Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Heat Affected Zone (HAZ) Pada Pengelasan Logam

Dalam proses pengerjaan logam yang berhubungan dengan panas seperti pengelasan, pemotongan dan beberapa pengerjaan lain yang menggunakan panas dapat menyebabkan terjadinya HAZ (Heat Affected Zone). Pengaruh atau efek HAZ dalam pengelasan khususnya sangat dipertimbangkan karena berpengaruh terhadap sifat logam dan kualitas akhir produk, oleh karena itu perlunya memahami beberapa aspek yang berkaitan dengan HAZ dalam pengelasan.

Jadi, apa yang dimaksud dengan Heat Affected Zone (HAZ) ?

Heat Affected Zone Pada Pengelasan
Heat Affected Zone Pada Pengelasan

Untuk lebih mengenal dan memahami lebih dalam tentang Heat Affected Zone (HAZ). Berikut akat dijelaskan beberapa point tentang HAZ yang meliputi pengertian HAZ, Penyebab HAZ, Pengaruh HAZ, dan Cara mengurangi Dampak HAZ.


Pengertian Heat Affected Zone

Heat Affected Zone (HAZ) adalah area pada logam yang mengalami perubahan sifat yang disebabkan oleh paparan panas dengan temperatur yang sangat tinggi selama proses pengelasan. Area HAZ pada pengelasan terletak diantara area pengelasan dan area logam induk yang tidak terpapar panas.

Selama proses pengelasan, logam akan menyerap dan menyalurkan panas pada area disekitar logam yang sedang dilakukan pengelasan. Akibat pengaruh panas tersebut akan terbentuk sebuah zona atau area yang berada diantara logam cair (logam pengelasan) dan logam dasar. Pada area tersebut, logam tidak meleleh tetapi akibat paparan panas pada logam menyebabkan terjadinya perubahan sifat dan struktur mikro logam. Perubahan sifat dan struktur tersebut dapat mengurangi kekuatan pada logam dimana area terlemah dari suatu pengelasan berada pada area yang terpengaruh oleh panas atau HAZ.

HAZ Pada Pengelasan Logam
HAZ Pada Pengelasan Logam

Area HAZ yang dihasilkan dalam proses pengelasan dapat bervariasi dengan tingkat dan area yang terpengaruh tergantung pada sifat logam, intensitas panas, konsentrasi panas dan proses pengelasan yang digunakan.


Penyebab Heat Affected Zone (HAZ) Pada Pengelasan

HAZ yang dihasilkan pada logam pada dasarnya disebabkan oleh tingkat paparan panas yang diterima oleh logam. Namun, terdapat beberapa faktor dan penyebab yang dapat mempengaruhi ukuran serta tingkat area HAZ yang dihasilkan. Berikut ini merupakan beberapa faktor penyebab HAZ pada logam hasil pengelasan. 

1. Tingkat Paparan Panas yang Diterima
Jumlah panas yang digunakan selama pengelasan pada logam akan mencapai atau melebihi titik leleh logam tersebut, kemudian proses pendinginan dapat menyebabkan perubahan mikrostruktur pada logam.

2. Difusivitas Termal Logam
Selain pengaruh paparan panas pada logam, faktor lain yang mempengaruhi ukuran HAZ yaitu difusivitas termal pada logam. Tingkat difusivitas termal pada logam dipengaruhi oleh konduktivitas termal, densitas dan panas spesifik logam. Logam dengan difusivitas termal yang tinggi akan menyerap dan menyalurkan panas lebih cepat serta proses pendinginan yang berlangsung lebih cepat sehingga meminimalisir ukuran HAZ. Sebaliknya pada logam dengan difusivitas yang rendah akan menghasilkan area HAZ yang lebih tinggi akibat penyaluran panas dan laju pendinginan yang lebih lambat.

3. Laju Pendinginan
Laju pendinginan yang lambat akan meningkatkan ukuran area HAZ pada logam.

4. Kecepatan Pengelasan
Kecepatan pengelasan berpengaruh terhadap HAZ yang dihasilkan, semakin cepat pengelasan dilakukan akan mengurangi area HAZ yang dihasilkan.

5. Bentuk Geometri Pengelasan
Bentuk geometri logam yang dilakukan pengelasan berpengaruh terhadap HAZ yang dihasilkan. Pada beberapa geometri pengelasan menghambat laju pendinginan logam, dimana hal tersebut dengan peningkatan area HAZ yang dihasilkan.


Dampak dan Pengaruh Heat Affected Zone (HAZ) Pada Pengelasan

Heat Affected Zone atau HAZ pada hasil pengelasan logam menyebabkan dampak yang merugikan pada sifat dan mikrostruktur logam khususnya pada area yang terpengaruh oleh panas. Berikut ini beberapa dampak dan pengaruh akibat Heat Affected Zone (HAZ) pada logam.

1. Mengurangi kekuatan logam

2. Tegangan sisa pad area HAZ

3. Mengurangi ketangguhan logam

4. Mengurangi ketahanan korosi

5. Penggetasan Hidrogen (Hydrogen Embrittlement)

6. Retak permukaan logam

7. Perubahan fasa oksidasi

8. Distorsi pada logam

Selain beberapa dampak dan pengaruh HAZ pada logam yang sudah disebutkan diatas, terdapat beberapa dampak lain yang dapat terjadi yang dipengaruhi oleh sifat material dan jenis pengelasan yang digunakan.


Cara Mengurangi Dampak Heat Affected Zone (HAZ)

Pengaruh efek HAZ pada logam hasil pengelasan memberikan beberapa pengaruh yang cukup merugikan terhadap logam khususnya pada area yang terpapar panas selama proses pengelasan. Dalam proses pengelasan sangat sulit untuk terhindar dari pengaruh HAZ, oleh karena itu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan meminimalisir dan mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh HAZ. Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak HAZ pada logam.

1. Perlakuan Panas Pada Logam (Heat Treatment)

Perlakuan panas adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi HAZ area pada pengelasan. Perlakuan panas yang diterapkan pada logam dapat mengembalikan sebagian sifat atau kekuatan logam yang hilang akibat HAZ selama pengelasan. Perlakuan panas dapat diterapkan sebelum pengelasan (Pre-weld Heat Treatment) atau sesudah pengelasan (Post-weld Heat Treatment).

2. Mempercepat proses pengelasan

Selama operasi pengelasan area yang terpengaruh panas atau HAZ dipengaruhi oleh tingkat temperatur dan intensitas lamanya paparan panas pada logam. Dengan mempersingkat proses pengelasan maka diharapkan dapat mengurangi lamanya intensitas paparan panas dan meminimalisir HAZ yang dihasilkan. Perlu ditekankan bahwa mempercepat proses pengelasan yang dimaksud yaitu proses pengelasan yang sesuai standar yang dilakukan secara efektif dan efisien.

3. Proses finishing (machining, cutting & grinding) pada area HAZ

Salah satu cara unutk mengatasi area HAZ pada hasil pengelasan yaitu dengan menghilangkan area yang terpapar panas atau HAZ. Hal tersebut dapat dilakukan jika memungkinakn dengan tidak mempengaruhi aplikasi pengelasan. Proses finishing pada area HAZ dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu dengan proses machining, cutting atau grinding untuk mengeliminasi area logam yang menghasilkan HAZ. Hal tersebut dilakukan agar area HAZ tidak menyebar dan merusak permukaan logam lbih lanjut.




Referensi :
https://whatispiping.com/
https://fractory.com/
https://www.cwbgroup.org/
https://www.twi-global.com/
https://inspectioneering.com/
https://joiningtech.com/
https://cottermarketing.ie/

Post a Comment for "Heat Affected Zone (HAZ) Pada Pengelasan Logam"