Jangan Tertipu, Berikut Cara Menghitung Kapasitas Power Bank Sebenarnya

Saat ini handphone ataupun smartphone sudah sangat akrab dan hampir digunakan oleh berbagai kalangan dari yang muda sampai orang dewasa hampir semuanya menggunakan smartphone, khususnya bagi masyarakat yang tinggal diperkotaan untuk menunjang berbagai kebutuhan dan aktifitas serta untuk memenuhi hobi dan gaya hidup dewasa ini.


Penggunaan smartphone untuk kebutuhan komunikasi, aplikasi dan game membutuhkan konsumsi daya yang relatif besar, terlebih apabila digunakan dalam waktu yang cukup lama akan menguras daya baterai sehingga sewaktu-waktu smartphone akan kehabisan daya dan mati, tentunya hal tersebut sangat menggangu. Saat ini terdapat powerbank yang sangat praktis dalam pengisian daya serta dapat dibawa kemana saja karena ukurannya yang relatif kecil.

Kapasitas atau daya tampung powerbank bermacam macam dari yang hanya menampung 2000 mAh
sampai 12000mAh bahkan ada yang lebih besar. Umumnya pengguna powerbank mengira kapasitas powerbank yang tertera mampu mengisi daya baterai dengan seutuhnya, pada kenyataannya kapasitas powerbank yang tertera (misal ; 10000mAh) tidak mampu mengisi baterai smartphone dengan kapasitas (misal ; 2000mAh) sebayak 5 kali pengisan penuh, mungkin secara matematis "1000 : 2000 = 5" akan tetapi pada kenyataannya tidak berlaku hal seperti itu karena terdapat beberapa faktor seperti loss daya yang terjadi pada saat pengisian dan perbedaan tegangan kapasitas powerbank dengan output powerbank.

Misalnya sebuah power bank dengan kapasitas yang tercantum pada body sebesar 10.000mAh memiliki tegangan pada baterai 3,7 volt, sedangkan untuk melakukan pengisian (charging) baterai smartphone memerlukan tegangan output sebesar 5 Volt (standar tegangan output USB), oleh karena itu dibutuhkan energi yang lebih besar untuk menaikan tegangan 3,7 Volt ke tegangan 5 Volt. Maka untuk melakukan perhitungan konversi digunakan persamaan berikut



Berdasarkan persamaan diatas maka perhitungan yang dilakukan yaitu, (10.000mAh x 3,7 Volt) : 5 Volt = 7.400 Volt. Setelah dilakukan perhitungan diperoleh kapasitas pengisian sebesar 7.400 volt, kapasitas tersebut belum sepenuhnya dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai smartphone karena pada saat pengisian baterai akan terjadi loss energi yang tentunya akan mengurangi kapasitas power bank tersebut. misalnya sebuah power bank memiliki efisiensi pengisian sebesar 90%, maka loss energi yang akan terbuang sebesar 10%. Dengan efisiensi sebesar 90% maka akan diperoleh kapasitas pengisian sebesar (7.400mAh x 90)/100 = 6.660mAh.

Setelah dilakukan perhitungan diatas sebuah power bank dengan kapsitas 10.000mAh dengan efisiensi pengisian 90% memiliki kapasitas pengisian sebesar 6.660mAh, itulah energi yang dapat digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone. Spesifikasi tegangan, kapasitas dan efisiensi power bank mungkin berbeda antara pabrikan yang satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu untuk melakukan perhitungan perhatikan dengan baik spesifikasi yang tertera pada powerbank tersebut dan gunakan power bank yang original serta sesuai kebutuhan smartphone kalian, Terima Kasih.











referensi 1

referensi 2
referensi 3
referensi 4

0 Response to "Jangan Tertipu, Berikut Cara Menghitung Kapasitas Power Bank Sebenarnya"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel