Kenapa Air Laut Terasa Asin ?

Pernahkah kalian meminum air laut baik secara sengaja maupun tidak sengaja, pasti air laut tersebut terasa asin. Air laut adalah air yang berasal dari lautan dan samudera. Air laut terasa asin karena kandungan kadar garam rata-rata 3,5 % (NaCl). Air laut mengandung 3,5% kandungan garam, maka pada 2,5 liter air laut terdapat kandungan garam sebanyak 60 gram. Karena kandungan garam tersebut, petani garam dapat menghasilkan kristal garam yang diperoleh dari air laut.
air laut
air laut
Sekitar 71 % permukaan di bumi tertutup oleh air sedangkan lautan terdiri dari sekitar 97 % dari seluruh air di Bumi, dan hanya 3 % air yang tidak mengandung garam (air tawar), menurut The United States Geological Survey Water Science School.

Pada siklus air di bumi, air laut akan menguap karena panas matahari dan membentuk uap air berupa awan yang kemudian awan tersebut akan tertiup oleh angin hingga menuju daratan, dataran tinggi dan pegunungan kemudian terjadi peristiwa hujan dan air hujan tersebut akan mengalir kembali melalui sungai maupun muara menuju lautan. Namun ketika proses hujan tersebut, air yang melalui daratan maupun sungai akan membawa Garam mineral berupa kalsium, kalium, natrium dan bahan mineral lainnya. Garam mineral tersebut diperoleh dari berbagai tempat seperti tanah, batuan serta kerak bumi yang dilalui oleh air sepanjang aliran hingga mencapai muara. Pada saat air sampai di laut, garam mineral tersebut akan tetap tinggal di lautan sedangkan air (H20) akan kembali menguap dan mengalami siklus air. Garam mineral yang terdapat di lautan inilah yang menyebabkan air laut menjadi asin.
laut mati
laut mati
Selain alasan diatas ada beberapa alasan lain mengapa air laut menjadi asin. Sebagai contoh Laut Mati di Yordania yang suhunya cukup panas, sehingga penguapan yang dilakukan lebih besar dan tentu saja tingkat keasinan laut akan semakin tinggi. Jika kadar garam air laut biasanya dalam titik 0 maka kadar laut mati sekitar 30% lebih tinggi. Hal ini menjadikan air laut semakin asin dan juga 9 kali salinitas lebih tinggi.








0 Response to "Kenapa Air Laut Terasa Asin ?"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel