Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Jenis dan Bentuk Gigi Pada Pisau Frais

Bentuk Gigi Pada Mata Pisau Frais


Dalam suatu proses permesinan dengan menggunakan mesin frais, penggunaan jenis mata pisau atau pahat pada mesin frais sangat berpengaruh pada hasil pengerjaan dan sangat penting untuk memahami berbagai macam bentuk serta fungsi dari mata pisau atau mata pahat pada mesin frais.

Berdasarkan bentuknya, gigi pada mata pisau mesin frais dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu gigi lurus dan heliks.


1. Pisau Frais Gigi lurus


pisau frais gigi lurus
pisau frais gigi lurus

Pisau frais Gigi lurus terdapat pada jenis pisau alur, pisau potong, pisau sudut tunggal, pisau woodruff, pisau bentuk, pisau jamak dan bebrapa jenis pisau tipis lainnya.  Pitch pada pisau frais gigi lurus ini dibuat lebih kecil, yang berguna untuk mengoptimalkan kontak antara gigi dengan benda kerja.


2. Pisau Frais Gigi helik

pisau frais gigi heliks
pisau frais gigi heliks

Pisau frais Gigi heliks biasanya mempunyai kemiringan bervariasi berkisar antara 10 - 15 derajat. Gigi heliks dengan sudut yang kecil digunakan untuk pengerjaan kasar dan menghasilkan sisa beram yang kasar. Sedangkan pada gigi heliks sudut besar dengan jumlah gigi yang sedikit digunakan untuk memotong material yang liat (ductile) dan kasar.

Jenis gigi heliks pada pisau frais

1) Gigi helik kanan

Pisau frais dengan gigi heliks kanan akan menghasilkan sudut rake positif pada ujung pisau. Gigi heliks kanan digunakan untuk pengerjaan material berupa aluminium, mild steel,  dan copper. Akan tetapi sudut rake posistif pada gigi heiks kanan tidak cocok digunakan pada benda yang sangat liat.

2) Gigi helik kiri

Pisau frais Gigi heliks kiri akan menghasilkan sudut rake negatif terhadap ujung pisau. Gigi heliks kiri digunakan untuk pemotongan matrial brittle seperti brass atau cast iron. Sudut rake negatif pada gigi heliks kiri akan meningkatkan kekuatan pemotongan serta mencegah pahat mengalami ketumpulan.

Keuntungan bentuk gigi heliks pada pisau frais antara lain:

1. Permukaan pada hasil pengerjaan lebih halus
2. Perubahan gaya potong stabil
3. Umur pakai pahat lebih panjang, karena sudut potong yang lebih besar.




Referensi

Post a Comment for "Jenis dan Bentuk Gigi Pada Pisau Frais"