atau DOCX ?

DOCX jelas merupakan pilihan format file Microsoft word yang lebih baik dan direkomendasikan dibandingkan dengan format DOC. Format DOCX yang lebih baru membuat file lebih kecil, lebih ringan, dan lebih mudah untuk dibuka, dibaca, dan ditransfer. Selain itu memperbaiki file DOCX yang rusak juga lebih mudah.

Satu-satunya kelebihan pada format file DOC adalah karena memungkinkan untuk membuka dan bekerja dengan file yang sudah berumur lebih dari sepuluh tahun. namun saat ini format DOC sudah kompatibel dengan banyak aplikasi pengolah kata yang ketinggalan jaman. Namun, pilihan terbaik saat ini bagi pengguna Microsoft Word adalah format file DOCX.


Cara Mengubah Format DOC Menjadi DOCX

Untuk mengubah format file DOC menjadi DOCX sebenarnya sangat simple dan tidak membutuhkan waktu lama. Berikut ini merupakan langkah-langkah mengubah format tersebut.

1. Buka file dokumen word yang akan diubah dari DOC menjadi DOCX

2. Buka menu File > Save As

3. Kemudian dalam kolom Save as type pilih Word Document

4. kemudian klik Save

5. File sudah berubah format menjadi DOCX




Referensi :

https://www.folderit.com/

https://www.extendoffice.com/

Post a Comment for "Mengenal Perbedaan Format File Doc dan Docx Pada Microsoft Word"