Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Sistem Koordinat dan Persumbuan Mesin Frais CNC

Pada mesin CNC TU-3A (frais CNC) terdapat tiga arah gerakan yaitu gerakan arah memanjang, gerakan arah melintang, dan gerakan arah vertikal. Informasi gerakan pada eretan mesin arah memanjang, arah melintang, dan arah vertikal tersebut adalah bertitik tolak dari sistem koordinat dalam bidang ilmu trigonometri. Untuk mesin frais vertikal, gerakan eretan arah memanjang mesin disebut dengan sumbu X, gerakan melintang disebut dengan sumbu Y, sedangkan gerakan vertikal disebut dengan sumbu Z, perhatikan illustrasi di bawah ini, dimana sistem persumbuan pada mesin CNC TU-3A (Mesin Frais CNC) didasarkan atas hukum tangan kanan.


Sistem Koordinat Mesin Frais CNC
Sistem Koordinat Mesin Frais CNC
Sistem persumbuan tersebut distandarkan untuk berbagai macam proses permesinan, yaitu berdasarkan standar ISO 841 dan DIN 66217, yaitu sistem koordinat Carthesian. Dalam penggunaan sistem koordinat Carthesian ini, terdapat tanda yang merupakan penunjuk posisi suatu titik dari titik koordinat awal yaitu tanda positif (+) dan negatif (–). Berdasarkan jenis konstruksinya, terdapat dua jenis mesin frais yaitu mesin frais tegak dan mesin frais horisontal. Dilihat dari cara pergerakan sumbunya, mesin frais tegak terdiri dari dua jenis jenis, yaitu:

Sistem Koordinat Mesin Frais CNC
Jenis Mesin Frais CNC
Pada jenis mesin frais tegak jenis pertama, kepala frais dan pisaunya bergerak turun atau naik. Sementara pada arah gerakan memanjang dan melintang dilakukan oleh motor penggerak meja. Pada mesin frais tegak jenis kedua, kepala frais dan pisaunya tetap, sementara yang melakukan gerakan memanjang, melintang, turun atau naik dilakukan oleh penggerak meja. Yang penting diketahui adalah jalannya pisau frais, karena dalam pemrograman semua adalah sama, apakah selama proses pemesinan eretannya atau pisaunya yang bergerak. Untuk memerintahkan komputer menghitung nilai-nilai, maka perlu diberikan informasi kunci, yang dilakukan dengan instruksi G.









1 comment for "Sistem Koordinat dan Persumbuan Mesin Frais CNC"

  1. Given this, there is often a need to assure the steady and regular growth of every company involved in the delivery of CNC machining services. In order to achieve this, several variables often come into play. One of these is technology, an aspect that most companies are known to give careful attention to. silicone mold for aluminum casting

    ReplyDelete