Faktor Penyebab Terjadinya Defleksi Pada Batang

Faktor Penyebab Terjadinya Defleksi Pada Batang
Faktor Penyebab Terjadinya Defleksi Pada Batang

Defleksi merupakan fenomena terjadinya perubahan bentuk pada suatu batang atau balok pada arah yang disebabkan oleh pembebanan secara vertikal yang bekerja pada batang atau balok tersebut.

Dalam merancang maupun dalam proses perencanaan suatu konstruksi perlunya dilakukan kajian maupun tinjauan lebih lanjut terkait kemungkinan terjadinya lendutan atau defleksi pada struktur tersebut. Hal tersebut perlu dilakukan agar struktur atau konstruksi dapat digunakan dengan aman dan meminimalisir terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu perlunya pemahaman mengenai penyebab dan faktor faktor terjadinya defleksi pada suatu batang atau balok.

Berikut ini merupakan faktor penyabab terjadinya defleksi.

1. Jenis beban yang bekerja pada batang

jenis beban yang bekerja pada batang akan mempengaruhi terjadinya defleksi. Dimana terdapat perbedaan kurva lendutan antara beban terpusat maupun beban terdistribusi merata.

Pada beban terpusat gaya yang bekerja pada batang akan terfokus pada titik tertentu sehingga mengakibatkan defleksi yang signifikan pada titik tersbut. Sedangkan pada beban terdistribusi gaya yang bekerja akan diberikan merata sepanjang batang tersebut.


Baca Juga : 

2. Kekakuan Batang

Kekakuan atau modulus elastisitas dari suatu batang akan berpengaruh terhadap besarnya defleksi yang terjadi. Dimana suatu batang yang kaku cenderung akan mengalami defleksi yang relatif lebih kecil dan sebaliknya. Besarnya kekakuan batang sangat dipengaruhi oleh jenis material dan paduan yang digunakan.



3. Jenis tumpuan yang digunakan

Masing-masing jenis tumpuan memiliki reaksi serta arah yang berbeda. Oleh karena itu defleksi dapat dipengaruhi oleh jenis tumpuan yang digunakan pada struktur. Defleksi yang terjadi pada tumpuan roll relatif lebih besar daripada tumpuan sendi (pin) dan defleksi yang terjadi pada tumpuan sendi (pin) akan relatif lebih besar daripada tumpuan jepit.


4. Besarnya gaya yang bekerja pada batang

Besarnya gaya yang bekerja tentu akan sangat berpengaruh terhadap defeksi yang terjadi. Dimana, semakin besar beban yang bekerja pada batang maka defleksi yang terjadipun akan semakin besar. Dimana besarnya beban yang ekerja akan berbanding lurus dengan besarnya defleksi yang terjadi. 



Setelah mengetahui faktor penyebab defleksi yang tejadi pada batang, diharapkan kita dapat menganalisa serta membuat perencanaan yang lebih matang dalam merancang suatu konstruksi batang dengan mempertimbangkan aspek defleksi yang mungkin dapat terjadi

0 Response to "Faktor Penyebab Terjadinya Defleksi Pada Batang"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel