Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Klasifikasi dan Jenis Kikir Pada Perkakas Kerja Bangku

Proses kerja bangku adalah proses manufaktur yang dilakukan oleh tenaga manusia. Perdapat beberapa proses kerja bangku, salah satunya yaitu Proses Pengikiran. Pengikiran adalah proses pengikisan pada permukaan benda kerja dengan menggesekan antara permukaan kikir dengan permukaan benda kerja untuk beberapa tujuan seperti menghaluskan permukaan, meratakan, membentuk atau mengurangi volume benda kerja. 

Proses pengikiran benda kerja menggunakan alat bantu berupa kikir, dimana kikir terdiri dari sebuah batang besi dengan profil permukaan yang kasar agar dapat mengikis permukaan benda kerja ketika digesekan. Terdapat berbagai macam jenis kikir dengan karakteristik yang menyesuaikan dengan bentuk benda kerja, bahan dan hasil akhir yang diinginkan.

Jenis kikir dapat diklasifikasikan menjadi tiga kelompok yaitu berdasarkan bentuk batang kikir, kekasaran permukaan profil gigi dan bentuk profil gigi kikir.


Jenis Kikir Berdasarkan Bentuknya

Berikut ini merupakan jenis-jenis kikir berdasarkan bentuk batang kikir.

1. Kikir datar

Kikir Datar
Kikir Datar

Kikir datar memiliki bentuk penampang persegi panjang dengan permukaan batang kikir yang datar. Kikir datar digunakan untuk mengikir benda kerja dengan permukaan yang rata.

2. Kikir Persegi

Kikir Persegi
Kikir Persegi

Kikir persegi memiliki bentuk penampang berupa bujur sangkar atau persegi. Kikir persegi digunakan untuk mengikir alur berbentuk persegi atau sisi benda kerja dengan sudut 90 derajat.

3. Kikir Bulat

Kikir Bulat
Kikir Bulat

Kikir bulat memiliki bentuk penampang bulat dengan bagian ujung yang sedikit meruncing. Kikir bulat digunakan untuk mengikir permukaan melengkung, membentuk fillet dan mengikir lubang.

4. Kikir Segitiga

Kikir Segitiga

Kikir segitiga memiliki bentuk penampang segitiga dengan masing-masing sudut sebesar 60 derajat. Kikir segitiga digunakan untuk mengikir permukaan benda kerja yang menyempit dengan sudut kurang dari 90 derajat. 

5. Kikir Setengah Bulat

Kikir Setengah Bulat
Kikir Setengah Bulat

Kikir Setengah Bulat memiliki bentuk penampang berupa setengah lingkaran dengan sisi lain berbentuk datar. Kikir setengah bulat digunakan untuk mengikir permukaan yang melengkung atau lubang dengan ukuran diamater yang lebih besar yang sulit jika dikerjakan dengan kikir bulat. 

6. Kikir Ujung Pisau (Knife Edge)

Kikir Ujung Pisau
Kikir Ujung Pisau

Kikir Ujung Pisau memiliki bentuk batang kikir melengkung seperti pisau. Jenis kikir ini digunakan untuk mengikir alur dan slot yang sempit serta sudut yang kurang dari 60 derajat.


Jenis Kikir Berdasarkan Bentuk Profil Gigi

Berikut ini merupakan jenis-jenis kikir berdasarkan bentuk atau pola pada profil gigi kikir.

1. Kikir Potongan Tunggal (Single Cut)

Kikir Potongan Tunggal (Single Cut)
Kikir Potongan Tunggal (Single Cut)

Kikir Potongan Tunggal memiliki bentuk gigi potong berupa garis paralel diagonal dalam satu arah. Kikir jenis ini digunakan pad logam yang keras dan proses finishing.

2. Kikir Potongan Ganda (Double Cut)

Kikir Potongan Ganda (Double Cut)
Kikir Potongan Ganda (Double Cut)

Kikir potong ganda memiliki bentuk gigi potong berupa dua baris gigi yang tersusun bersilangan secara diagonal membentuk sudut 40-45 derjaat dan pada baris lainnya emmbentuk sudut 70-80 derajat. Kikir dengan ebtuk gigi ganda dapat digunakan untuk memotong logam dengan cepat.

3. Kikir Potongan Melengkung (Curved Cut)

Kikir Potongan Melengkung (Curved Cut)
Kikir Potongan Melengkung (Curved Cut)

Kikir Potongan Melengkung memiliki bentuk gigi potong melengkung yang saling sejajar sepanjang batang kikir. Kikir jenis ini digunakan untuk pengerjaan beberapa logam lunak seperti tembaga, aluminium dan kuningan.


4. Kikir Potongan Parut (Rasp Cut)

Kikir Potongan Parut (Rasp Cut)
Kikir Potongan Parut (Rasp Cut)

Kikir potong segitiga memiliki bentuk gigi potong tajam dan meruncing dalam satu garis. Kikir jenis ini digunakan untuk pengerjaan logam lunak, kayu, kulit dan bahan lunak lainnya.


Jenis Kikir Berdasarkan Kekasaran Permukaannya

jenis kikir dapat dibedakan berdasarkan kekasaran pemotongan kikir, dimana tingkat kekasaran pada kikir menentukan hasil akhir permukaan benda yang dikerjakan. Berikut ini merupakan jenis kikir berdasarkan tingkat kekasarannya.

1. Kikir Kasar (Rough Cut)

Kikir kasar memiliki ukuran yang lebih besar dengan jumlah gigi yang lebih sedikit. Kikir kasar hanya digunakan untuk memotong bahan atau logam yang lunak dengan cepat karena pemotongannya yang kasar sehingga tidak dapat digunakan pada logam yang keras.

2. Kikir Setengah Kasar (Second-Cut)

Kikir Setengah Kasar digunakan untuk pengkirian pada logam dan banyak digunakan untuk pengikiran logam keras.

3. Kikir Halus (Smooth Cut)

Kikir halus digunakan untuk mengikir permukaan bedan dalam jumlah kecil dan menghasilkan permukaan yang lebih halus pada benda kerja.



Referensi :
https://marinerspoint.in/
https://www.engineeringchoice.com/
https://testbook.com/

Post a Comment for "Klasifikasi dan Jenis Kikir Pada Perkakas Kerja Bangku"