Perbedaan Kecepatan (Velocity) dan Kelajuan (Speed)

Kecepatan dan Kelajuan
Kecepatan dan Kelajuan

Dalam fenomena gerak suatu benda (kinematika) seringkali kita mengenal istilah Kecepatan dan Kelajuan.

Sekilas memang tidak ada perbedaan antara kecepatan dan kelajuan yang merupakan suatu besaran yang digunakan untuk menyatakan kecepatan suatu benda. Tapi apa perbedaan antara Kecepatan dan Kelajuan ?

Sebagian dari kita mungkin menganggap kecepatan dan kelajuan adalah sama,memang keduanya hampir serupa namun kedua besaran tersebut memiliki konsep yang berbeda.

Dalam bidang Fisika terdapat dua macam besaran, yang pertama yaitu besaran pokok dan besaran turunan, selain itu terdapat besaran skalar dan besaran vektor.

Untuk Kecepatan dan kelajuan sama-sama merupakan besaran turunan dari besaran pokok jarak (meter) terhadap besaran pokok waktu (detik) dengan satuan (meter/detik) dan simbol dimensi [L/T]. 

Namun terdapat perbedaan antara kecepatan dan kelajuan dimana kecepatan (Velocity) adalah besaran vektor yaitu besaran yang mempunyai arah geraknya sedangkan kelajuan (Speed) adalah besaran skalar yaitu tanpa mempertimbangkan arah geraknya.


Baik itu kecepatan dan kelajuan diukur dengan satuan m/detik, km/jam atau mill/jam. Lalu bagaimana aplikasi dua konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari ? 

Pada aplikasi dan penggunaan sehari hari Kelajuan (Speed)  digunakan untuk memperkirakan waktu yang dibutuhkan oleh suatu objek misalnya kendaraan untuk mencapai suatu jarak tertentu ketika mengemudi yang dapat diamati dalam pergerakan speedometer. Sedangkan pada besaran Kecepatan (Velocity) biasanya dipakai dalam menghitung waktu yang dibutuhkan oleh badai hingga mencapai garis pantai atau aplikasi yang lain dapat digunakan untuk menghitung waktu diperlukan roket untuk mencapai bulan.
Kecepatan
Kelajuan
Dalam penggunaan simbol atau variabel Kecepatan dan Kelajuan hampir serupa yaitu berupa huruf "v" namun yang membedakan yaitu pada variabel  kelajuan hanya berupa huruf v, sedangkan pada variabel kecepatan vektor berupa anak panah pada bagian atasnya yang menandakan besaran vektor.

0 Response to "Perbedaan Kecepatan (Velocity) dan Kelajuan (Speed)"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel