Jangan Sampai Lupa, Berikut Komponen Motor yang Wajib Rutin Diganti

Komponen Motor yang Wajib Diganti
Komponen Motor yang Wajib Diganti

Sepedah Motor saat ini sudah menjadi alat transportasi yang banyak digunakan karena keandalan dan mobilitas yang cukup tinggi serta sangat praktis dan mudah dikendarai.

Namun, seiring berjalannya waktu performa Sepedah motor semakin menurun karena tingkat pemakaian yang tinggi serta berbagai macam faktor lainnya. 

Beberapa komponen pada sepedah motor mempunyai kondisi dan siklus kerja yang cukup berat sehingga perlu perhatian ekstra pada beberapa komponen atau bahkan perlu diganti.


Agar sepedah motor kalian dapat bekerja dengan maksimal, terdapat beberapa komponen pada motor yang wajib rutin diganti. Apa sajakah komponen tersebut ?

1. Oli Mesin

Oli mesin
Oli mesin

Oli mesin adalah komponen yang berfungsi untuk melumasi bagian dalam mesin untuk menghindari gesekan secara langsung. Selain sebagai pelumas oli mesin pada motor berfungsi juga sebagai pendingin mesin agar kondisi mesin motor tetao bekerja secara optimal. Karena fungsinya yang sangat vital dan siklus kerja yang tinggi perlunya mengganti oli mesin satu bulan sekali atau menyesuaikan dengan penggunaan sepeda motor tersebut.


2. Ban

Ban motor
Ban motor

Ban merupakan komponen pada sepedah motor yang secara langsung bersentuhan dengan permukaan jalanan atau aspal. Karena gesekan antara aspal dan ban yang relatif tinggi seringkali ban pada sepedah motor cepat mengalami keausan atau lebih dikenal dengan istilah "gundul". Apabila kondisi ban sudah gundul maka tidak terjadi cengkraman yang maksimal antara ban dengan aspal sehingga berbahaya bagi pengguna sepedah motor tersebut. Oleh karena itu perlunya mengecek kondisi dan mengganti ban apabila kondisi ban sudah gundul.


3. Kampas Rem dan Kopling

Kampas rem
Kampas rem

Terdapat dua jenis kampas yaitu kampas kopling dan kampas rem. Kampas kopling pada sepedah motor berfungsi untuk meredam hentakan dan getaran serta memperhalus penyaluran transmisi pada sepedah motor. Sedangkan kampas pada rem berfungsi untuk meredam putaran pada roda untuk mengurangi kecepatan sepedah motor. Karena kedua komponen tersebut bekerja pada siklis yang tinggi dan dapat habis atau aus maka perlunya melakukan penggantian kampas rem maupun kopling secara berkala atau sesuai dengan pemakaian sepedah motor.


4. Aki/Accu

Aki motor
Aki motor

Aki pada sepeda motor berfungsi sebagai penyuplai kelistrikan pada sistem starter, pengapian, lampu, klakson dan beberapa sistem lainnya. Seringkali aki sepedah motor sudah tidak berfungsi dengan baik karena sudah melewati masa pakai atau aki soak. Apabila aki pada motor tidak dapat menyuplai listrik dan berfungsi dengan baik maka kondisi motor menjadi tidak optimal bahkan tidak dapat menyala untuk kasus sepedah motor dengan sistem pengapian injeksi.

0 Response to "Jangan Sampai Lupa, Berikut Komponen Motor yang Wajib Rutin Diganti"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel