Adjustable Spanner, Mengapa disebut Kunci Inggris ? Berikut Pengertian dan Penjelasannya

kunci inggris

Kunci inggris merupakan salah satu peralatan mekanik yang biasa dipakai dan digunakan untuk membuka atau mengencangkan sebuah baut ataupun mur. Keunikan daripada kunci inggris dibandingkan dengan kunci pas ataupun kunci ring yaitu mampu untuk digunakan pada berbagai macam jenis ukuran baut maupun mur tergantung pada besarnya kunci inggris, semakin besar kunci inggris maka sem
akin besar pula celah atau diameter penjepit kunci inggris. sedangkan pada kunci pas atau kunci ring hanya mampu digunakan pada salah satu ukuran baut atau mur saja tergantung ukuran dari kunci tersebut.

Di negara inggris dan britania raya dinamakan dengan Adjustable spanner sedangkan dinegara-negara eropa seperti Jerman, Prancis, Belanda, Italia dan lainnya menyebutnya dengan english key (kunci inggris). Hal tersebut beralasan karena kunci inggris ditemukan oleh seorang ilmuwan dan insinyur bernama Richard Clyburn pada tahun 1842. Padahal sebenarnya, kunci Inggris yang ditemukan oleh Richard Clyburn ini masih belum sempurna dan dilakukan pengembangan serta  disempurnakan lagi oleh insinyur asal Swedia yang bernama Johan Petter Johansson. Oleh karena itu beberapa negara seperti Denmark, Polandia, dan Israel lebih familiar dan terbiasa dengan sebutan Swedish key (kunci swedia).

Sebutan kunci inggris di Indonesia dibawa pada masa kolonialisme yaitu pada masa pendudukan belanda dan inggris di indonesia yang lebih memperkenalkan adjustable spanner dengan sebutan english key (kunci inggris) daripada swedis key (kunci swedia)

Kesimpulannya, penyebutan adjustable spanner dengan istilah kunci inggris ataupun kunci swedia sah-sah saja tergantung kebiasaan dan agar tidak terjadi kesalah pahaman, akan tetapi fungsi dan kegunaannya tetap sama yaitu untuk pekerjaan mekanikal yang dipakai untuk mengencangkan dan melepas baut atau mur.






sumber 1
sumber 2

0 Response to "Adjustable Spanner, Mengapa disebut Kunci Inggris ? Berikut Pengertian dan Penjelasannya"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel