Jenis-Jenis Selang Hose dan Kegunannya

Dalam suatu produksi pada industri mencakup banyak proses yang kompleks dan saling terintegrasi satu sama lain. Salah satu komponen yang sering ditemui dalam berbagai macam industri adalah selang atau dikenal dengan hose.

Umumnya hose digunakan secara luas pada erbagai macam industri, misalnya digunakan untuk transfer bahan kimia, minyak bumi, bahan bakar, udara, air, steam, bahan curah, serta untuk penghisap dan pembuangan air. Memilih selang yang salah dapat berakibat fatal hingga berdampak luas dan merugikan secara finansial.

Pada cakupan industri khususnya pada operasi yang lebih kompleks dan menuntut tingkat keamanan yang tinggi diperlukan hose dengan persyaratan yang lebih spesifik sesuai dengan fungsi dan kegunannya, sehingga hose pada proses industri memiliki spesifikasi dan standar yang ketat mulai dari desain, kekuatan bahan, dan bebrapa sifat serta karakteristik khusus lainnya.

Berikut ini merupakan jenis-jenis hose yang digunakan pada proses industri beserta kegunanya.


1. Hose Transfer Bahan Kimia (Chemical transfer hose)

Chemical Hose
Chemical Hose

Hose Transfer Bahan Kimia (Chemical transfer hose) adalah hose yang digunakan untuk mentransfer berbagai bahan kimia industri, dan paling sering digunakan pada tekanan tinggi, aliran gravitasi, dan penghisapan. Bekerja dengan bahan kimia bisa sangat berbahaya, jadi hose yang digunakan pada proses ini harus tahan terhadap tekanan yang diberikan.


2. Hose Transfer Minyak Bumi (Petroleum Transfer Hoses)

Petroleum Transfer Hoses
Petroleum Transfer Hoses

Hose Transfer Minyak Bumi (Petroleum Transfer Hoses) adalah hose yang digunakan untuk mentransfer pelarut berbasis minyak, gas, dan minyak bumi berbagai industri. Hose jenis ini biasa digunakan dalam industri perminyakan, tambang, kimia, dan lain sebagainya. Pada hose dengan ukuran yang besar cocock digunakan pada pekerjaan berat seperti mentransfer bahan berbasis minyak bumi seperti tar, aspal, dan minyak panas. Hose transfer minyak bumi umumnya terbuat dari karet sintetis (synthetic rubber), dan memiliki ketahanan terhadap minyak sedang hingga tinggi.


3. Hose Air (Water Hoses)

Water Hoses
Water Hoses

Hose Air (Water Hoses) adalah jenis hose yang digunakan untuk menyalurkan atau transportasi air di banyak industri dengan cakupan yang sangat luas. Hose air dapat digunakan untuk minuman, penyemprot tangan pertanian, dan pemadam kebakaran. Hose Air (Water Hoses) bersifat tidak konduktif, dan tahan terhadap minyak. Selain itu hose air dapat digunakan untuk  membersihkan tangki dan aplikasi industri dan pertanian umum lainnya di mana ketahanan kimia mungkin diperlukan.


4. Hose Udara (Air Hoses)

Air Hoses
Air Hoses

Hose Udara (Air Hoses) digunakan untuk layanan udara industri, saluran kompresor, alat pneumatik, semprotan tekanan rendah dan berbagai macam aplikasi lainnya. Konstruksi pada hose udara dapat dengan mudah digabungkan atau dipasang dengan sambungan cepat untuk membuat koneksi saluran menjadi sederhana dan efisien sesuai dengan kebutuhan. Hose udara umumnya digunakan di bidang pertanian, konstruksi, gudang, garasi, dan aplikasi multiguna industri lainnya. Hose udara bersifat tidak konduktif, dan tahan terhadap minyak.


5. Hose Uap (Steam Hoses)

Steam Hoses
Steam Hoses

Hose Uap (Steam Hoses) adalah selang kasar yang digunakan untuk menyalurkan atau mentransfer zat berupa uap air atau steam. Hose Uap bekerja pada temperatur tinggi dan biasanya terbuat dari karet sintetis yang diperkuat dengan kawat baja. Hose uap dapat digunakan untuk pembersihan uap, kontrol panas, pencegahan kebakaran, pemompaan, layanan blow-out, pompa uap, industri kimia, dan kilang minyak. 


6. Hose Makanan & Minuman (Food & Beverage Hoses)

Food & Beverage Hoses
Food & Beverage Hoses

Hose Makanan & Minuman adalah hose transfer sanitasi yang digunakan untuk menangani transfer bahan yang dapat dimakan dari truk tangki menuju plant service. Hose ini adalah termasuk hose hisap dan keluar yang menangani hampir semua jenis bahan curah kering, cairan dalam aliran gravitasi dan layanan vakum di industri makanan dan minuman. Hose makanan sering terbuat dari karet sintetis dan harus sesuai dengan FDA dan USDA. Beberapa bahan umum yang digunakan dalam makanan adalah Nitrile, PVC putih/bening dan Neoprene.


7. Hose Bahan abrasif (Abrasive Material Hoses)

 
Abrasive Material Hoses
Abrasive Material Hoses
Hose bahan abrasif digunakan di mana penumpukan statis dapat menjadi masalah, sehingga hose jenis ini sering digunakan dalam truk tangki untuk servis di dalam pabrik yang digunakan sebagai hose penghantar statis atau static conductive hose.

Hose bahan abrasif biasanya terbuat dari karet murni yang tebal, tetapi dengan bobot yang lebih ringan dan selang yang lebih fleksibel. Hose bahan abrasif memiliki siklus hidup yang terbatas dan harus diputar selama digunakan bahkan untuk dipakai. Umur layanan bervariasi tergantung pada kondisi operasi, jam penggunaan dan bahan atau produk yang disampaikan.

Selang bahan abrasif umumnya digunakan untuk membawa bahan abrasif non-berminyak atau kasar seperti batu, lumpur, pasir, batu kapur, dan pelet plastik.




0 Response to "Jenis-Jenis Selang Hose dan Kegunannya"

Post a comment

ads

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel