Aplikasi dan Penggunaan Graphene, Material Ringan dan Lebih Kuat Dari Baja

Mampu menciptakan superkapasitor dari graphene mungkin akan menjadi langkah terbesar dalam teknik elektronik dalam waktu yang sangat lama. Sementara pengembangan komponen elektronik telah mengalami kemajuan pada tingkat yang sangat tinggi selama 20 tahun terakhir, solusi penyimpanan daya seperti baterai dan kapasitor telah menjadi faktor pembatas utama karena ukuran, kapasitas daya dan efisiensi (sebagian besar jenis baterai sangat tidak efisien dan kapasitor yang juga demikian). Misalnya, dengan pengembangan baterai lithium-ion yang tersedia saat ini, sulit untuk menciptakan keseimbangan antara kepadatan energi dan kepadatan daya. Dalam situasi seperti ini, pada dasarnya tentang mengorbankan satu hal untuk mengembangkan hal yang lain.
Highly Concentrated Graphene Oxide
Highly Concentrated Graphene Oxide
Graphene dapat juga digunakan untuk meningkatkan tidak hanya kapasitas dan tingkat pengisian baterai tetapi juga waktu pakai yang panjang. Saat ini, sementara bahan-bahan seperti silikon mampu menyimpan energi dalam jumlah besar, jumlah potensial tersebut berkurang secara drastis pada setiap pengisian atau pengisian ulang. Dengan oksida timah oksida yang digunakan sebagai anoda dalam baterai lithium ion misalnya, baterai dapat dibuat untuk bertahan lebih lama di antara muatan (kapasitas potensial telah meningkat dengan faktor 10), dan dengan hampir tidak ada penurunan kapasitas penyimpanan di antara muatan, secara efektif membuat teknologi seperti kendaraan bertenaga elektronik menjadi solusi transportasi yang lebih layak di masa depan. Ini berarti bahwa baterai (atau kapasitor) dapat dikembangkan untuk bertahan lebih lama dan pada kapasitas yang lebih tinggi dari yang direalisasikan sebelumnya. Juga, itu berarti bahwa perangkat elektronik mungkin dapat diisi dalam hitungan detik, daripada menit atau jam dan telah sangat memperpanjang umur panjang.

     style="display:block; text-align:center;"
     data-ad-layout="in-article"
     data-ad-format="fluid"
     data-ad-client="ca-pub-6496029783182773"
     data-ad-slot="7852338432">

Konsumen sudah dapat membeli produk yang diperkuat graphene untuk digunakan di rumah. Satu perusahaan sudah memproduksi dan menawarkan tinta konduktif di pasar (pertama kali dikembangkan oleh para peneliti di University of Cambridge pada tahun 2011). Ini dibuat dengan secara efektif mencampur serpih graphene kecil dengan tinta, memungkinkan kalian untuk mencetak elektroda langsung ke kertas. Sementara ini sebelumnya mungkin dengan menggunakan tinta semikonduktif organik, penggunaan serpih graphene membuat bahan cetak jauh lebih konduktif dan karena itu lebih efisien.


Penggunaan lain untuk graphene sepanjang garis yang sama dengan yang disebutkan sebelumnya adalah bahwa dalam cat. Graphene sangat inert dan dapat bertindak sebagai penghalang korosi antara oksigen dan difusi air. Ini bisa berarti bahwa kendaraan masa depan bisa dibuat tahan korosi karena graphene dapat dibuat untuk ditanam ke permukaan logam apa pun (diberikan kondisi yang tepat). Karena kekuatannya, graphene juga saat ini sedang dikembangkan sebagai pengganti potensial untuk Kevlar dalam pakaian pelindung, dan pada akhirnya akan terlihat dalam pembuatan kendaraan dan bahkan mungkin digunakan sebagai bahan bangunan.

     style="display:block; text-align:center;"
     data-ad-layout="in-article"
     data-ad-format="fluid"
     data-ad-client="ca-pub-6496029783182773"
     data-ad-slot="7852338432">

Karena graphene telah terbukti jauh lebih efisien dalam melakukan elektron daripada silikon, dan juga mampu mentransfer elektron pada kecepatan yang jauh lebih cepat (relatif berbicara, 1000 kilometer per detik, 30 kali lebih cepat daripada silikon), dalam beberapa tahun ke depan kalian akan mulai melihat produk dari perusahaan elektronik konsumen, seperti Samsung (yang telah menuangkan uang untuk meneliti penggunaan graphene dalam telekomunikasi dan elektronik dan telah mengambil sejumlah besar paten yang berkaitan dengan penggunaan dan pembuatan graphene dalam perangkat elektronik) berdasarkan perangkat layar sentuh yang fleksibel, kuat, seperti ponsel pintar dan jam tangan.

Ini bisa berarti televisi dan telepon yang dapat dilipat dan akhirnya surat elektronik yang fleksibel memuat semua publikasi yang kalian minati yang dapat diperbarui melalui transfer data nirkabel. Menjadi sangat transparan, di tahun-tahun mendatang kalian juga dapat berharap untuk dapat menyesuaikan jendela cerdas (dan sangat kuat), dengan tirai virtual (berpotensi) atau menampilkan gambar yang diproyeksikan sesuai pilihan Kalian.



0 Response to "Aplikasi dan Penggunaan Graphene, Material Ringan dan Lebih Kuat Dari Baja"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel