Pengertian PSi pada Satuan Tekanan

pressure-gauge
pressure-gauge

Dalam bebarapa alat maupun aplikasi tertentu kita sering menemukan istilah "PSi" yang sering dijumpai tercantum pada suatu alat pengukuran tekanan.

Lantas Apakah itu PSi ?

Dalam bidang fisika, PSi adalah salah satu jenis besaran atau satuan dalam pengukuran tekanan. Tekanan adalah gaya yang bekerja pada suatu luas permukaan tertentu yang biasa dijumpai pada kehidupan sehari-hari dan juga dimanfaatkan pada berbagai macam aplikasi untuk memudahkan suatu pekerjaan tertentu. Terdapat beberapa jenis satuan tekanan yang sering digunakan yaitu Pascal, Bar, Psi, Atmosphere dan lain sebagainya.


Apa kepanjangan PSi ?

Satuan tekanan PSi merupakan kepanjangan dari istilah "Pounds per Square Inch". Dimana pada satuan PSi (Pounds per Square Inch) tersebut merupakan pengukuran gaya sebesar 1 Pound yang bekerja pada luas area sebesar 1 Inch persegi (Pound/Inch^2).


Konversi satuan PSi ke satuan tekanan yang lain

Satuan PSi dapat dikonversi menjadi satuan tekanan yang lain. Berikut ini nilai konversi untuk setiap 1 Psi kedalam satuan tekanan yang lain.

1 Psi = 6894,76 Pa
1 Psi = 0,0689476 Bar
1 Psi = 0,068046 Atm
1 Psi = 51,7149 Torr
1 Psi = 0,070307 kgf/cm^2
1 Psi = 51,7149 mmhg


Pada beberapa negara menggunakan satuan tekanan yang berbeda misalnya di Amerika dan beberapa negara tertentu menggunakan sistem satuan tekanan Metric yaitu Pascal (Pa), sedangkan di Inggris dan beberapa negara lainnya menggunakan sistem satuan tekanan British/Imperial yaitu PSi. Penggunaan jenis satuan yang berbeda tersebut merupakan hal yang wajar untuk memudahkan standar pada suatu negara tertentu, dan perlunya dilakukan konversi dangan satuan yang baku dan sudah distandarkan untuk mengubah satuan ke bentuk satuan yang lain.

0 Response to "Pengertian PSi pada Satuan Tekanan"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel