Jenis-Jenis Alat Ukur Panjang

Panjang adalah suatu dimensi benda yang menyatakan jarak antara satu titik dengan titik yang lain. Panjang digunakan dalam ilmu fisika atau kehidupan sehari hari dalam mengukur jarak suatu objek dan panjang pula merupakan salah satu besaran pokok dalam Sistem Internasional (SI).

Untuk mengetahui besarnya jarak atau panjang suatu objek diperlukan suatu aat ukur yang memiliki standar dan diakui oleh dunia agar tidak terjadi kerancuan dan menyamakan hasil pengukuran.

Dalam pengukuran panjang terdapat berbagai macam alat ukur yang bervariasi yang disesuaikan dengan kondisi dari objek dan skala pengukuran, jadi jenis alat ukur panjang yang digunakan bergantung pula pada besar kecilnya objek yang diukur. Berikut ini jenis-jenis alat ukur yang digunakan untuk mengukur panjang :


1. Mistar Ukur (Penggaris)

Mistar Ukur
Mistar Ukur
Mistar ukur adalah salah satu jenis alat ukur panjang yang paling sering digunakan khususnya dalam menggambar. Alat ukur ini berbentuk pipih memanjang serta dilengkapi dengan satuan ukuran metrik (mm) dan imperial (Inci).

Mistar ukur umumnya dibuat dari bahan logam seperti stainless dan aluminium dan dapat juga dibuat dari bahan plastik, fiber ataupun kayu. Dalam sebuah mistar ukur umumnya terdapat dua buah satuan, yaitu sisi mistar atas diberi
satuan metrik (mm) dan sisi mistar bawah diberi satuan imperial (Inci). Namun seringkali ada pula mistar ukur yang hanya mencantumkan satu jenis satuan.


2. Mistar Lipat (Folding Ruler)

Mistar Lipat
Mistar Lipat
Mistar lipat adalah salah satu jenis alat ukur panjang yang cukup jarang digunakan. Mistar lipat dapat dilipat karena terdapat sambungan pada ujungnya yang menghubungkan dengan bilah ukur mistar. Bilah ukur mistar dengan jarak
lipatan sebesar 10 cm maka akan terdapat 10 buah bilah ukur, sedangkan jika jarak lipatan sebesar 20 cm maka akan terdapat 5 buah bilah ukur.

Material yang digunakan pada mistar lipat umumnya terbuat dari stainless dan kayu. Sistem ukuran yang digunakan yaitu metrik dan imperial, akan tetapi terdapat pula jenis mistar lipat yang hanya mencantumkan satu sistem ukuran.

3. Meteran Gulung (Roll Meter)

Mistar Gulung
Mistar Gulung
Meteran Gulung adalah salah satu jenis alat ukur panjang yang digunakan untuk mengukur panjang suatu objek dengan skala yang relatif besar seperti pengukuran tanah dan bangunan. Meteran gulung akan dibuat lebih panjang daripada satu meter,
bahkan ada juga panjang meteran gulung yang mencapai 100 m. Meteran gulung umumnya dibuat dari bahan kain, kulit, serat nylon ataupun lembar plat baja tipis yang dapat digulung.

4. Jangka Sorong (Mistar Ingsut)

jangka Sorong
jangka Sorong
Jangka sorong merupakan salah satu alat ukur panjang yang umumnya digunakan dalam bidang fabrikasi dan perbengkelan. Jangka sorong memiliki ketelitian pengukuran yang cukup baik yaitu mencapai
0,1-0,05 milimeter. Umumnya jangka sorong terbuat dari material baja tahan karat (stainless steel).

Berdasarkan konstruksinya, jangka sorong terdiri dari dua bagian yaitu rahang tetap yang memuat skala utama dan rahang geser yang memuat skala ukur pembagi. Pengukuran dengan menggunakan jangka sorong sangat bergantung pada kompetensi dan ketelitian dari pengguna. Namun untuk saat ini terdapat jenis jangka sorong digital yang lebih memudahkan pembacaan.

5. Mikrometer sekrup

Mikrometer Sekrup
Mikrometer Sekrup
Mikrometer sekrup adalah salah satu alat ukur panjang dengan tingkat ketelitian yang tinggi dan cukup presisi dengan tingkat ketelitian 0,01 mm. Mikrometer umumnya digunakan untuk mengukur ketebalan, panjang maupun diameter dari objek yang relatif kecil seperti lembaran aluminium foil, lempeng baja, diameter kabel dan kawat serta masih banyak lagi.

Berdasarkan konstruksinya mikrometer sekrup memiliki dua bagian utama, yaitu poros tetap dan poros geser/ulir. Skala panjang yang terdapat pada poros tetap merupakan skala utama, sedangkan pengukuran pada poros geser merupakan skala nonius. Skala utama pada mikrometer sekrup memiliki ketelitian 1 mm, sedangkan skala nonius yang terdapat pada poros geser terbagi menjadi 50 bagian. Satu bagian yang tedapat pada skala nonius memiliki ketelitian 1/50 × 0,5 mm atau 0,01 mm.







0 Response to "Jenis-Jenis Alat Ukur Panjang"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel