Alat Ukur Tekanan Pressure Gauge

Pressure Gauge



Pressure gauge adalah alah satu ukur yang digunakan untuk mengukur tekanan berupa fluida baik fluida gas ataupun cair yang bekerja dalam tabung tertutup. Satuan pengukuran yang digunakan yaitu psi (pound per square inch), mmHg (millimeter of mercury), psf (pound per square foot), bar, inHg (inch of mercury), dan atm (atmosphere).

Pressure gauge umumnya digunakan untuk mengkur besarnya tekanan udara maupun gas pada tabung kompresor udara, peralatan vakum, jalur perpipaan dan tabung oksigen medis. Selain menunjukkan pengukuran secara visual, pressure gauge juga dapat di konfigurasi secara khusus agar dapat mengirimkan sinyal pada perangkat instrument pembacaan digital.

Terdapat beberapa jenis pressure gauge, namun yang paling umum digunakan adalah jenis tabung Bourdon (Bourdon tubes) dan bellow gauges. Pressure gauge tabung Bourdon berfungsi mengukur tekanan fluida dengan menggerakkan pemutar pada pengukur dan menampilkan jumlah tekanan yang terukur. Terdapat beberapa jenis pengukuran pada tabung Bourdon yang paling umum dan memiliki konfigurasi yang berbeda seperti melengkung, heliks dan spiral. Gaya tubing yang berbeda, ukuran tabung dan bahan yang dibuat semuanya bervariasi berdasarkan kisaran tekanan. Salah satu karakteristik penting yang perlu diperhatikan adalah penampang tubing berubah dengan meningkatnya tekanan. Secara umum, ketika tekanan kerja dari pengukur meningkat, bentuk penampang desain tabung secara bertahap akan berubah dari bentuk oval ke bentuk melingkar.


Prinsip Kerja Pressure Gauge Jenis Bourdon Tubes

Pressure gauge
Pressure gauge
Pengukur tekanan (Pressure Gauge) tabung Bourdon banyak digunakan dalam beberapa aplikasi dan pertama kali dikembangkan oleh E. Bourdon pada tahun 1849. Alat pengukur tekanan tabung Bourdon dapat digunakan untuk mengukur berbagai macam tekanan: bentuk vakum hingga pengukuran tekanan hingga beberapa ribu psi. Pressure gauge jeis ini pada dasarnya terdiri dari tabung berongga berbentuk C, yang salah satu ujungnya tetap dan terhubung ke pengukur  tekanan dengan ujung lainnya bebas.

Mulanya tabung elips (tabung Bourdon) berbentuk penampang melingkar. Ketika tekanan diterapkan terdapat tekanan yang memaksa tabung untuk meregang, dengan demikian ujung bebas tabung bergerak ke atas, bergantung dengan besarnya tekanan yang bekerja. Mekanisme peregangan pada ujung bebas tabung bourdon yang terjadi akan memutar roda gigi dan pointer menunjukkan pembacaan tekanan. Bahan yang digunakan umumnya Fosfor Perunggu, Kuningan dan Tembaga Berilium. Untuk 2 inchi diameter tabung C, pergerakan pada ujung bebas adalah sekitar 1/8 Inchi. Meskipun tabung bentuk C adalah yang paling umum, bentuk tabung lain seperti tabung heliks, memutar atau spiral juga digunakan.





referensi 1
referensi 2
referensi 3

0 Response to "Alat Ukur Tekanan Pressure Gauge"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel