Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Fungsi dan Kegunaan Anchor Bolt (Baut Angkur) Pada Pondasi

Seringkali kita melihat atau mengamati terdapat baut yang tertanam pada pondasi atau bahkan sebuah kolom dan struktur yang disambungkan pada beberapa baut yang tertanam pada beton. Baut-baut yang terpasang pada struktur tersebut dikenal dengan anchor bolt atau baut angkur. Jadi, apa fungsi dan kegunaan baut angkur tersebut ? berikut penjelasannya.

Fungsi dan Kegunaan Anchor Bolt (Baut Angkur) Pada Pondasi


Pengertian Anchor Bolt

Anchor bolt adalah jenis pengikat yang dirancang untuk menghubungkan elemen struktur dengan fondasi atau beton. Anchor bolt atau baut angkur merupakan logam berulir panjang dengan bentuk bulat seperti baut pada umumnya dengan beberapa variasi ukuran dan bentuk tertentu sesuai dengan jenisnya. Umumnya anchor bolt dibuat menggunakan material baja dengan tingkat kekuatan dan kekerasan yang tinggi karena beban kerja yang tinggi.


Fungsi dan Penggunaan Anchor Bolt

Penggunaan anchor bolt sebagian besar digunakan dalam bidang konstruksi yang memungkinkan kontak antara struktur pada konstruksi dengan permukaan beton atau pondasi. Tujuan dan fungsi utama penggunaan Anchor bolt yaitu untuk memposisikan struktur atau kolom pada tempat yang tepat dan menjaganya tetap stabil. Selain itu anchor bolt berfungsi untuk memindahkan beban lateral pada struktur dan gaya angkat (uplift load) dari kolom menuju ke pondasi.

Anchor bolt memiliki kapasitas yang terbatas untuk menopang gaya geser, sehingga pada aplikasi beban dengan reaksi lateral yang sangat besar dapat menggunakan Shear Lugs untuk menopang gaya geser yang berlebih. minimal jumlah anchor bolt yang harus terpasang pada kolom bangunan logam, sesuai peraturan OSHA (Occupational Safety and Health Administration) untuk ereksi baja adalah empat buah.


Jenis Anchor Bolt Secara Umum

Secara umum terdapat dua jenis anchor bolt yaitu cast in place dan post installed. Untuk ancor bolt jenis cast in place memungkinkan  anchor bolt dipasang pada saat pengecoran beton sehingga dapat menyatu sempurna dengan beton. Namun pada beberapa kondisi seringkali lokasi anchor bolt dapat bergeser saat dilakuakn pengecoran beton, atau ketika anchor bolt dipasang setelah pondasi atau beton sudah tersedia maka dapat menggunakan jenis post installed anchor.




Referensi :

https://www.metalconstructionnews.com/
https://www.bhamfast.com/
https://www.quora.com/
https://availablemachinery.com/
https://monroeengineering.com/

Post a Comment for "Fungsi dan Kegunaan Anchor Bolt (Baut Angkur) Pada Pondasi"