Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ads

Makanan Enak Khas Indonesia yang Mendunia

Indonesia merupakan negara maritim dengan segala kekayaan alam yang dimiliki, selain itu pula terdapat ciri khas berupa keberagaman dalam banyak hal yang terbentang dari ujung sabang sampai merauke, mulai dari keberagaman budaya, suku, bangsa, adat istiadat, bahasa, kesenian khas daerahnya, dan  salah satu yang paling menarik yaitu keragaman dalam hal kuliner yang tentunya sangat menggugah dan memanjakan lidah.

Indonesia sangat layak diberi julukan negeri berjuta kuliner karena keberagaman kuliner khas yang dimilikinya khususnya pada tiap-tiap daerah tertentu memiliki makanan khas yang cukup beragam. Hal tersebut dikarenakan terdapat baragam suku dan etis yang mendiami wilayah Indonesia yang terbentang luas, oleh karena setiap suku atau wilayah tertentu memiliki pengaruh dan ciri khas yang unik pada kuiner dengan cita rasa khas rempah-rempah yang sangat nikmat.

Dengan segala keragaman kuliner tersebut terdapat beberapa makanan atau kuliner khas dan asli Indonesia yang mendunia dan sangat populer karena kenikmatannya. Berikut ini merupakan makanan enak khas Indonesia yang mendunia.

1. Nasi Goreng

nasi goreng
nasi goreng

Nasi goreng memang sudah tidak asing bagi sebagian besar orang indonesia. Sebagian besar di antara kita pasti pernah merasakan lezatnya nasi goreng karena mudah dimasak dan cukup banyak penjual nasi goreng yang menjajakannya di pinggir jalan.

Nasi goreng dapat dibuat dengan mudah dan disajikan dengan tambahan telur, sosis, daging ayam, dan tambahan rempah serta bumbu dapur. Meskipun nasi goreng cukup sederhana, namun makanan yang satu ini, tidak hanya dikenal oleh orang Indonesia saja, tetapi juga digemari oleh orang di berbagai penjuru dunia, saah satu tokoh dunia yang sangat menyukai nasi goreng yaitu mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.


2. Gado-gado

gado-gado
gado-gado

Gado-gado merupakan makanan khas jawa yang seringpula disebut sebagai saladnya orang Indonesia, selain itu gado-gado juga cukup terkenal di luar negeri. Di Italia sendiri, gado-gado khas Indonesia pernah diikutsertakan dalam kontes makanan yang bersaing dengan kuiner yang mendunia lainnya, dan memenangkan juara pertama. 

Gado-gado pun cukup populer di negara Australia. Bahkan, terdapat sejumlah restoran khas Indonesia yang berada di negeri Kanguru itu, menyajikan menu gado-gado.


3. Gudeg

gudeg jogja
gudeg jogja

Ketika kita berlibur ke kota Jogja, pasti sudah tidak asing lagi dengan kuliner khas yang satu ini. Gudeg merupakan makanan khas kota Yogyakarta yang banyak digemari oleh masyarakat luas. Tidak hanya digemari oleh orang Indonesia, tetapi gudeg juga digemari di luar negeri dengan banyaknya negara-negara yang mengimpor gudeg khas jogja dalam bentuk kalengan. Selain itu di kota Melbourne, Australia terdapat restoran yang menyajikan gudeg khas Jogja sebagai menu utama.

4. Sop Buntut

sop buntut
sop buntut

Sop buntut merupakan makanan khas Indonesia yang cukup menarik dan tentunya sangat memanjakan lidah karena cita rasa tinggi dengan paduan rempah khas Indonesia. Hidangan sop buntut disajikan dengan irisan kentang, wortel, daun bawang, daun seledri, tomat, dan bawang goreng. Sop buntut sendiri pernah disajikan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di kota Madrid, Spanyol, dan menjadi hidangan paling favorit bagi para tamu yang hadir.



5. Rendang

rendang
rendang

Rendang merupakan olahan daging sapi atau kerbau yang dioah dengan cita rasa cukup pedas yang berpadu dengan santan kelapa dan racikan rempah-rempah khas sehingga menjadikan rasanya nikmat dan sangat menggugah selera.

Makanan khas Sumatera Barat ini merupakan salah satu kuliner paling digemari dan favorit bagi banyak orang indonesia. Rendang sendiri cukup mudah didapatkan pada rumah makan atau restoran khas Padang.

Sejumlah restoran Internasional telah memasukkan rendang ke dalam salah satu menu andalan nya. Masakan khas Indonesia yang satu ini, juga sangat terkenal dan mendunia. Menurut CNN, Rendang berada pada posisi pertama dalam 50 makanan terlezat di dunia. Paduan rasa rempah-rempah khas indonesia dengan cita rasa unik membuat rendang digemari oleh banyak orang di dunia.





Post a Comment for "Makanan Enak Khas Indonesia yang Mendunia"