Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Fungsi AI (Artificial Intelligence) Pada Kamera Smartphone

Kamera Berteknologi AI
Kamera Berteknologi AI
Teknologi smartphone semakin mengalami perkembangan yang sangat pesat. Tidak terkecuali khususnya paad sektor kamera yang kini telah disematkan berbagai macam fitur dan teknologi yang memungkinkan hasil foto yang didapat jauh lebih baik. Salah satu teknologi yang banyak digunakan saat ini yaitu Artificial Intelligence (AI).

Artificial Intelligence atau AI (kecerdasan buatan) merupakan suatu istilah untuk software yang digunakan untuk mewakili fungsi kognitif mesin, umumnya terkait dengan kemampuan otak manusia, seperti berpikir, mempelajari dan menyelesaikan suatu permasalahan.

Dalam bidang fotografi, teknologi ini digunakan untuk menyajikan hasil foto yang hampir serupa dengan kamera fotografer profesional. Teknologi AI pada kamera memiliki kemampuan pada pengaturan kamera dan proses pengambilan gambar, seperti mengubah kecepatan speed, white balance, saturasi, exposure, dynamic range, kedalaman warna, dan kontras gambar secara otomatis.

Pada Smartphone yang memiliki teknologi AI pada sektor kamera memiliki kemampuan untuk mendeteksi suasana dari lingkungan sekitar dan objek yang dibidik oleh kamera, kemudian dilakukan pemrosesan gambar guna menghasilkan foto berkualitas.

Salah satu fitur andalan pada kamera smartphone berteknologi AI yaitu untuk membantu mereplikasi kemampuan zoom optikal pada kamera smartphone dengan kamera ganda, serta menambahkan berbagai efek lain salah satunya efek bokeh.

Selain itu kamera smartphone berteknologi AI memiliki kemampuan untuk mereplikasi bukaan aperture kamera guna mengukur dan memanipulasi depth of field. Sementara itu pada kondisi minim penerangan, teknologi AI pada kamera berfungsi menghasilkan foto dengan pengaturan tingkat keterangan terbaik. Sehingga objek foto dengan kondisi pencahayaan yang redup dapat ditampilkan secara jelas, tajam dan detail.

Beberapa kamera smartphone mengunggulkan kemampuan teknologi AI untuk menjadikan warna makanan pada hasil foto menjadi lebih kontras sehingga hasil foto tersebut terlihat menggugah selera. Tidak terpaku pada objek seperti makanan, pada smartphone dengan fitur kamera AI berkemampuan untuk mendeteksi kondisi pencahayaan serta kemampuan pengambilan gambar secara proporsional seperti langit berawan, di dalam ruangan dengan lampu neon kebiruan, lampu bohlam kekuningan dan lain sebagainya.

Teknologi AI pada kamera juga dapat menampilkan komposisi warna objek yang lebih cerah namun tetap natural. Dengan fitur ini kamera depan pada smartphone memiliki kemampuan Beautification atau Beautify, karena membantu menjadikan warna kulit wajah menjadi lebih cerah, halus, dan mulus namun terlihat natural.

Bahkan pada kamera smartphone berteknologi AI juga memiliki kemampuan untuk membantu mendeteksi ukuran dari suatu objek foto, sehingga memungkinkan perangkat kamera dapat memotret objek yang berukuran kecil atau dikenal dengan istilah foto mikro, dengan hasil hampir serupa dengan kamera profesional dengan lensa khusus foto mikro.







Referensi 1
Referensi 2
Referensi 3

Post a Comment for "Fungsi AI (Artificial Intelligence) Pada Kamera Smartphone"