Mengapa Telinga Terasa Sakit Saat Naik Pesawat ? Bagaimana Cara Mengatasinya

Pesawat merupakan salah satu moda transportasi yang banyak digunakan saat ini. Namun, ada hal unik yang sering kita alami saat kita naik pesawat. Mungkin beberapa dari kita pasti pernah merasakan sakit pada telinga ketika pesawat lepas landas dan mendarat.
Sakit telinga di Pesawat
Sakit telinga di Pesawat

Sebenarnya, apa yang terjadi pada telinga kita saat naik pesawat?


Hal tersebut terjadi karena adanya tekanan udara. Normalnya tekanan udara di telinga bagian dalam dan tekanan udara di luar pada dasarnya sama, atau setidaknya tidak cukup berbeda untuk menyebabkan masalah pada telinga. Bahkan ketika kita mendaki ke puncak gunung yang cukup tinggi, kecepatan yang lambat saat mendaki akan memberi waktu bagi telinga untuk beradaptasi terhadap perbedaan tekanan.

Sakit pada telinga baru akan terjadi apabila perubahan ketinggian terjadi dengan cepat, seperti dalam perjalanan udara menggunakan pesawat, dimana terjadi perbedaan tekanan telinga bagian dalam dan tekanan udara luar dan tidak memiliki waktu untuk disamakan.

Ketika pesawat lepas landas dan mulai naik, tekanan udara di dalam telinga bagian dalam dengan cepat melampaui tekanan di luar, sehingga Membran timpani atau gendang telinga akan membengkak ke luar. Sebaliknya, jika tekanan udara di dalam telinga bagian dalam dengan cepat berkurang daripada tekanan udara di luar, membran timpani akan tersedot ke dalam, hampir serupa seperti efek vakum.

Berdasarkan efek perbedaan tekanan pada gendang telinga tersebut apakah naik atau turun, peregangan pada gendang telinga akan menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman.



Bagaimana mencegah sakit telinga saat naik pesawat ?


Setiap orang yang terbang di dalam pesawat merasakan dampak perubahan ketinggian di telinga. Untuk mengatasi hal tersebut perlunya menyamakan tekanan didalam dan luar telinga dengan cara memasukkan udara sebanyak mungkin melalui tabung Eustachius dengan beberapa cara dan tips berikut.

1. Memakan permen
Agar saluran telinga terbuka dan tekanan udara di dalam dan diluar telinga sama besar, salah satunya dengan meningkatkan air liur di mulut. Cara yang paling ampuh yaitu dengan memakan permen secara perlahan ketika pesawat hendak lepas landas atau mendarat. Makan permen akan memicu produksi air liur dan secara tidak langsung kita akan menelannya, saat proses menelan tersebut saluran tuba akan terbuka, sehingga akan mengurangi rasa sakit telinga saat naik pesawat.

2. Menguap
Menguap cukup ampuh untuk mengatasi rasa sakit pada telinga saat naik pesawat. Menguap akan mengeluarkan udara yang terjebak dalam saluran di telinga, sehingga cukup ampuh mengurangi rasa sakit di telinga.

3. Menutup hidung
Salah satu cara yang paling mudah yaitu dengan menutup hidung dengan salah satu tangan, kemudian tariklah nafas secara perlahan dan hembuskan melalui mulut yang tertutup agar tekanan udara akan mendesak saluran tuba tetap terbuka.









0 Response to "Mengapa Telinga Terasa Sakit Saat Naik Pesawat ? Bagaimana Cara Mengatasinya"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel