Fungsi dan Prinsip Kerja Karburator Pada Sepeda Motor

Karburator

karburator
karburator
Pada proses pembakaran motor bensin memerlukan tiga elemen pendukung yaitu Udara, bahan bakar dan pemantik. Suplai aliran bahan bakar dan udara kedalam ruang bakar akan sangat berpengaruh terhadap performa dari mesin. Oleh karena itu perlunya suatu alat atau komponen yang berfungsi sebagai pencampur udara dan bahan bakar dengan rasio campuran yang tepat agar diperoleh performa mesin yang optimal dan sesuai dengan kebutuhan.

Karburator adalah suatu komponen atau alat yang terdapat pada mesin bakar bensin (gasoline engine) yang digunakan sebagai tempat pencampuran bahan bakar dan udara yang akan disuplai kedalam ruang bakar.

Dalam pengoperasiannya, karburator akan mengatur jumlah aliran udara dan bahan bakar yang dibutuhkan untuk proses pembakaran sehingga diperoleh campuran dengan rasio yang ideal antara bahan bakar dan udara. Hal tersebut akan dapat terjadi apabila udara dan bahan bakar (bensin) berupa fluida ideal. Namun pada kenyataannya, sifat alami pada kedua fluida tersebut membuat campuran udara dan bahan bakar di dalam karburator menjadi lebih kompleks dan terkadang tidak ideal. Selain itu, keadaan operasi yang terjadi pada saat mesin bekerja seperti temperatur, putaran mesin, tekanan udara, gaya sentrifugal dan beberapa faktor lainnya dapat berpeengaruh terhadap kinerja dari karburator.

Fungsi karburator

Adapun fungsi dari karburator adalah sebagai berikut : 

1. Karburator menyiapkan campuran udara dan bahan bakar pada proses pembakaran.

2. Karburator juga digunakan untuk mengatur banyaknya bahan bakar yang digunakan dan mengontrol kecepatan kendaraan.

3. Karburator mengubah bensin menjadi tetesan halus (pengkabutan) dengang campuran udara sedemikian rupa sehingga bahan bakar dapat terbakar dengan lebih sempurna.


Prinsip Kerja Karburator

Prinsip kerja karburator
Prinsip kerja karburator
(explainstuff.com)
Singkatnya, inilah cara kerja dari karburator:

1. Udara mengalir ke atas karburator melewati saringan yang membersihkan dari debu dan partikel pengotor.

2. Ketika mesin pertama kali dinyalakan, choke dapat diatur untuk mengurangi jumlah udara yang masuk (meningkatkan kandungan bahan bakar campuran memasuki silinder).

3. Di tengah tabung, udara dipaksa melalui saluran yang lebih sempit yang disebut venturi. Hal tersebut menyebabkan kecepatan udara naik dan tekanannya turun.

4. Penurunan tekanan udara menghasilkan hisapan pada pipa bahan bakar yang kemudian akan menarik bahan bakar sehingga terjadi peristiwa pencampuran antara bahan bakar dan udara.

5. Throttle adalah katup yang berfungsi untuk membuka dan menutup pipa saluran campuran bahan bakar dan udara. Ketika throttle terbuka, maka campuran udara dan bahan bakar akan mengalir ke dalam ruang bakar yang digunakan pada proses pembakaran.

6. Bahan bakar dipasok dari tangki bahan bakar mini yang disebut float-feed chamber.

7. Saat tingkat bahan bakar turun, pelampung di dalam ruang akan jatuh dan membuka katup di bagian atas.

8. Ketika katup terbuka, lebih banyak bahan bakar mengalir untuk mengisi ruang dari tangki gas utama. Ini membuat pelampung naik dan menutup katup lagi.






0 Response to "Fungsi dan Prinsip Kerja Karburator Pada Sepeda Motor"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel