Mengapa Dianjurkan Memakan Buah Kurma Saat Berbuka Puasa

Kurma
Kurma
Bulan Suci Ramadhan identik dengan buah kurma karena berdasarkan anjuran Nabi Muhammad, yaitu berbukalah dengan buah kurma dan air putih. Nabi Muhammad SAW bersabda,"Ketika salah seorang di antara kalian berpuasa, maka berbukalah dengan buah kurma. Jika tidak mendapati kurma, maka berbukalah dengan air putih, karena air putih mensucikan". Bukan tanpa sebab, ternyata buah kurma memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk tubuh serta pilihan ideal untuk berbuka puasa.

Kurma merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari daerah Timur Tengah dengan berbagai macam manfaatnya. Kandungan dari buah kurma yaitu gula alami, zat besi, mineral, serat, fitonutrien, magnesium, kalium, protein dan lemak. Kandungan mineral dalam buah kurma seperti kalium,magnesium, kalsium dan fosfor sangat berguna bagi kesehatan tulang. Selain itu kurma mudah untuk dicerna dan dapat digunakan sebagai salah satu sumber energi bagi tubuh. Oleh sebab itu kurma dapat membantu mengembalikan kadar gula darah dengan cepat sehingga kadar gula darah akan kembali normal setelah berpuasa. 

kandungan serat yang terdapat dalam kurma sangat baik bagi pencernaan dan dapat membantu mencegah lonjak kadar gula darah yang terlalu tinggi setelah makan. Indeks glikemiks yang terkandung dalam buah kurma relatif rendah serta mengandung antioksidan yang sangat baik bagi tubuh. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah kurma dapat melindungi sel-sel dari paparan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Buah kurma yang memiliki rasa manis dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti gula pasir yang tentunya lebih sehat. Walaupun buah kurma relatif bermanfaat, namun ada baiknya jangan berlebihan dalam mengkonsumsi kurma karena kandung kalori yang cukup tinggi apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Untuk berbuka puasa dianjurkankan mengkonsumsi buah kurma dengan jumlah ganjil.









0 Response to "Mengapa Dianjurkan Memakan Buah Kurma Saat Berbuka Puasa"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel