Prinsip Kerja Pompa Sentrifugal

Pompa merupakan salah satu alat atau komponen yang digunakan untuk memindahkan fluida dari suatu tempat ke tempat yang lain. Kegunaan pompa sangat luas, mulai dari penggunaan rumah tangga hingga dalam penggunaan industri skala besar. Umumnya pada rumah tangga pompa dimanfaatkan untuk menyalurkan air dari sumber air (sumur) menuju kedalam penampungan air. Penggunaan pompa di industri perminyakan, pompa digunakan untuk mengangkat minyak mentah dari dalam bumi ketempat - tempat pemrosesan atau tempat-tempat penampungan. Di dunia pertanian pompa digunakan untuk memindahkan air dari sungai atau waduk ke sawah untuk memenuhi kebutuhan air tanaman Pompa adalah peralatan mekanik yang digunakan untuk memindahkan fluida incompressible ( tak mampu mampat ) dari satu tempat ke tempat lain melalui suatu media perpipaan
dengan cara menaikkan tekanan atau membangkitkan beda tekanan. Pompa Sentrifugal merupakan jenis pompa yang digunakan untuk memindahkan cairan dengan cara memanfaatkan gaya sentrifugal yang dihasilkan oleh impeler yang diputar oleh penggerak utama berupa motor listrik.

Pompa Sentrifugal
Pompa Sentrifugal
Pompa sentrifugal adalah termasuk kedalam jenis pompa tekanan dinamis,dimana pompa jenis ini memiliki impeller yang berfungsi untuk mengangkat fluida dari tempat yang rendah ketempat yang lebih tinggi atau dari tekanan yang lebih rendah ke tekanan yang lebih tinggi. Daya dari luar diberikan keporos untuk memutar impeller kedalam rumah pompa, maka fluida yang berada disekitar impeller juga akan ikut berputar akibat dari dorongan sudu-uida, sudu impeller. Karena adanya gaya sentrifugal pada fli maka fluida mengalir dari tengah impeller keluar melalui saluran diantara sudu-sudu impeller. Head fluida akan bertambah besar karena fluida tersebut mengalami percepatan. Fluida yang keluar dari impeller ditampung oleh saluran yang berbentuk volute mengelilingi impeller dan disalurkan keluar pompa melalui nosel,didalam nosel kecepatan aliran fluida diubah menjadi head tekanan.

Pompa sentrifugal umumnya digunakan untuk memberikan atau meningkatkan kecepatan pada fluida dan kemudian merubahnya menjadi energi tekan. Cairan dipaksa masuk ke sebuah impeller karena adanya gaya putaran yang dihasilkan oleh motor listrik yang kemudian diberikan kepada poros pompa untuk memutar impeller yang berada dalam cairan tadi. Apabila impeller berputar maka zat cair yang ada dakam impeller akan ikut berputar akibat dorongan sudu – sudu pada impeller. Karena timbulnya gaya sentrifugal maka zat cair akan mengalir dari tengah impeller menuju keluar melalui saluran diantara sudu – sudu dengan kecepatan yang tinggi. Zat cair yang meninggalkan impeller tersebut selanjutnya dikumpulkan di dalam rumah pompa (casing) yang berbentuk spiral atau biasa disebut dengan volut yang berfungsi untuk mengumpulkan cairan dari impeller diarahkan pada discharge nozzel. Discharge nozzel berbentuk seperti kerucut sehingga kecepatan aliran yang tinggi dari impeller bertahap turun, kerucut ini disebut diffuser. Ketika terjadi penurunan kecepatan di dalam diffuser energi kecepatan pada aliran cairan tadi kemudian akan diubah menjadi energi tekan. Jadi impeller pada pompa berfungsi untuk memberikan kerja pada zat cair sehingga energi yang terdapat didalam cairan meningkat. Selisih energi per satuan berat atau head total zat cair antara flens isap dan flens keluar pompa disebut head total pompa. 

0 Response to "Prinsip Kerja Pompa Sentrifugal"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel