Dampak Akibat Tidak Rutin Mengganti Oli Motor

Sepedah motor sudah menjadi alat transportasi yang umum dan hampir digunakan oleh berbagai kalangan. Sebagai pengguna sepedah motor tentunya penting untuk menjaga dan merawat kondisi sepedah motor agar supaya performanya tetap terjaga dan nyaman untuk digunakan. Dalam sepedah motor terdapat komponen yang harus diberi pelumas atau oli untuk menunjang kinerja mesin sepedah motor supaya bekerja dengan baik.



Untuk menjaga kondisi mesin sepedah motor tetap terawat dan nyaman digunakan perlunya menjaga kualitas oli sepedah motor yaitu dapat dilakukan dengan mengganti oli secara rutin dan menggunakan oli standar yang direkomendasikan atau sesuai pabrikan sepedah motor.

Berikut ini dampak yang akan terjadi apabila tidak rutin mengganti oli mesin sepedah motor secara berkala :


1. Penggunaan Bahan Bakar Menjadi Lebih Boros



Salah satu fungsi dari pelumas atau oli mesin adalah sebagai pelumas pada komponen yang saling bergesekan. Ketika oli tidak diganti secara rutin, lama kelamaan kualitas oli menurun dan daya pelumasannya menjadi berkurang sehingga membuat gesekan antar komponen mesin menjadi lebih kasar. Ketika komponen mesin yang bergesekan bekerja lebih kasar, maka tenaga yang dibutuhkan untuk menggerakan komponen tersebut harus lebih besar sehingga penggunaan bahan bakar yang dibutuhkan akan lebih boros.



2. Tarikan Mesin Menjadi Lebih Berat




Apabila tidak rutin mengganti oli berdampak pada tarikan mesin sepedah motor akan terasa lebih berat karena penurunan kualitas pelumasan oli sehingga daya lumas antara permukaan yang saling bergesekan kurang maksimal sehingga menjadi lebih kasar dan tarikan mesin menjadi lebih berat.



3. Komponen Mesin Akan Lebih Mudah Rusak



Ketika oli mesin sepedah motor tidak rutin diganti secara berkala, lama kelamaan kualitas oli menurun dan daya pelumasannya berkurang. Hal tersebut akan berakibat fatal dan berdampak pada rusaknya komponen mesin yang membutuhkan pelumasan yang baik. Misalnya terjadinya keausan pada permukaan komponen mesin, menimbulkan lecet dan goresan pada dinding silinder karena oli yang sudah kotor dan bercampur dengan kerak sisa pembakaran serta dapat menimbulkan karat pada beberapa komponen mesin sepedah motor.



4. Mesin Sepedah Motor Akan Mengalami Overheat (panas berlebih)



Salah satu fungsi oli yaitu sebagai media pendinginan mesin untuk mengurangi panas yang terjadi didalam ruang pembakaran, apabila oli yang digunakan tidak rutin diganti secara berkala mengakibatkan kualitas oli akan menurun dan kemampuan oli untuk mendinginkan mesin akan berkurang sehingga mesin sepedah motor akan mengalami panas yang berlebih (overheat) dan akan berdampak pada performa sepedah motor yang tidak maksimal.










referensi 1
referensi 2
referensi 3

0 Response to "Dampak Akibat Tidak Rutin Mengganti Oli Motor"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel