Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Mengenal Perbedaan Painting dan Coating

Perbedaan Antara Painting & Coating

Pelapisan pada permukaan benda seringkali dilakukan untuk melindungi permukaan benda dari pengaruh lingkungan luar atau kontak fisik secara langsung dengan objek lain. Khususnya pada logam perlu diperhatikan untuk kemungkinan terjadinya korosi akibat pengaruh reaksi oksidasi dan pengaruh kondisi lingkungan sekitar yang mempengaruhi laju korosi pada permukaan logam.

Istilah painting atau coating merupakan istilah yang sudah tidak asing untuk melindungi permukaan benda dari pengaruh lingkungan atau untuk meningkatkan estetika. Namun istilah painting atau pengecatan lebih sering kita dengar dan gunakan. Jadi, apakah painting dan coating itu sama ?, untuk lebih memahami perbedaan antara painting dan coating berikut akan dijelaskan tentang definisi, perbedaan dan masing-masing aplikasi antara painting dan coating.


Painting

Painting adalah salah satu jenis pelapisan atau proses coating. Fungsi utama painting adalah untuk meningkatkan tampilan atau estetika pada permukaan benda yang diaplikasikan. Painting atau pengecatan dapat diaplikasikan pada berbagai permukaan dengan menggunakan berbeagai macam teknik aplikasi yang beragam. Meskipun pada beberapa jenis cat painting memiliki fitur perlindungan, namun secara fungsi dan tujuan utama painting yaitu menghasilkan permukaan objek yang terlihat lebih berwarna, tampak lebih bersih, atau meningkatkan nilai estetika daripada sebelum diaplikasikan painting.

Contoh Painting yaitu :

- Acrylic
- Waterborne Acrylic
- Varnish
- Oil-based paints


Coating

Coating adalah penerapan lapisan material pada substrat atau permukaan benda. Coating diaplikasikan untuk meningkatkan performa serta perlindungan terhadap korosi, goresan dan lain sebagainya. Proses coating menggunakan lapisan pelindung yang diaplikasikan diatas spermukaan benda untuk memberikan berbagai macam perlindungan. Karakteristik perlindungan akhir yang dihasilkan tergantung pada sistem pelapisan jenis coating yang diterpkan. Beberapa perlindungan yang dapat diperoleh pada penerapan coating yaitu ketahanan terhadap suhu, lingkungan, cuaca, goresan, dan korosi.

Contoh lapisan coating yaitu :

- Epoxy
- Inorganic Zinc Silicate
- Polyester
- Urethane
- Vinyl Ester
- Heat resistant Silicone


Perbedaan Painting dan Coating

Berdasarkan penjelasan diatas, painting dan coating merupakan dua istilah yang berbeda. Istilah coating mangacu kepada proses pelapisan permukaan suatu benda untuk meningkatkan ketahanan terhadap pengaruh lingkungan eksternal sehingga permukaan benda terlindung dengan baik. Sedangkan untuk proses painting merupakan proses pelapisan pada permukaan benda yang bertujuan untuk memberikan penampilan yang lebih menarik dan menambah estetika pada permukaan benda, meskipun pada beberapa produk cat menambahkan fitur tertentu untuk menjaga lapisan permukaan benda.



https://melezy.com/
https://onlinecoatings.org/
https://renovia.com/
https://www.properla.net/
https://practical.engineering/
https://www.quora.com/
https://www.stahl.com/

Post a Comment for "Mengenal Perbedaan Painting dan Coating"