Sejarah dan Perkembangan Motor Bakar (Internal Combustion Engine)

Motor bakar adalah suatu mesin pembakaran internal yang menggunakan bahan bakar dan proses pembakaran untuk mendorong piston di dalam silinder. gerakan piston tersebut memutar poros engkol yang kemudian memutar roda mobil melalui rantai atau poros penggerak. Berbagai jenis bahan bakar yang biasa digunakan untuk mesin pembakaran mobil adalah bensin, diesel, dan minyak tanah. Pada tahun 1867, Nikolaus August Otto, seorang insinyur Jerman, mengembangkan siklus "Otto" empat langkah, yang banyak digunakan dalam transportasi bahkan hingga saat ini. Otto mengembangkan mesin pembakaran internal empat langkah ketika ia berusia 34 tahun. 

Mesin Diesel muncul pada tahun 1892 oleh insinyur Jerman lainnya, Rudolph Diesel. Mesin Diesel dirancang lebih berat dan lebih kuat daripada mesin bensin dan menggunakan minyak sebagai bahan bakar. Mesin diesel adalah mesin yang biasa digunakan di alat berat, lokomotif, kapal, dan beberapa mobil kapasitas besar. Penting untuk menyebutkan bahwa prinsip operasi dasar dari mesin ini telah ada selama lebih dari seratus tahun dan masih berlaku hingga saat ini.


Berikut ini merupakan sejarah perkembangan motor bakar dan mesin pembakaran dalam (Internal combustion engine) :

1. Tahun 1680
Fisikawan Belanda, Christian Huygens merancang (tetapi tidak pernah membangun) mesin pembakaran internal yang akan diisi dengan bubuk mesiu.

2. Tahun 1807
Francois Isaac de Rivaz dari Swiss menemukan mesin pembakaran internal yang menggunakan campuran hidrogen dan oksigen untuk bahan bakar. Rivaz merancang mobil untuk mesinnya - mobil bertenaga pembakaran internal pertama. Namun, desainnya sangat gagal.

3. Tahun 1824
Insinyur Inggris, Samuel Brown mengadaptasi mesin uap Newcomen lama untuk membakar gas, dan ia menggunakannya untuk menyalakan sebentar kendaraan di atas Shooter's Hill di London.

4. Tahun 1858
Insinyur kelahiran Belgia, Jean Joseph √Čtienne Lenoir menemukan dan mematenkan (1860) sebuah mesin pembakaran internal beraksi percikan api bertenaga ganda yang dipicu oleh gas batubara. Pada tahun 1863, Lenoir menempelkan mesin yang ditingkatkan (menggunakan minyak bumi dan karburator primitif) ke gerobak roda tiga yang berhasil menyelesaikan perjalanan bersejarah sejauh lima puluh mil.

5. Tahun 1862
Alphonse Beau de Rochas, seorang insinyur sipil Prancis, mematenkan tetapi tidak membangun mesin empat langkah.

6. Tahun 1864
Insinyur Austria, Siegfried Marcus, membangun mesin satu silinder dengan karburator mentah, dan menempelkan mesinnya ke gerobak untuk perjalanan berbatu 500 kaki. Beberapa tahun kemudian, Marcus mendesain sebuah kendaraan yang secara singkat berlari pada 10 mph yang oleh beberapa sejarawan dianggap sebagai cikal bakal mobil modern dengan menjadi kendaraan bertenaga bensin pertama di dunia.

7. Tahun 1873
George Brayton, seorang insinyur Amerika, mengembangkan mesin minyak tanah dua langkah yang tidak berhasil (menggunakan dua silinder pompa eksternal). Namun, itu dianggap sebagai mesin oli pertama yang aman dan praktis.

8. Tahun 1866
Insinyur Jerman, Eugen Langen dan Nikolaus August Otto memperbaiki desain Lenoir dan de Rochas dan menciptakan mesin gas yang lebih efisien.

9. Tahun 1876
Nikolaus August Otto menemukan dan kemudian mematenkan mesin empat langkah yang sukses, yang dikenal sebagai "Otto cycle".

10. Tahun 1876
Mesin dua tak pertama sukses telah ditemukan dan dirancang oleh Sir Dougald Clerk.

11. Tahun 1883
Insinyur Prancis, Edouard Delamare-Debouteville, membangun mesin empat langkah silinder tunggal yang dijalankan dengan gas kompor. Tidak pasti apakah ia benar-benar membangun mobil, namun, desain Delamare-Debouteville sangat maju untuk saat itu - di depan Daimler dan Benz dalam beberapa hal setidaknya di atas kertas.

12. Tahun 1885
Gottlieb Daimler menemukan apa yang sering dikenal sebagai prototipe mesin gas modern - dengan silinder vertikal, dan dengan bensin yang disuntikkan melalui karburator (dipatenkan pada tahun 1887). Daimler pertama kali membangun kendaraan roda dua "Reitwagen" (Riding Carriage) dengan mesin ini dan setahun kemudian membangun kendaraan bermotor roda empat pertama di dunia.

13. Tahun 1886
Pada tanggal 29 Januari 1886, Karl Benz menerima paten pertama untuk mobil dengan bahan bakar gas.

14. 1889
Daimler membangun mesin empat langkah yang ditingkatkan dengan katup berbentuk jamur dan dua silinder miring.

15. 1890
Wilhelm Maybach telah merancang dan membuat mesin empat silinder pertama, dengan prinsip kerja empat langkah.

Salah satu landmark terpenting dalam desain mesin berasal dari Nicolaus August Otto yang pada tahun 1876 menemukan mesin motor gas yang efektif. Otto membangun mesin pembakaran internal empat langkah praktis pertama yang disebut "Otto Cycle Engine," dan segera setelah ia menyelesaikan mesinnya, ia membuatnya menjadi sebuah sepeda motor. Kontribusi Otto sangat signifikan secara historis, itu adalah mesin empat-stoke-nya yang diadopsi secara universal untuk semua mobil berbahan bakar cair di masa depan.

Pada tahun 1885, insinyur mesin Jerman, Karl Benz merancang dan membangun mobil praktis pertama di dunia yang ditenagai oleh mesin pembakaran internal. Pada tanggal 29 Januari 1886, Benz menerima paten pertama untuk mobil berbahan bakar gas. Itu adalah kendaraan roda tiga; Benz membangun mobil roda empat pertamanya pada tahun 1891. Benz & Cie., Perusahaan yang dimulai oleh penemunya, menjadi produsen mobil terbesar di dunia pada tahun 1900. Benz adalah penemu pertama yang mengintegrasikan mesin pembakaran internal dengan sasis - merancang keduanya bersama.

Pada tahun 1885, Gottlieb Daimler (bersama dengan mitra desainnya Wilhelm Maybach) membawa mesin pembakaran internal Otto selangkah lebih maju dan mematenkan apa yang secara umum diakui sebagai prototipe mesin gas modern. Hubungan Daimler dengan Otto bersifat langsung; Daimler bekerja sebagai direktur teknis Deutz Gasmotorenfabrik, yang dimiliki bersama Nikolaus Otto pada tahun 1872. Terdapat beberapa kontroversi mengenai siapa yang telah menciptakan sepeda motor pertama apakah Otto atau Daimler. Mesin 1885 Daimler-Maybach berukuran kecil, ringan, cepat, menggunakan karburator yang diinjeksi bensin, dan memiliki silinder vertikal. Ukuran, kecepatan, dan efisiensi mesin memungkinkan terjadinya revolusi dalam desain mobil.

Pada 8 Maret 1886, Daimler mengambil kereta kuda dan mengadaptasinya untuk menahan mesinnya, sehingga merancang mobil roda empat pertama di dunia. Daimler dianggap sebagai penemu pertama yang menemukan mesin pembakaran internal yang praktis. Pada tahun 1889, Daimler menemukan mesin dua silinder V-miring, empat-tak dengan katup berbentuk jamur. Sama seperti mesin 1876 Otto, mesin baru Daimler menjadi dasar bagi semua mesin mobil untuk maju. Juga pada tahun 1889, Daimler dan Maybach membangun mobil pertama mereka dari bawah ke atas, mereka tidak mengadaptasi kendaraan tujuan lain karena mereka selalu dilakukan sebelumnya. Mobil Daimler baru memiliki transmisi empat kecepatan dan memperoleh kecepatan 10 mph. Daimler mendirikan perusahaan dengan nama Daimler Motoren-Gesellschaft pada tahun 1890 untuk memproduksi desainnya. Sebelas tahun kemudian, Wilhelm Maybach merancang mobil Mercedes.







Referensi :


John B. Heywood. 1988. “Internal Combustion Engine Fundamentals”. Massachushets Institut Of Technology.

0 Response to "Sejarah dan Perkembangan Motor Bakar (Internal Combustion Engine)"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel