Mengenal Apa Itu Gambar Teknik dan Fungsinya

gambar teknik
gambar teknik

Terdapat berbagai macam cara yang dilakukan oleh manusia untuk menyampaikan pemikiran baik secara lisan yang bersifat abstrak, ataupun secara visual yaitu berupa gambar dan tulisan.

Sejak dulu, gambar sudah digunakan sebagai media komunikasi dalam menyampaikan maksud tertentu untuk suatu tujuan tertentu. Saat ini, media penyampaian pikiran yang dituangkan dalam sebuah gambar sudah banyak digunakan dan berkembang sangat pesat dalam berbagai jenis kegiatan serta aplikasi tertentu yang yang sangat memudahkan pekerjaan manusia saat ini.


Pengertian Gambar Teknik


Gambar mempunyai banyak jenis dan bentuk, namun terdapat metode dalam pembuatan gambar yang sangat jelas dan memiliki sebuah standar yang diakui secara resmi dan dipahami oleh beberapa pihak baik dari pembuat gambar maupun si pembaca gambar. Lebih spesifik penggunaan gambar sering digunakan dalam media penyampaian gagasan dan rancangan dalam bidang keteknikan (Engineering), atau sering dikenal dengan istilah gambar teknik.

Jadi gambar teknik adalah media penyampaian rancangan dan gagasan secara visual dalam bentuk gambar yang terdiri atas garis-garis, simbol, serta tulisan yang telah disepakati secara resmi dan mempunyai standar tertentu agar bisa dipahami oleh penggambar dan pembaca gambar. Dalam bidang teknik suatu perancangan dan perencanaan membutuhkan media berupa gambar teknik untuk memudahkan proses manufaktur atau pengerjaan tertentu dengan mengetahui maksud dan arti dari rancangan tersebut tanpa perlu kontak langsung secara lisan.


Fungsi Gambar Teknik


1. Gambar Teknik Sebagai Bahasa Teknik
Gambar merupakan salah satu alat komunikasi antara perancang dengan pembaca gambar/pelaksana dalam suatu proses tertentu. Dalam proses pembuatan suatu produk, maka bentuk produk tidak dapat diungkapkan dengan jelas secara lisan, tetapi untuk memudahkan maka dibuat dalam bentuk gambar teknik yang dapat dipahami dan dibaca oleh pelaksana dengan informasi yang jelas.

2.Gambar Teknik Sebagai Informasi Teknik
Dalam suatu perencanaan suatu produk seringkali perlunya  informasi yang disajikan secara detail dan jelas agar dapat dikerjakan oleh operator sesuai dengan instruksi pengerjaan.

3.Gambar Teknik Sebagai Media Mengemukakan Gagasan Secara Efektif
Gambar teknik dapat digunakan sebagai media mengemukakan gagasan serta perancangan dengan jelas, efektif serta mudah dipahami.


4.Gambar Teknik Sebagai Penyimpan Informasi dan Keterangan
Gambar teknik dapat berfungsi sebagai media penyimpanan informasi yang berisi data teknis serta keterangan yang terdapat dalam suatu rancangan secara jelas, utuh dan efektif.

0 Response to "Mengenal Apa Itu Gambar Teknik dan Fungsinya"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel