Perbedaan Besaran Skalar dan Besaran Vektor

Ilmu fisika merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang fenomena alam disekitar kita yang didasarkan pada perhitungan matematis. Seringkali kita dihadapkan pada suatu pengukuran untuk mengetahui nilai atau besaran dari dari suatu objek tertentu.

Dalam bidang fisika secara garis besar, besaran diklasifikasikan menjadi dua kelompok yaitu besaran skalar dan besaran vektor. Besaran skalar adalah besaran yang hanya memiliki nilai dan tidak memiliki arah, sedangkan besaran vektor merupakan besaran yang memiliki nilai dan arah. Jadi besaran skalar hanyalah berupa angka yang disertai dengan satuan (jumlah atau nilai tergantung pada satuan). Di sisi lain, arah pada besaran vektor harus ditentukan bersamaan dengan nilai dan unit yang sesuai.


Definisi Besaran Skalar


Istilah 'Besaran skalar' didefinisikan sebagai kuantitas besaran yang hanya memiliki satu elemen bidang angka, yang melekat pada unit pengukuran, seperti derajat atau meter yang hanya menunjukkan besaran atau ukuran. 

Contoh Besaran Skalar :

jarak, waktu, tekanan, suhu, masa jenis, volume,  muatan listrik, dan potensial listrik.


Definisi Besaran Vektor


Besaran vektor merupakan Kuantitas matematis yang membutuhkan dua karakteristik independen untuk menggambarkannya besaran tersebut, yaitu nilai dan arahnya. Pada besaran veltor besarnya nilai mewakili ukuran kuantitas yang juga merupakan nilai absolutnya, sedangkan arah mewakili kuantitas vektor atau arahnya. 

Contoh besaran vektor :

kecepatan dan percepatan benda yang bergerak, Perpindahan antara dua titik, gaya, kuat medan listrik, impuls dan lain sebagainya.


Perbedaan Besaran Skalar dan Vektor


Berdasarkan penjelasan diatas terdapat beberapa perbedaan antara besaran skalar dan besaran vektor tersebut.

1. Besaran skalar tidak memiliki arah sedangkan besaran vektor memiliki arah.

2. Perhitungan pada besaran skalar dilakukan hanya dengan menggunakan perhitungan aljabar biasa. Sedangkan pada perhitungan besaran vektor cukup kompleks, dimana disertai dengan arah besaran tersebut. 

3. Variabel besaran skalar berupa huruf atau simbol normal (contoh v untuk kelajuan). Sedangkan pada variabel besaran vektor disertai dengan anak panah diatasnya, diapit tanda harga mutlak dan dicetak tebal.

0 Response to "Perbedaan Besaran Skalar dan Besaran Vektor"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel