Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Jenis Pisau/Pahat Mesin Frais dan Fungsinya

Mesin frais (Milling Machine) merupakan salah satu mesin yang banyak digunakan dalam suatu proses manufaktur tertentu untuk beberapa proses pengerjaan tertentu. Dalam melakukan pengerjaan pada mesin frais perlunya pengetahuan dan pemahaman mengenai jenis-jenis mata pahat atau pisau frais serta kegunaannya.

Berikut ini merupakan uraian tentang jenis-jenis pahat atau pisau beserta kegunaannya yang digunakan pada mesin frais.


1. Pisau Frais Lurus (Plain Milling Cutter)

Pisau Frais Lurus
Pisau Frais Lurus


a. Pisau Lurus Pemotongan Ringan (Light Duty Plain Milling Machine)

Pisau Lurus Pemotongan Ringan digunakan pada pengerjaan yang ringan. Bentuk gigi pada mata pisau ini berupa gigi berbentuk lurus maupun gigi miring/heliks. Pada gigi helik mempunyai sudut 25 derajat sehingga lebih sering digunakan pada pemakanan dengan tenaga yang lebih kecil mulai dari awal pemakanan, selain itu pada gigi heliks getaran yang dihasilkan relatif lebih ringan, sehingga menghasilkan permukaan yang lebih halus. Gigi pada pisau ini berukuran kecil dengan ukuran pitch yang kecil. Pisau frais jenis ini didesain untuk pengerjaan ringan pada kecepatan sedang.

b. Pisau Frais Lurus Pemotongan Kasar (Heavy Duty Plain Millimg Cutter)

Pisau Lurus Pemotongan Kasar dibuat dengan ukuran yang lebih lebar dan besar dan jumlah gigi yang lebih kecil daripada pisau frais Lurus Pemotongan Ringan (light duty plain milling). Pada diameter pisau 3" terdiri dari 8 gigi dan diameter 4" terdiri dari 10 gigi. Sedangkan sudut kemiringan gigi pisau berkisar 25-45 derajat. Pisau frais jenis ini didesain pada pengerjaan kasar/berat.

c. Pisau Frais Rata Heliks (Helical Plain cutter)

Pisau frais jenis Rata Heliks memiliki jumlah gigi yang relatif lebih kasar dan lebih sedikit daripada pisau frais rata. Pisau frais rata helik diameter 3" mempunyai 4 buah gigi dengan sudut kemiringan berkisar antara 45-60 derajat atau lebih besar. Besarnya sudut heliks tersebut dapat meredam gaya pemotongan yang terjadi. Pisau frais jenis ini digunakan untuk pemakanan yang lebar dan pemotongan pada profil besi lunak, namun tidak efisien pada pemakanan yang kasar.


2. Pisau Frais Sisi (Side Milling Cutter)

Pisau Frais Sisi
Pisau Frais Sisi
Pisau Frais Sisi hampir serupa dengan pisau frais Plain Milling Cutter namun perbedaan terdapat pada salah satu sisi maupun kedua sisi mata pisau. Dengan menggunakan pisau frais ini dapat dilakukan pemakanan sisi muka dan kedua sisi samping.
Macam-macam pisau sisi (side milling cutter) antara lain:

a. Pisau frais sisi lurus (Plain side milling cutter)

Merupakan pisau frais dengan sisi lurus pada sisi samping dan muka.

b. Pisau frais Staggered (Staggered tooth side milling cutter)

Pisau frais Staggered digunakan pada pemotongan kasar, slotting dan alur.

c. Pisau frais setengah sisi (Half side milling cutter)

Pisau frais setengah sisi mempunyai gigi pemotong pada sisi samping dan gigi helik pada sisi muka. Pisau frais jenis ini digunakan untuk permukaan kasar dan satu sisi saja.



3. Pisau Frais Potong/pisau gergaji (Metal Slitting Saw)

Pisau Frais Potong
Pisau Frais Potong
Pisau frais potong digunakan untuk pemotongan benda kerja selain itu digunakan untuk membuat alur sempit (narrow slot). Untuk proses pemotongan yang cukup dalam diperlukan kelonggaaran atau clearance samping yang cukup. Terdapat beberapa jenis pisau frais gergaji antara lain sebagai berikut :

a. Pisau frais Potong lurus (Plain metal seltting saw)

Pisau frais gergaji lurus merupakan pisau frais yang paling tipis dengan sisi samping dan sisi lurus dibuat tirus. Hal tersebut berfungsi untuk mencegah terjadinya tekanan pada sisi pisau frais. Gigi pisau frais lebih tajam dengan jumlah gigi yang lebih banyak daripada pisau frais muka lurus (plain milling cutter). Tetapi kecepatan pemakanan lebih rendah (1/8 hingga 1/4 kecepatan pemakanan pisau lurus). Pisau gergaji lurus dibuat dengan ketebalan 1/32" sampai 3/16" dengan diameter berkisar 2 1/2" sampai 8".

b. Pisau Frais Potong Gigi Samping (Metal Slitting Saw with Side Teeth)

Pisau Frais Potong Gigi Samping mempunyai bentuk yang serupa dengan pisau frais sisi. Pisau frais ini mempunyai tebal berkisar antara 1/16" sampai 3/16" dan diameter yang berkisar antara 2 1/2" sampai 8". Pisau frais jenis ini digunakan untuk proses pemotongan dan membuat alur yang dalam.

c. Pisau Potong Frais Staggered (Stanggered Tooth Metal Slitting Saw)

Pisau Pisau Potong Frais Staggered memiliki bentuk yang serupa dengan pisau frais staggered. Pisau jenis ini digunakan untuk pemotongan yang lebih tajam dengan lebar 3/16" dan selebihnya. Pisau frais ini mempunyai lebar 3/16" sampai 1/4" dengan diameter 3" sampai 8".

d. Pisau Frais Alur Sekrup (Screw Sloting Cutter)

Pisau Frais Alur Sekrup digunakan untuk memotong alur pada kepala baut. Selain itu pisau frais ini dapat digunakan untuk pemotongan ringan seperti memotong ring piston, tube copper, dan sejenisnya. Pisau frais Alur Sekrup empunyai fine feeds, dimana Pada sisi pisau dibuat lengkungan lurus dan sejajar. Pisau frais jenis ini mempunyai lebar 0,020" sampai 0,182" dengan diameter maksimal sebesar 2 3/4".



4. Pisau Frais Sudut (Angular Milling Cutter)

Pisau Frais Sudut
Pisau Frais Sudut

Pisau frais sudut digunakan pada pemotongan sudut seperti pemotongan ekor burung, alur V, gigi reamer dan serrations. Terdapat dua macam pisau frais sudut yaitu:

a. Pisau frais sudut tunggal 

Pisau frais sudut tunggal mempunyai satu sisi permukaan sudut. Pisau jenis ini biasa digunakan pada nothes pada roda ratchet, pembuatan alur ekor burung, dan operasional sejenis. Pisau frais ini memiliki sudut berkisar antara 45 sampai 60 derajat.

b. Pisau frais sudut ganda (Double Angular Milling Cutter)

Pisau frais sudut ganda digunakan pada pembuatan alur V dengan sudut 45, 60, atau 90 derajat.




5. Pisau Frais Jari (End Mill Cutter)

Pisau Frais Jari (End Mill Cutter)
Pisau Frais Jari (End Mill Cutter)

Pisau Frais Jari (End Mill Cutter) merupakan pisau frais solid dengan gagang dan sisi yang menjadi satu. Namun terdapat jenis pisau end mill dengan mata pisau yang terpisah dari gagang yaitu tipe shell. Pisau frais End mill digunakan untuk pengefraisan horizontal, muka, vertikal, melingkar dan menyudut. Selain itu pisau end mill dapat juga digunakan untuk membuat alur, pengefraisan bentuk, keyways, tingkat dan permukaan datar. Pisau frais End Mill umumnya digunakan pada jenis mesin frais vertikal meskipun dapat juga digunakan pada mesin frais horizontal.

a. Pisau End mill dua mata (two flute)

Pisau End mill dua mata mempunyai dua mata potong pada selubungnya. Ujung sisi pada pisau ini berfungsi untuk memotong hinggga ke center. Pisau jenis ini dapat digunakan digunakan untuk membuat alur dan membuat lubang sebagaimana bor.

b. Pisau End mill mata potong jamak

Pisau End mill mata potong jamak mempunyai mata potong berjumlah tiga, empat, enam atau delapan pada sisi potong dengan diameter di atas 2".

c. Pisau Ball end mill

Pisau Ball end mill digunakan untuk membuat fillet radius pada permukaannya dengan alur bulat, bentuk bola, dan lubang.

d. Pisau Shell end mill

Pisau Shell end mill mempunyai lubang untuk dipsangkan pada arbor. Gigi pada pisau ini berbentuk helik dan dibuat lebih besar dari pada pisau solid dengan ukuran 1 1/4" sampai 6".



6. Pisau Frais Muka (Face Mill Cutter)

Pisau Frais Muka (Face Mill Cutter)
Pisau Frais Muka (Face Mill Cutter)

Pisau Frais Muka adalah pisau frais dengan bentuk khusus dari pisau end mill besar. Pisau frais ini berukuran 6" atau lebih. Pisau Frais Muka dipasang langsung pada spindel dan digunakan untuk membuat permukaan yang datar dengan mata potong sisipan (inserted).


7. Pisau Frais T (T-Slot Milling Cutter)

T-Slot Milling Cutter
T-Slot Milling Cutter
Pisau Frais T Merupakan pisau frais jenis end mill khusus yang diguakan untuk pengerjaan alur T, misalnya pada meja mesin frais.


8. Keyseat Cutter

Keyseat Cutter
Keyseat Cutter
Pisau Keyseat Cutter merupakan pisau frais khusus yang digunakan untuk membuat keyseat alur woodruff, yang sesuai untuk semua ukuran pada alur woodruff. Ukuran diameter pisau ini berkisar antara 1/4" sampai 1 1/2".



9. Pisau Frais Bentuk

Pisau Frais Bentuk
Pisau Frais Bentuk
Pisau frais bentuk dapat digunakan pada permukaan dengan bentuk yang bervariasi sesuai kebutuhan. Pisau jenis ini digunakan untuk pengerjaan bentuk dan ukuran yang sesuai standar maupun berbeda.



10. Pisau Frais Fly cutter

Pisau frais Fly cutter terdiri dari satu atau lebih bentuk gigi dalam satu pisau dan kegunaan yang serupa dengan proses pengeboran.



11. Rotary Files

Rotary Files mempunyai bentuk yang serupa dengan pisau frais end mill, namun bukan termasuk pisau. Pisau rotary files digunakan pada finishing dies, hasil pengelasan, mould dan pengerjaan lain tanpa pengurangan dimensi dalam jumlah yang besar.









Post a Comment for "Jenis Pisau/Pahat Mesin Frais dan Fungsinya"