Cara Menggunakan Feeler Gauge

feeler gauge
feeler gauge


Pengertian Feeler Gauge

Feeler gauge adalah alat ukur yang sangat cocok digunakan untuk mengukur jarak atau celah antara dua permukaan datar paralel yang relatif sempit dan sulit dijangkau. Meskipun sebagian umumnya pengukuran celah atau gap menggunakan menggunakan jangka sorong namun seringkali pada pengukuran tertentu jangka sorong tidak dapat menjangkau celah yang kecil. Pengukur Feeler (Feeler gauge) tersedia dalam berbagai macam rentang ukuran yang dapat digunakan untuk mengukur celah dan slot pada beberapa bagian mesin. Dalam bidang otomotif khususnya, feeler gauge seringkali digunakan untuk mengukur celah pada busi dan mengukur jarak antara piston dan silinder.


Ukuran dan Ketelitian Feeler Gauge

Pada sebuah Feeler gauge tersedia beberapa ukuran mata bilah Ketebalan dalam mm dan inci, umumnya ukuran ketebalan bilah pada feller gauge berkisar antara 0,03 mm hingga 1 mm. Namun pada beberapa jenis feeler gauge ukuran ketebalan bilah dapat lebih besar ataupu lebih kecil, menyesuaikan dengan objek yang diukur.


Bagian-Bagian Feeler gauge

Feeler gauge memiliki dua bagian utama yaitu blok dan bilah, body atau blok yang berfungsi sebagai casing atau pelindung selain itu berfungsi untuk menyatukan biah. Sedangkan bilah merupakan bagian yang berfungsi untuk mengukur celah (gap) dengan berbagai jenis ukuran bilah yang bervariasi.


Cara Menggunakan Feeler Gauge

Untuk mengukur gap atau celah dapat diilih rentang feeler gauge yang tepat untuk celah yang akan dilakukan pengukuran. Feeler gauge umumnya disertakan dalam kisaran ketebalan tertentu dan dapat menggunakan lebih dari satu bilah sekaligus jika diperlukan, yaitu bilah dengan ukuran yang berbeda dengan ketebalan berbeda ditumpuk bersama dan digunakan.

1. Pertama-tama berikan pelumas pada bilah atau blade yang akan digunakan untuk mengukur celah agar memastikan bahwa bilah tidak akan tersangkut pada celah yang diukur. Jika bilah tidak diberi pelumas, kerusakan dapat terjadi karena bilah dilepas secara paksa dan merusak permukaan bilah maupun objek yang diukur. Cukup oleskan sedikit pelumas ke kain kemudian oleskan pada bilah.

2.  Amati celah yang akan diukur kemudian menentukan ukuran bilah yang sesuai (tidak longgar dan sempit) kemudian geser bilah pada celah tersebut. Tetapi jangan memaksakan bilah pada celah yang sempit, jika hal tersebut terjadi cukup gunakan ukuran bilah yang leih kecil kemudian ditambahkan dengan bilah dalam ukuran tertentu hingga menemukan ukuran yang sesuai dengan celah tersebut.

3. Hasil Pengukuran langsung dapat terbaca pada ukuran yang tertera pada bilah. Untuk pengukuran menggunakan bilah tambahan maka dapat dijumlahkan sesuai dengan ukuran bilah yang digunakan.

4. Bersihkan feeler gauge sebelum menyimpannya. Masukan kembali pada kotak dan simpan pada tempat yang aman. Hal tersebut akan mencegah kerusakan pada feeler gauge saat tidak digunakan. Selain itu berikan pelumas untuk mencegah karat, karena penumpukan karat dapat menyebabkan pembacaan yang salah.







0 Response to "Cara Menggunakan Feeler Gauge"

Post a comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel