Perbedaan Peluru Karet, Peluru Tajam dan Peluru Hampa Pada Senjata Api

Senjata api merupakan jenis senjata yang banyak digunakan oleh polisi maupun TNI untuk kepentingan keamanan dan dalam upaya menjaga pertahanan dan kedaulatan negara.

Seringkali kita mendengar istilah peluru hampa maupun peluru karet, apa bedanya dengan peluru tajam ?. Penggunaan Peluru pada senjata api menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang terjadi berdasarkan kepentingan tertentu.

Dalam menangani aksi demonstrasi maupun kericuhan yang terjadi menggunakan peluru hampa dan peluru karet yang tidak melukai dan hanya sebatas memberi peringatan pada kerumunan masa. Berbeda dengan peluru tajam, penggunaan peluru tajam digunakan pada kondisi tertentu seperti kondisi perang, menjaga kedaulatan maupun kondisi mengancam yang lain, tentunya pengguna senjata api harus memiliki izin resmi dari instansi terkait, terlatih dan memiliki psikologis yang baik agar tidak merugikan maupun terjadi hal yang tidak diinginkan.

Lalu, apakah perbedaan dari jenis peluru tersebut, berikut ini merupakan penjelasan mengenai jenis peluru pada senjata api.

1. Peluru Tajam

Peluru Tajam
Peluru Tajam
Peluru Tajam adalah jenis peluru yang digunakan untuk melumpuhkan bahkan membunuh target, yang umumnya digunakan dalam perang dan kondisi tertentu. Peluru tajam berbentuk sebuah proyektil tajam pada bagian ujungnya yang etrbuat dari logam yang keras dan tahan panas yang dilengkapi dengan selongsong, rim, bubuk mesiu, dan primer.

Pada saat ditembakkan, pelatuk akan memantik proyektil dengan energi kinetik dan bubuk mesiu meledak kemudian proyektil akan melesat ke sasaran. Peluru tajam ini biasanya digunakan pada jenis senjata api. 


2. Peluru Hampa



Peluru hampa secara sekilas sangat mirip dengan peluru tajam. Hanya saja, pada peluru hampa tidak memiliki proyektil pada bagian ujung selongsong, sehingga tidak ada objek yang melesat pada saat bubuk mesiu meledak. 

Fungsi dari peluru hampa hanya menimbulkan bunyi letusan serta percikan api, yang digunakan untuk memberi peringatan ataupun menakut-nakuti. Peluru jenis ini dapat digunakan pada senjata api.


3. Peluru Karet

peluru karet
peluru karet
Peluru karet adalah jenis peluru yang terbuat dari bahan karet maupun plastik yang bersifat elastis.  Dampak peuru karet tidak membahayakan target, namun hanya menimbulkan rasa sakit atau luka yang tidak terlalu serius. Kecuali jika peluru karet ini mengenai organ vital seperti mata dan telinga tentu akan menimbulkan luka yang serius.








0 Response to "Perbedaan Peluru Karet, Peluru Tajam dan Peluru Hampa Pada Senjata Api"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel