Fakta Unik Seputar Burung

Burung merupakan  kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki bulu dan sayap, secara ilmiah burung digolongkan ke dalam kelas Aves. Jenis dan spesies burung begitu sangat beragam dan bervariasi, misalnya burung kolibri yang memiliki tubuh kecil mungil bahkan ada burung unta yang tinggi dan bertubuh besar. Di seluruh Dunia diperkirakan terdapat sekitar 8.800 – 10.200 spesies burung dan sekitar 1.500 spesies burung diantaranya di antaranya ditemukan di Indonesia.
Berikut ini beberapa burung yang memiliki keunikan mulai dari ukuran, sifat hingga kemampuan burung itu sendiri :


Peregrine Falcon, Burung Tercepat di Dunia


http://www.indonesiatravelingguide.com/

Peregrine falcon hidup di sebagian wilayah Amerika dan terkenal sebagai burung pemangsa. Dalam keadaan normal ketika berburu, Peregrine falcon dapat terbang dengan kecepatan rata-rata 320
km/jam dan bahkan bisa mencapai kecepatan maksimumnya yaitu 389 km/jam. oleh karena itu burung falcon merupakan burung dengan rekor tercepat di dunia.



Kori Bustard, Burung Terbang Terberat di Dunia


http://www.oiseaux-birds.com/

Kori Bustard merupakan spesies burung dengan ukuran tubuh yang besar dan hidup di sebagian wilayah Afrika. Burung kori bustard masih merupakan keluarga bustard atau burung puyuh. Burung Kori Bustard merupakan spesies burung yang mampu terbang dengan kondisi tubuh yang berat. Berat rata-rata burung Kori bustard dewasa yaitu 22 kg dan memiliki tinggi 90-110 cm. bahkan pernah ditemukan seekor burung kori bustard raksasa yang mencapai bobot 34 kg. Meskipun dengan bobot tubuh yang begitu berat, kori bustard raksasa dapat terbang, karena bentangan sayap burung tersebut berkisar antara 2 hingga 2,7 meter.


Albatros Pengembara, Burung dengan Bentang Sayap Terlebar


http://www.ngasih.com/

Albatros atau dalam bahasa latin Diomedea exulans memiliki Bentangan sayap mencapai 3,6 meter. dengan ukuran bentang sayap tersebut, burung albatross merupakan burung dengan bentang sayap terlebar di antara semua Spesies burung ataupun unggas. Dengan sekali kepakan sayapnya saat akan terbang, setelah sayap terbentang aliran udara yang melalui sayapnya membuat tubuhnya dapat melayang-layang di udara bahkan hingga berjam-jam lamanya, sehingga lebih efisien dan dapat menghemat energi saat bermigrasi. Albatross Pengembara menghabiskan hampir seluruh hidupnya di udara dan lautan, burung tersebut hanya akan menuju daratan jika tiba musim kawin.



Ruppell’s griffon vulture, Burung dengan Terbang Paling Tinggi


http://www.animalphotos.me/

Ruppell’s griffon vulture atau dalam bahasa latin Gyps rueppellii, merupakan burung dengan terbang tertinggi dan dapat naik hingga mencapai ketinggian 37.000 kaki atau 11.277 meter, dimana pada ketinggian yang setara dengan sebuah pesawat komersial dan pada ketinggian tersebut manusia akan kehilangan kesadaran dan pingsan karena berkurangnya oksigen. Rüppell's Vulture mempunya hemoglobin yang spesial didalam darahnya yakni hemoglobin alphaD, sehingga burung tersebut dapat menggunakan oksigen dengan lebih efisien walaupun dalam keadaan terbang pada tekanan yang cukup tinggi pada lapisan troposphere.



Burung Unta, Burung Terberat dan Burung Pelari Tercepat didarat


http://binatang.net/

Burung unta atau Struthio camelus adalah burung terbesar di dunia yang dapat mencapai tinggi 2,5 meter dan bobot 75-150 kg dengan kepala yang kecil dan leher yang panjang. Burung unta berasal dari savana di gurun Afrika Utara, bagian selatan pada zona hutan katulistiwa serta beberapa spesies burung unta dapat ditemui di wilayah Asia dan Eropa. Burung unta merupakan burung pelari tercepat di dunia yakni dapat mencapai kecepatan maksimal hingga 70 km/jam dengan langkah yang lebar yang mampu menjangkau jarak hingga 5 meter setiap langkah.


Arctic Tern, Melakukan Migrasi Terpanjang 


www.birdforum.net
Arctic tern (dara-laut arktik) merupakan pemecah rekor sebagai burung yang melakukan rute migrasi terpanjang. Burung ini dapat menempuh perjalanan yang jauh ketika bermigrasi, bahkan dapat menempuh jarak sejauh 71.000 KM. Arctic tern diperkirakan mampu menempuh jarak 2,4 juta kilometer selama hidupnya.


Bee Hummingbird, Burung Terkecil di Dunia


www.pinterest.com
Bee Hummingbird atau kolibri lebah merupakan burung yang memiliki ukuran tubuh terkecil diantara spesies burung yang lain. Burung kolibri lebah dapat ditemukan di wilayah Cuba. Panjang tubuh dari burung kolibri lebah dewasa ini rata-rata hanya 5 cm, sementara bobot tubuhnya hanya 0,056-0,071 ons. Dengan ukuran tubuh yang mini, telur dari burung ini kira-kira hanya seukuran kacang polong.


Thick-billed murre, Mampu Menyelam Hingga Kedalaman lebih dari 330 kaki


http://www.cicconephoto.com/

Thick-billed murre, merupakan spesies burung yang dapat melakukan penyelaman paling dalam diantara spesies burung perenang lainnya. Thick-billed murre dapat menyelam hingga kedalaman lebih dari 330 kaki atau kurang lebih setara dengan 100 meter, bahkan burung ini dapat menyelam lebih dalam untuk mencari makan. Makanan Burung Thick-billed murre berupa cumi-cumi, ikan, udang dan beberapa krustasea lainnya.



Malleefowl, Burung dengan Sarang Terbesar


http://www.lirralirra.com/

Malleefowl atau dalam bahasa latin Leipoa ocellata, merupakan spesies burung endemik Australia. Sifat burung Malleefowl hidup meenyendiri atau soliter dan pemalu, biasanya mereka akan terbang untuk menghindari bahaya atau hanya untuk bertengger di atas pepohonan. Burung Malleefowl memiliki ukuran sarang yang sangat besar dan tidak lazim untuk seekor burung yang seukuran dengan ayam tersebut. Bahkan dinobatkan sebagai burung yang memiliki sarang terbesar. Ketika tiba musim dingin, burung mallefowl jantan akan membuat sarang di permukaan tanah yang sedikit terbuka dan diantara pepohonan kecil. burung tersebut biasanya akan membuat sarang yang besar dengan diameter sekitar 3 meter, dengan kedalaman mencapai 1 meter.




Referensi :

Referensi 1
Referensi 2
Referensi 3
Referensi 4

0 Response to "Fakta Unik Seputar Burung"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel