Jenis Material Pada Rangka Sepedah

Bicycle Frame
Bicycle Frame

Sepedah merupakan salah satu sarana transportasi yang sangat praktis dan ramah lingkungan karena menggunakan energi gerak yang berasal dari kayuhan pedal. Saat ini fungsi sepedah tidak hanya digunakan sebagai sarana transportasi, lebih dari itu sepedah banyak digunakan untuk sarana olahraga, rekreasi dan perlombaan.

Dengan semakin berkembangnya zaman teknologi yang terdapat pada komponen sepedah terus mengalami perkembangan dan inovasi untuk meningkatkan kinerja dari sepedah.

Salah satu komponen sepedah yang memiliki fungsi sangat vital yaitu "Rangka" atau frame. Rangka pada sepedah berfungsi sebagai penopang beban serta menyatukan antara komponen yang lain pada sepedah. Adapun pemilihan jenis material pada rangka sepedah yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap kinerja, daya tahan serta umur pakai dari sepedah tersebut. Oleh karena itu perlunya pertimbangan yang matang bagi kalian yang ingin membeli atau merakit sepedah terkait dengan pemiihan jenis material yang tepat sesuai dengan pemakaian.

Berikut ini merupakan jenis material yang biasa digunakan pada rangka sepedah.

Baja (High-Tensile Steel)


Baja adalah bahan yang paling umum digunakan pada frame sepeda. Baja karbon atau baja high-tensile adalah baja yang memiliki karakteristik kuat serta tahan lama, namun memiliki bobot yang berat.


Baja Chromoly (Chrome Molybdenum Steel)


Chromoly berbahan dasar steel (baja) dengan paduan molybdenum dan chromium. Frame chromoly cukup berat namun sedikit lebih ringan dari pada frame High-Tensile Steel. Selain itu Daya tahan frame chromoly juga lebih baik daripada frame High-Tensile Steel. Jenis frame ini cocok digunakan pada track extreme, dimana frame sepedah banyak menerima hentakan dan beban kejut. Untuk daya tahan terhadap korosi sedikit lebih baik dari High-Tensile Steel.


Aluminium Alloy


Frame Aluminium Alloy atau sering dikenal dengan Frame Alloy menggunakan material metal dengan campuran alumunium. Frame alloy cukup populer dan banyak digunakan pada frame sepedah. Karakteristik dari frame alloy adalah ringan, kuat, dan lebih tahan korosi. Frame alloy memiliki kekuatan yang baik, meskipun tidak sekuat frame High-Tensile Steel. Namun terdapat kekurangan pada frame alloy ayitu, Apabila frame mengalami penyok atau bengkok, maka akan sulit diperbaiki.


Titanium


Frame Titanium adalah jenis frame yang paling ideal pada sepedah. Bahan frame titanium memiliki kelebihan dengan berat hanya setengah dari baja namun memiliki kekuatan dan ketahan yang sangat baik serta tahan karat. Frame titanium akan menjadikan sepeda mencapai performa yang maksimal, dengan kombinasi yang ideal antara kekuatan serta bobot yang sangat ringan. Kekurangan dari frame titanium terletak pada harganya yang relatif cukup mahal. Umumnya frame titanium digunakan oleh atlit sepedah profesional agar memperoleh kinerja sepedah yang maksimal.


Fiber Karbon


Frame sepedah dengan material fiber karbon memiliki karakteristik tangguh dan sangat ringan karena terbuat dari sekelompok serat karbon rajutan yang disatukan dengan lem atau resin. Bahan non-logam ini juga tahan terhadap korosi dan dapat dibentuk menjadi bentuk yang diinginkan. Karena ketahanan benturannya yang lebih rendah, serat karbon cenderung lebih mudah rusak jika jatuh atau terhantam. Frame jenis ini semakin populer namun harganya cukup mahal.











referensi 1
referensi 2

0 Response to "Jenis Material Pada Rangka Sepedah"

Post a Comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel