Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Fungsi dan Kegunaan Oven Kawat Las Elektroda (Welding Electrode Ovens)

Pengelasan merupakan salah satu proses penyambung logam yang paling umum dan banyak digunakan dalam berbagai macam aplikasi. Beberapa pertimbangan pemilihan sambungan las karena kemampuan untuk menghasilkan sambungan yang kuat, berkualitas dan dapat digunakan pada berbagai macam kondisi. 

Terdapat banyak jenis proses pengelasan logam, namun jenis pengelasan yang paling banyak digunakan adalah proses pengelasan logam shielded metal arc welding process (SMAW). Proses ini menggunakan elektroda berlapis flux yang berfungsi memberikan gas pelindung selama proses pengelasan. Sedangkan proses Pengelasan atau peleburan logam terjadi melalui busur listrik elektroda pada logam induk. Namun lapisan flux pelindung elektoda tersebut sangat rentan terhadap penyerapan kelembaban yang terdapat di udara.

Menggunakan elektroda dengan lapisan flux yang lembab dapat mengurangi efektifitas selama proses pengelasan dan bahkan dapat menyebabkan cacat pengelasan pada beberapa kondisi. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan kondisi elektroda dengan benar sebelum dapat digunakan untuk pengelasan.

Untuk mengatasi kelembaban pada elektroda biasanya menggunakan alat berupa oven elektroda atau oven kawat las (Welding rod ovens). Oven elektroda dalam proses pengelasan merupakan salah satu alat penting untuk memastikan penyimpanan elektroda yang tepat sebelum digunakan untuk pengelasan. Berikut, pembahasan lebih lengkap seputar oven kawat las yang meliputi fungsi, kegunaan, kelebihan, jenis dan pertimbangan dalam menggunakan oven kawat las.


Fungsi dan Kegunaan Oven Kawat Las Elektroda (Welding Electrode Ovens)

Oven Kawat Las Elektroda

Oven Kawat Las Elektroda adalah alat yang digunakan untuk menyimpan dan mempertahankan kawat las elektroda pada suhu yang terkendali sehingga menjaga elektroda agar tidak terpengaruh oleh kelembaban udara di lingkungan sekitar. Oven kawat las elektroda biasanya menggunakan elemen pemanas untuk mempertahankan suhu dan pada beberapa jenis tertentu menggunakan sebuah fan atau kipas sebagai sirkulasi udara dan temperatur.

Fungsi utama dari pengguanaan oven kawat las adalah untuk menjaga elektroda tetap kering dan mencegah elektroda menyerap kelembaban dari udara sekita. Oven kawat las elektroda sangat berguna ketika digunakn pada kondisi lingkungan yang relatif lembab atau pada kondisi flux elektroda yang dirasa rentan terhadap penyerapan kelembaban udara.


Kelebihan dan Manfaat Menggunakan Oven Kawat Las (Welding Electrode Ovens)

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dan manfaat Menggunakan Oven Kawat Las dalam proses pengelasan diantaranya yaitu :

1. Meningkatkan efisiensi dan kinerja elektroda selama pengelasan

2. Mencegah cacat pada hasil pengelasan yang disebabkan oleh kelembaban elektroda

3. Menjaga kondisi elektroda dan meperpanjang masa penggunaan elektroda pengelasan

4. Mengurangi elektroda yang rusak karena cacat pada flux pembungkus elektroda akibat kerusakan.


Jenis-Jenis Oven Kawat Las

Terdapat beberapa jenis oven kawat las diantaranya yaitu :

1. Oven Kawat Las Portable

2. Oven Kawat Las Portable Bench-top

3. Oven Kawat Las Portable Floor-standing ovens

Portable ovens ideal digunakan untuk proses pengelasan on-site project, sedangkan untuk jenis oven kawat las jenis while bench-top dan floor-standing lebih cocok digunakan untuk pengelasan di workshop (welding shop).



Referensi :
https://www.sino-welding.com/
https://www.weldingandwelder.com/
https://www.electroweld.com.au/
https://www.red-d-arc.com/
https://www.gasarcindia.com/

Post a Comment for "Fungsi dan Kegunaan Oven Kawat Las Elektroda (Welding Electrode Ovens)"