Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Aplikasi dan Contoh Penggunaan Panel Surya

Dengan kebutuhan akan energi yang terus meningkat, namun ketersediaan bahan bakar fosil yang terus berkurang akibat eksploitasi secara besar-besaran. Sehingga peralihan dari sumber energi fosil menuju sumber energi baru dan terbarukan harus dilakukan untuk mengurangi ketergantungan akan energi fosil atau bahakan dapat menggantikan penggunaan energi konvensional menjadi energi terbarukan dan ramah lingkungan sepenuhnya.

Cukup banyak potensi energi yang dapat dimanfaatkan dengan potensi energi yang sangat melimpah dan diharapkan dapat menggantikan penggunaan energi konvensional. Salah satu potensi energi terbesar yang diperoleh secara alami yaitu penggunaan energi matahari. Saat siang hari permukaan bumi menerima energi yang dipancarkan oleh matahari dengan potensi yang sangat besar, sehingga sangat disayangkan apabila sumber energi tersebut tidak dimanfaatkan secara optimal sebagai alternatif penopang kebutuhan energi di masa depan.

Pemanfaatan energi matahari atau energi surya semakin berkembang pesat seiring dengan mulai tumbuhnya kesadaran masyarakat dan pemangku kebijakan akan pentingnya memulai penggunaan energi terbarukan demi keberlangusngan energi di masa depan. Salah satu pemanfaatan energi surya yang cukup banyak digunakan yaitu menggunakan teknologi sel surya (Solar Cell). Teknologi sel surya tersebut memanfaatkan pancaran sinar matahari (Foton) yang meluruhkan elektron bebas pada material semikonduktor (umumnya menggunakan Silicon) untuk menghasilkan arus listrik yang kemudian disalurkan pada logam konduktor untk selanjutnya energi tersebut dapat dimanfaatkan.

Rangkaian sel surya disusun sedemikian rupa membentuk sebuah rangkaian panel surya. Semakin banyak panel surya yang digunakan akan menghasilkan jumlah energi listrik yang semakin besar. Output atau keluaran pada panel surya berupa arus searah (DC) oleh karena itu untuk penggunaan perangkat dengan tegangan bolak-balik (AC) membutuhkan perangkat tambahan berupa inverter.

Atap Panel Surya
Atap Panel Surya

Salah satu kelebihan penggunaan panel surya yaitu memungkinkan mobilitas yang baik dan terdesentralisasi pada daerah-daerah tertentu sehingga penggunaan panel suray dapat dimanfaatkan pada lokasi yang sulit dijangkau oleh aliran listrik dari sumber pembangkit. Dengan kelebihan tersebut, Saat ini penggunaan panel surya sudah cukup banyak digunakan dalam berbagai macam aplikasi dan bidang. Baik dalam skala yang kecil maupun dalam skala pemanfaatan yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan energi. Berikut ini merupakan beberapa contoh aplikasi dan penggunaan panel surya sebagai sumber energi alternatif dan terbarukan.

1. Pemanfaatan Panel surya dalam skala Rumah Tangga

Pengunaan panel surya cukup banyak digunakan pada skala rumah tangga dan perkantoran untuk memasok kebutuhan listrik, rangkaian panel surya ditempatkan pada bagian atap rumah atau gedung yang terbuka agar sel surya dapat terkena cahaya matahari secara langsung. Umunya listrik yang dihasilkan oleh panel surya disimpan dalam sebuah baterai agar dapat digunakan ketika malam hari.


2. Pemanfaatan Panel surya dalam Pembangkit Listrik Skala Komersial

Pemanfaatan energi surya dapat dimanfaatkan secara masif untuk keperluan komersial dalam rangka pemenuhan kebutuhan energi listrik. Dalam pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) secara komersial menggunakan rangkaian panel surya yang besar mencakup luasan area tertentu. Selain itu pemilihan tempat dan lokasi pembangkit listrik harus berada pada wilayah dengan pancaran matahari yang tinggi sepanjang musim agar pemanfaatannya dapat lebih optimal dan efektif.


3. Pemanfaatan Panel surya dalam Bidang Pertanian

Dalam bidang pertanian, sistem panel surya digunakan sebagai sumber energi utama untuk menggerakan pompa air dalam proses penyiraman tanaman di ladang atau perkebunan.


4. Pemanfaatan Panel surya dalam Penerangan Jalan

Panel surya saat ini cukup banyak digunakan dalam sistem penerangan jalan sebagai sumber energi untuk menyalakan lampu. Pada siang hari energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya akan disimpan untuk selanjutnya digunakan pada malam hari sebagai penerangan jalan.


5. Pemanfaatan Panel Surya Pada Daerah Terpencil

Pada derah atau wilayah yang sulit dijangkau oleh aliran listrik pembangkit, salah satu alternatif energi yang sering digunakan yaitu menggunakan panel surya untuk menghasilkan energi listrik untuk memenuhi kebutuhan energi pada wilayah tersebut.


6. Penggunaan Panel Surya Sebagai Perangkat Pendukung

Dalam beberapa alat tertentu menggunakan panel surya sebagai alat pendukung yang menjadi satu atau terpasang pada alat sebagai sumber energi utama. Misalnya Pada beberapa pemanas air yang terdapat pada rumah, hotel atau gedung menggunakan panel surya yang terpasang satu paket dengan perangkat pemanas air tersebut, sebagai suplai energi listrik untuk memanaskan air. Selain itu pada beberapa mobil hybrid menggunakan panel surya sebagai salah satu sumber energi pendukung penggerak mobil yang terpasang pada body bagian luar mobil. 


Itulah beberapa contoh aplikasi dan penggunaan panel surya yang umum digunakan sebagai bentuk pemanfaatan energi surya sebagai sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan.





Referensi :

[1] https://economictimes.indiatimes.com/

Post a Comment for "Aplikasi dan Contoh Penggunaan Panel Surya"