Tekanan Hidrostatik (Hydrostatic Pressure)

Cairan dan gas disebut dengan istilah fluida, karena zat tersebut dapat mengubah bentuknya dengan mudah sesuai dengan bentuk permukaan atau wadahnya. Sehingga fluida adalah zat yang bisa mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah yang mampu mengikuti bentuk permukaan yang ditempati. 
Tekanan Hidrostatik
Tekanan Hidrostatik
Pada gambar di atas, terlihat bahwa air dari wadah kanan jauh lebih banyak daripada air di wadah kiri dan terdapat perbedaan ketinggian antara kolom air pada kedua wadah. Oleh karena itu, jumlah tekanan di dalam cairan pada wadah di sebelah kanan meningkat akibat kedalamannya (atau ketinggian kolom fluida) yang ditandai dengan semakin jauhnya aliran air yang keluar pada dasar setiap wadah.

Tekanan Hidrostatik Dibawah Laut
Tekanan Hidrostatik Dibawah Laut
Udara di sekitar kita tepatnya berada diatas permukaan laut menekan kita sebesar 14,5 pound per inci persegi (1 bar). Kita tidak merasakan tekanan ini karena cairan di dalam tubuh mendorong keluar dengan kekuatan yang sama. Tetapi jika kita berenang ke dalam laut sejauh beberapa meter, maka akan mulai terasa peningkatan tekanan pada gendang telinga kita. Hal tersebut terjadi karena peningkatan tekanan hidrostatik yang merupakan gaya per satuan luas yang diberikan oleh cairan pada suatu benda. Semakin dalam kita menuju ke dasar laut, semakin besar tekanan yang mendorong kita. Untuk setiap 33 kaki (10,06 meter) turun, tekanan akan meningkat sebesar 14,5 psi (1 bar).

Tekanan hidrostatik adalah tekanan yang diberikan oleh fluida pada kesetimbangan pada titik tertentu dalam fluida, karena gaya gravitasi. Tekanan hidrostatik meningkat secara proporsional dengan kedalaman yang diukur dari permukaan karena meningkatnya berat fluida yang menurunkan gaya dari atas.

Jika suatu fluida berada dalam suatu wadah maka kedalaman suatu benda yang ditempatkan pada fluida tersebut dapat diukur. Semakin dalam objek ditempatkan dalam cairan, semakin banyak tekanan yang dialaminya. Ini karena berat cairan di atasnya. Semakin padat cairan di atasnya, semakin banyak tekanan diberikan pada objek yang terendam, karena berat fluida.

Tekanan hidrostatik dalam cairan dapat dihitung dengan persamaan sebagai berikut :

P = ρ g h

dimana :
P = tekanan dalam cairan (N/m2, Pa, lbf/ft2, psf)
ρ = densitas cairan (kg/m3slugs/ft3)
g = percepatan gravitasi (9,81 m/s2, 32,17405 ft/s2)
h = tinggi kolom fluida atau kedalaman fluida di mana tekanan diukur (m, ft)


Berikut ini merupakan tabel Tekanan hidrostatik dalam kolom air  atau kedalaman (kepadatan air 1000 kg/m3).

Tabel Tekanan Hidrostatik
Tabel Tekanan Hidrostatik

0 Response to "Tekanan Hidrostatik (Hydrostatic Pressure)"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel